Sabtu, 11 Juli 2020

Logika (bgn 8): Konsep Kemahiyahan, Konsep Kefilsafatan dan Konsep Kelogikaan. 3 tipologi


Oleh Ustad Sinar Agama http://www.facebook.com/groups/210570692321068/doc/244652735579530/ Oleh Anggelia Sulqani Zahra pada 7 September 2011 pukul 3:26


Zulkarnain Syawal: Salam alaikum Ustad, afwan sahaya hendak nanya Ustad : dalam perdebatan kefilsafatan, Ayatullah Muhammad Taqi Mizbah Yadzi begitu menekankan urgennya memahami secara benar konsep kemahiyaan, konsep kefilsafatan, dan konsep kelogikaan. 3 tipologi konsep ini merupakan batu loncatan mensortir pemahaman yang ajek dan solid terhadap seabrek narasi. Bila Ustad berkenan sahaya sangat berterimakasih atas penjelasan tentang tripologi konsep itu secara luas dan sederhana. Sekali lagi terimakasih berat Ustad.

Hukum Anak Keluar Rumah Tanpa Ijin Orang Tua


Oleh Ustad Sinar Agama http://www.facebook.com/groups/210570692321068/doc/244650598913077/ Oleh Anggelia Sulqani Zahra pada 7 September 2011 pukul 3:21

Black Neo: Salam warahmah ustadz. Selamat lebaran dan minal aidzin wal faidzin, mohon maaf lahir dan bathin, jika ada kesalahan perkataan yang saya buat, sengaja ataupun tidak.. ustadz, ada yang ingin ana tanyakan.. Apa hukum dan hukumannya jika seorang anak keluar dari rumah (pergi) tanpa izin orang tua (ada konflik ataupun tidak) apalagi dia seorang gadis?

Afwan, jika pertanyaanya terdengar dan terlihat sepele. Karena, ini adalah yang saya butuhkan saat ini.. saya ingin membuat dan membina sebuah keluarga yang sakinah, mawaddah warahmah, dan tentu pertanyaan ini sebagai satu bekalnya saya yakin, dalam hal berkeluarga Aimmah, Ahlul Bait as sudah mengaturnya sedemikian rupa dan tentu juga saya harus memilih calon istri yang sholehah demi mendapatkan Ridha Illahi. Meskipun saya bukan orang yang baik-baik dan hanya berusaha menjadi baik..

Sekian ustadz, dan terimakash sebelumnya atas jawabnnya. Dan saya harap tolong dijawab secepatnya. Karena, sangat menentukan pilihan hidup saya saat ini, syukron.. Salam warahmah dan semoga ustadz akan semakin menjadi arif, sholeh dan bijak..

Demi mendapat Ridha Illahi, meskipun saya bukan orang yang baik dan hanya berusaha menjadi baik.. sayapun harus memilh calon istri ya sholehah dan menjaga kehormatan.. saya yakin, Aimmah, Ahlul Bait as, sudah mengaturnya sedemikian rupa.

Saya mohon secepatnya mendapat jawaban dari ustadz, karena akan menentukan pilhan hidup saya dalam memilh seorang pendamping hidup yang baik.. terimakasih sebelumnya dan semoga ustadz semakin arif, bijak dan sholeh.. wasalammualaikum wr wb...

Definisi Rukun Islam


Oleh Ustad Sinar Agama http://www.facebook.com/groups/210570692321068/doc/244650088913128/ Oleh Anggelia Sulqani Zahra pada 7 September 2011 pukul 3:19


Abuzahra Gagah: Salam ustadz Sinar Agama, Afwan.

Aku mau tanya tentang rukun islam dari saudara kita sunni, bahwa Rukun Islam itu satu, yaitu hanya mengucapkan kedua shahadat dan meyakininya. Yang saya tanyakan.. APAKAH DEFINISI RUKUN itu sendiri? Seperti rukun shalat? Dan lain-lain.

Perlu di ketahui sunni disini bermazhab syafi’i dan pengikut K.H RIFA’I atau kita kenal dengann RIFA’IYAH yang dalam kitab Syarikhul iman karyanya,

Mengatakan Rukun Islam itu satu, yaitu dengan mengucap kedua kalimat shahadat dan menyakininya. Adapun shalat,puasa, dan lain-lain Itu bukan termasuk rukun.. Karena menurut beliau (k.h Rifa’i) sebelum kita shalat harus islam dulu, yakni denganmengucap 2 syahadat dan meyakininya.

Tim Rukyat Nahdatul Ulama


Oleh Ustad Sinar Agama http://www.facebook.com/groups/210570692321068/doc/244649295579874/ Oleh Anggelia Sulqani Zahra pada 7 September 2011 pukul 3:18


Anandito Birowo: Salam ustad, maaf dalam status sebelumnya ustad mensyaratkan rukyat yang dilakukan tim rukyat ikhwan Ahlulbait harus ada orang yang adil di dalamnya, atau melibatkan saksi-saksi dalam jumlah banyak. Pertanyaan saya, apakah keharusan melibatkan orang yang adil ini dalam rukyat tim NU tidak diperlukan karena mereka lebih senior? Mohon penjelasan. Terima kasih.

Memilih Hari Dalam Bulan Qamariah


seri tanya-jawab Bintang Ali dan Sinar Agama http://www.facebook.com/groups/210570692321068/doc/244648498913287/ by Sinar Agama (Notes) on Monday, September 5, 2011 at 1:22am


Bintang Ali: salam ustadz, ana pengen nanya soal amalan-amalan ahlulbyt ketika kita mau beli rumah,,seperti posisi rumah yang baik, syukuran, lingkungan, warna cat, tata letak yah hampir sama sepertifengshui gitu ustadz.. intinya hal-hal yang mesti diperhatikan dalam membeli rumah baik (yang dianjurkan dan yang dilarang). Syukron dan apakah posisi bangunan “tusuk sate” itu bermasalah ustadz??

Penjelasan “Umi Kultsum putri Imam Ali menikah dengan Umar bin Khattab”?


Oleh Ustad Sinar Agama http://www.facebook.com/groups/210570692321068/doc/243413822370088/ Oleh Anggelia Sulqani Zahra pada 4 September 2011 pukul 15:42


Ghibran Banajer Ali: Ustadz mau tanya, benarkah Umi Kulstum putri Imam Ali menikah dengan Umar bin Khattab ? Terimakasih.

Jumat, 03 Juli 2020

Memahami Definisi Keadilan Dalam Fiqh



Oleh Ustad Sinar Agama http://www.facebook.com/groups/210570692321068/doc/243410945703709/ Oleh Anggelia Sulqani Zahra pada 4 September 2011 pukul 15:28

Sinar Agama : Teman-teman Syi'ah yang memiliki tim ru'yat sendiri, tolong mengerahkan orang adil (tidak punya dosa besar dan kecil) hari ini supaya bisa jadi dalil syar'i. Karena sudah tidak bisa mengandalkan peru'yatan madzhab lain, karena mereka mungkin sudah kukut dari lapangan sehubungan dengan keputusannya itu. Atau, kalau tidak punya orang yang tidak berdosa, maka kerahkan sebanyak-banyaknya hingga bisa dijadikan sandaran syar'i (syiyaa'un).

Penjelasan Surah Huud 118-119

“Sungguh akan Aku Penuhi neraka Jahannam dengan semua jin dan manusia yang durhaka."


Oleh Ustad Sinar Agama http://www.facebook.com/groups/210570692321068/doc/243077465737057/ Oleh Anggelia Sulqani Zahra pada 3 September 2011 pukul 23:33


Aufa Opa: Sungguh akan Aku penuhi neraka Jahannam dengan semua jin dan manusia yang durhaka." (Lihat surah Huud:118-119). Apakah benar Allah sekejam itu ?? Terus buat apa kita taat jika kita nantinya ditaruh di neraka !! Mohon penjelasan ustadz.

Jumat, 26 Juni 2020

Mazhab Syiah Zaidiyah


Oleh Ustad Sinar Agama http://www.facebook.com/groups/210570692321068/doc/243077165737087/ Oleh Anggelia Sulqani Zahra pada 3 September 2011 pukul 23:32


Zul Fikar: Salam ustad, mau tanya bisa minta sedikit rincian tentang syiah Zaidiyyah? Mengapa syiah Zaidiyyah masih diakui dalam mazhab syiah?

Syafaat ( Rosul SAWW, dan Aimmah AS ) di Alam Kubur


Oleh Ustad Sinar Agama http://www.facebook.com/groups/210570692321068/doc/241220355922768/ Oleh Anggelia Sulqani Zahra pada 31 Agustus 2011 pukul 4:19


Vito Balataw: Salaamualaikum, afwan ya ustad... ana sempat membaca keterangan di alam kubur/ barzakh para pemberi syafaat ( Rosul SAWW, dan Aimmah AS) tidak memberikan syafaatnya, mohon penjelasannya ustad. Afwan.

Faktor Yang Membuat Malas Ibadah serta Solusinya


Oleh Ustad Sinar Agama http://www.facebook.com/groups/210570692321068/doc/241219732589497/ Oleh Anggelia Sulqani Zahra pada 31 Agustus 2011 pukul 4:18


Baim Upik: Assalamualaikum warokhmatulloohi wabarookaatuh. Aku datang dari tanah seberang, menepati janjiku, mengetuk pintu mu wahaisaudaraku... Baikalah, begini maksud kedatanganku, tak lain adalah hendak bertanya kepadamu tentang hal yang sangat mengganggu diriku. Sebentar, aku ambil napas dulu ya....bismillaah...begini saudaraku.. Aku ini, yang nama nya sholat itu lho... kok aras -arasen to ? Kadang-kadang males nya minta ampun....beh...aku sendiri mengutuk kemalesan ini...tapi...ya bagaimana ya... Oleh sebab itu, tolong beri analisa tentang hal itu? Setelah itu, mohon bantuannya, berikan aku SESUATU yang bisa merubah menjadi sebaliknya, sungguh aku sangat membutuhkan bantuan mu saudaraku... Dan dengan tidak mengurangi rasa sedih dan malu yang kurasa, aku ucapkan terima kasih yang setulus tulus nya.  Assalamualaikum warokhmatulloohi wabarokaatuh.

Dalil Tentang Sedekah Meluaskan Rizki


Oleh Ustad Sinar Agama http://www.facebook.com/groups/210570692321068/doc/241210439257093/ Oleh Anggelia Sulqani Zahra pada 31 Agustus 2011 pukul 3:55


Bintang Ali: Salam stad, soal sedekah, jika anjuran sedekah itu justru akan meluaskan rizki kita, lalu bagaimana dalil akal dan nash nya koq bisa begitu?? Bukan berarti ana penentang sedekah, ana cuman minta dalilnya melalui ustdzi. Syukron.

Imam dalam Sholat


Oleh Ustad Sinar Agama http://www.facebook.com/groups/210570692321068/doc/241210089257128/ Oleh Anggelia Sulqani Zahra pada 31 Agustus 2011 pukul 3:54


Andhika Wisnu Wardhana: Salam ustad. Saya baru taraf belajar nih. Saya ada pertanyaan ustad, setau saya ketika kita sholat, niat kita adalah menitipkan amal ibadah sholat kita kepada imam untuk disampaikan kepada-Nya, karena sudah dapat dipastikan sholat orang seperti saya tidak diterima oleh-Nya.

Nah pertanyaan saya, apakah kita perlu mengetahui terlebih dahulu imam yang adil tersebut? Atau bagaimana? Karena mata saya masih tertutupdebu untuk dapat melihat imam yang adil tersebut. Jika pernyataan saya ada yang salah tolong dibenarkan ya ustad. Terima kasih... wassalam...

Amalan-amalan Malam dan Hari Ied Fitri


seri tanya: Dicky Jalinus dengan Sinar Agama http://www.facebook.com/groups/210570692321068/doc/241199632591507/ by Sinar Agama (Notes) on Sunday, August 28, 2011 at 1:46pm


Dicky Jalinus: Assalamu’alaikum ustadz, mau nanya lagi nih, karena saya tidak terlalu tahu banyak soal fiqih ahlul bait, dan sebentar lagi mau idul fitri, maka yang ingin saya tanyakan adalah

1. Apakah ada amalan-amalan untuk malam idul fitri? dan apa saja amalannya?

2. Apakah ada juga amalan di hari idul fitrinya? dan apa saja amalannya?

3. Apa ada ucapan-ucapan atau do’a yang baik untuk diucapkan dihari idul fitri, yang dicontohkan ahlul bait, misalkan kalau di negara kita ucapannya seperti “taqaballah huminna waminkum dan seterusnya” terimakasih ustadz....

10 jam yang lalu · Suka · · Lihat Pertemanan

Senin, 22 Juni 2020

Hukum Musik


Oleh Ustad Sinar Agama http://www.facebook.com/groups/210570692321068/doc/239469892764481/ Oleh Anggelia Sulqani Zahra pada 27 Agustus 2011 pukul 14:00

Zainal Syam Arifin: Salaamun ‘alaikum. Pak ustad ana mau nanya.

1. Pak ustad pernah menulis semua musik itu haram, namun ana juga pernah baca tulisan pak ustad (lupa di mana) bahwa hanya musik yang bisa membuat pendengarnya “bergoyang” (atau melakukan hal yang diharamakaan) yang dinyatakan haram, artinya (menurut yang ana pahami dari tulisan pak ustad), musik itu netral (suci) adabya, hanya dari tinjauan aspek arransemennya saja yang bisa membuatnya haram atau mubah. Tolong dijelaskan ini pak ustadz.

Kamis, 18 Juni 2020

Shalat Jum'at (sekelumit filsafat tentang esensi dan hikmah kewajibannya)


seri tanya jawab: Astamin Zayi dan Sinar Agama http://www.facebook.com/groups/210570692321068/doc/239468876097916/ by Sinar Agama (Notes) on Friday, August 26, 2011 at 1:41pm


Astamin Zayi: Mau nanya ustadz. Dalam alquran kita diseru untuk melakukan sholat jumat, kenapa hukum wajibnya hanya disaat adanya Imam Makshum. ? Begitu pula dengan sholat Ied.

Terimakasih.

Penjelasan Hadits Imam Ja’far Tentang Pengikutnya


Oleh Ustad Sinar Agama http://www.facebook.com/groups/210570692321068/doc/238687326176071/ Oleh Anggelia Sulqani Zahra pada 26 Agustus 2011 pukul 2:06


Zen Assegaf: "Jadilah kalian penghias kami dan janganlah kalian mencoreng wajah kami". "Tidak berhak seorang mengatasnamakan Agama atau alasan membela Sinar Agama melakukan dengan cara mencaci maki" (Imam Ja'far as)

Bani Hasyim: Ja'far Shadiq berkata: "Ada sekelompok orang yang berkata bahwa aku ini imam mereka. Demi Allah, saya bukan imam mereka. Sama sekali bukan. Semoga Allah melaknat mereka. Mereka itu, setiap kali saya menutupi sesuatu, mereka malah membukanya. Semoga Allah mengungkapkan keburukan-keburukan mereka.

Dan setiap kali aku berkata "...begini...", mereka berkata: "...maksud imam adalah begitu.."Lihat: Ikhtiyaar Ma'rifat ar Rijaal, Syeikh ath Thuusi, Vol. 2, hal. 590

Jumat, 12 Juni 2020

Taqdir / nasib Dalam Al-Qur'an ?!


seri tanya jawab: Dicky Jalinus dan Sinar Agama https://www.facebook.com/notes/sinar-agama/takdirnasib-dalam-al-qur-an- seri-tanya-jawab-dicky-jalinus-dan-sinar-agama/270980869579135

by Sinar Agama (Notes) on Thursday, August 25, 2011 at 8:13am


Dicky Jalinus: Assalamu’alaikum ustadz, mau nambah pertanyaan mengenai takdir yang pernah dibahas, biasanya ayat-ayat di bawah ini adalah dalil yang dipakai untuk qadha dan qadar, bagaimana menurut ustads?

1. Artinya : “Dan Dia menciptakan segala sesuatu, lalu menetapkan ukuran-ukurannya dengan tepat.” (QS.Al-Furqan : 2).

2. Artinya : “Setiap bencana yang menimpa di bumi dan yang menimpa dirimu sendiri, semuanya tertulis dalam Kitab (Lauh Mahfuz) sebelum Kami mewujudkannya.” (QS.Al-Hadid: 22).

3. Artinya: “Allah menghapus dan menetapkan apa yang Dia kehendaki dan di sisi-Nya terdapat Ummul-Kitab (Lauh Mahfuz)”.(QS. Ar-Ra’d: 39).

4. Artinya:” Apabila ajalnya tiba, mereka tidak dapat meminta penundaan atau percepatan sesaat pun”. (QS. Yunus: 49).

Mohon pencerahannya ustad, apakah dalil-dalil itu berhubungan dengan qada dan qadar atau takdir?

Selasa, 09 Juni 2020

Rukun Iman dan Islam Mazhab Syi’ah


Oleh Ustad Sinar Agama http://www.facebook.com/groups/210570692321068/doc/238518302859640/ Oleh Anggelia Sulqani Zahra pada 25 Agustus 2011 pukul 18:02


Hega Sevenfold: Salam ustad. Ustadz saya ingin menanyakan ...

1. Kenapa rukun islam lebih dari 5 & rukun iman lebih dari 6 ??

2. Dan saya ingin mengetahui tentang adzan syiah, yang menurut wahabiah sesat ?? Terimakasih ustad.

Bisakah Orang Biasa Menembus Hijab dan Bersih dari Dosa ?!



seri tanya jawab Irsavone Sabit dengan Sinar Agama 
by Sinar Agama (Notes) on Tuesday, March 19, 2013 at 12:09am


Irsavone Sabit: Apakah Bisa Kita Manusia Biasa yang penuh dosa Menembus Hijab yang tebal dalam sholat seperti para imam Makshum?

Apakah Anak Bisa Meng-qadha-kan Shalat Orang Tua


Oleh Ustad Sinar Agama http://www.facebook.com/groups/210570692321068/doc/238488226195981/ Oleh Anggelia Sulqani Zahra pada 25 Agustus 2011 pukul 15:32

Abuzahra Gagah: Salam ustadz Sinar Agama. Afwan, ana mau tanya bagaimana kalau punya orang tua yang sakit keras hingga orang tua tersebut sampai tidak bisa melakukan shalat dengan sempurna dikarenakan lumpuh total. Bagaimana dengan shalatnya? Apakah anaknya bisa meng- qadakan shalatnya?

Dadan Gochir: Tambah nanya : bagaimana anak lelaki paling besar sunni dan adiknya syi'i, maka shalat qada orang tuanya menjadi tanggungan siapa tad?

Penjelasan (Q.S Al-Jumu'ah [62]:2)


Oleh Ustad Sinar Agama http://www.facebook.com/groups/210570692321068/doc/238489442862526/ Oleh Anggelia Sulqani Zahra pada 25 Agustus 2011 pukul 15:38


Zainal Syam Arifin: Salam wa rahmah pak ustadz. Tolong dijelaskan ayat berikut ini:

Yang dimaksud warruh dalam surat alqodr


Oleh Ustad Sinar Agama http://www.facebook.com/groups/210570692321068/doc/238487282862742/ Oleh Anggelia Sulqani Zahra pada 25 Agustus 2011 pukul 15:27


Aufa Opa: Salam ustad,, kami turut berduka,, mau tanya ustad. Siapa yang dimaksud warruh dalam surat alqodr, ? Terima kasih ustad.

Filsafat Tangis dan Air Mata Untuk Para Imam as dan Syuhada


seri curhat dan tanggapan: Timex Taurus dan Sinar Agama http://www.facebook.com/groups/210570692321068/doc/238484272863043/ by Sinar Agama (Notes) on Monday, August 22, 2011 at 7:20am


Timex Taurus: Saya juga selalu menangis kalo mendenger cerita sahidnya para aimah, tp kalo di dipikir-pikir bukan sesuatu yg layak di tangisi yah? kan mereka malah memperoleh kenikmatan dan kebahagiaan dalam mautnya,,,justru kitalah yang harus menangisi nasib kita yang belum tentu bisa mendapatkan lowongan sahid,,

Mukhtar Luthfi: Analogi: Jika kita punya guru di sekolah yang sangat kita cintai itu ditarik ke pusat & diangkat menjadi menteri, derajat yang lebih tinggi. Dia akan senang dengan derajat dan kedudukan itu. Tapi buat kita yang ditinggalkannya gimana, sedih gak? Kita senang karena dia naik derajat, tapi juga sedih karena harus berpisah secara fisik. Buat dia pribadi, gak ada kesedihan sedikitpun.

Senin, 08 Juni 2020

Taqdir (Apa Salahnya Percaya Nasib Sudah Ditentukan Tuhan?)


seri tanya-jawab, Ardhy Husain dengan Sinar Agama http://www.facebook.com/groups/210570692321068/doc/236087869769350/ by Sinar Agama (Notes) on Friday, August 19, 2011 at 3:10am


Ardhy Husain: Salam ustadz. Semoga selalu dalam keadaan sehat walafiat.

Saya mau bertanya. Apakah kesalahan terbesar saat kita meyakini bahwa takdir baik dan buruk itu berasal dari Allah?

Bukankah penetapan takdir baik dan buruk atas hidup seseorang, karena Allah yang maha tahu telah mengetahui bahwa seseorang itu dengan ikhtiarnya akan memilih antara kedua takdir tersebut?

Afwan ustadz. Mohon pencerahannya.

Penerima Hidayah


Oleh Ustad Sinar Agama http://www.facebook.com/groups/210570692321068/doc/236088686435935/ Oleh Anggelia Sulqani Zahra pada 20 Agustus 2011 pukul 21:33


Al Louna: Salam ustadz. Adakah hidayah selalu datang pada si penerima hidayah??

Muridnya Ustad Jalal: Kaum rafidho tidak bisa menerima hidayah hatinya busuk,.

Dadan Gochir: @murid... justru antum yang ga dapat hidayah, hatimu udah terkunci mati, yang bisanya mencaci, tanpa argumen yang pasti..

Sabtu, 06 Juni 2020

Hubungan Konsep Imamah dan Wilayatul Faqih


Oleh Ustad Sinar Agama http://www.facebook.com/groups/210570692321068/doc/236089899769147/ Oleh Anggelia Sulqani Zahra pada 20 Agustus 2011 pukul 21:38


Ardhy Husain: Salam ustadz. Sebelumnya saya minta maaf kalau sudah terlalu banyak merepot- kan ustadz dengan pertanyaan-pertanyaan saya.

Saya mau tanya lagi ini ustadz.

Syi'ah meyakini bahwa masalah kepemimpinan/imamah setelah rasulullah ditentukan berdasar- kan wasiat beliau.

Tetapi kenyataannya berbeda dengan konsep wilayatul faqih yang dimana dalam masalah kepemimpinan itu ternyata ditentukan berdasarkan hasil musyawarah.

Tidak mungkinkah imam Mahdi as menunjuk wakilnya secara langsung? Afwan ustadz. Mohon penjelasannya.

Hadits Tentang Wilayah Ali


Oleh Ustad Sinar Agama http://www.facebook.com/groups/210570692321068/doc/236090779769059/ Oleh Anggelia Sulqani Zahra pada 20 Agustus 2011 pukul 21:40


Hega Sevenfold: Salam ustad, afwan saya ingin bertanya lagi. Hadist wilayah Ali dan sanadnya juga ??

Jumat, 05 Juni 2020

Makna "fiihaa" pada al Qadr: 4 dan ad Dukhan: 4


Oleh Ustad Sinar Agama http://www.facebook.com/groups/210570692321068/doc/236092616435542/ Oleh Anggelia Sulqani Zahra pada 20 Agustus 2011 pukul 21:47


Zainal Syam Arifin: Salam wa rahmah pak ustadz, ana mau tanyakan makna "fiihaa" pada al Qadr: 4 dan ad Dukhan: 4 serta siapa yang dimaksud dengan "haa" pada fiihaa tersebut?

Imam Ali as Membaiat Umar bin Khattab ?


Oleh Ustad Sinar Agama http://www.facebook.com/groups/210570692321068/doc/236093706435433/ Oleh Anggelia Sulqani Zahra pada 20 Agustus 2011 pukul 21:51


Hega Sevenfold: Salam ustad, langsung saja ustad saya ingin menanyakan hadist dengan sanad- nya bahwa imam Ali r.a telah membaiat Umar binKhattab ?? Dan bagaimana dengan tanah fadak ?? Mohon penjelasannya ustad.

Hukum Berdoa Diiringi dengan Musik


Oleh Ustad Sinar Agama http://www.facebook.com/groups/210570692321068/doc/236094339768703/ Oleh Anggelia Sulqani Zahra pada 20 Agustus 2011 pukul 21:54


CintakasihNya Kasih: Salam. Ustad mau tanya

1. Bolehkah berdoa diiringi dengan music-music instrumen yang menenangkan (seperti musik Kitaro, Yiruma, instrumen alam dll) ?

2. Bagaimana jika musik intrument tersebut berguna untuk lebih mengkhusyukan/mengkondisi- kan diri ketika berdoa?

Terima Kasih.

Minggu, 31 Mei 2020

Kaffarah bagi orang yang sengaja membatalkan puasa tanpa alasan syar'i dengan orang yang puasanya batal karena ke-tidaktahu-an/ke- soktahu-an tentang hukum fiqh?


Oleh Ustad Sinar Agama http://www.facebook.com/groups/210570692321068/doc/236095376435266/ Oleh Anggelia Sulqani Zahra pada 20 Agustus 2011 pukul 21:58


Haerul Fikri: Salam, ustad. Apakah ada perbedaan antara denda kaffarah bagi orang yang sengaja membatalkan puasa tanpa alasan syar'i dengan orang yang puasanya batal karena ke-tidaktahu- an/ke-soktahu-an tentang hukum fiqh? Afwan, ustad..

Di dalam puasa ramadhan, jika seorang wanita mendapatkan haid. Apakah harus mengqodho puasanya dan juga membayar kafarah ataupun fidyah


Oleh Ustad Sinar Agama http://www.facebook.com/groups/210570692321068/doc/236096209768516/ Oleh Anggelia Sulqani Zahra pada 20 Agustus 2011 pukul 22:01


Ali Al-ausath: Salam. Afwan, mohon izin untuk bertanya. Di dalam puasa ramadhan, jika seorang wanita mendapatkan haid. Apakah harus mengqodho puasanya dan juga membayar kafarah ataupun fidyah. Apakah puasanya juga di qodho..., mohon penjelasannya. Terimakasih...

Kemutlakan "Taatlah pada Allah, dan taatlah pada Rasul dan pemimpin diantara kalian!"


Oleh Ustad Sinar Agama http://www.facebook.com/groups/210570692321068/doc/236100046434799/ Oleh Anggelia Sulqani Zahra pada 20 Agustus 2011 pukul 22:13


Abu Bakar M: Jangan lupa Ustadz..... saya tunggu kelanjutan diskusinya di pesan ! Syukran.

Sinar Agama: Salam dan terimakasih peringatannya. Kalau antum sudah bisa memahami bahwa taat pada Tuhan itu adalah mutlak (dalam segala perintahNya), maka mungkin saya akan lanjutin lagi. Tetapi kalau ini saja masih belum masuk, maka diskusi selanjutnya, tidak akan bermanfaat. Karena mana ada orang muslim mau pilih-pilih perintahNya yang mana mau ditaati dan yang mana tidak mau?

Makna Firman Allah dalam Qs. Al-anfaal :41


Oleh Ustad Sinar Agama http://www.facebook.com/groups/210570692321068/doc/236101056434698/ Oleh Anggelia Sulqani Zahra pada 20 Agustus 2011 pukul 22:17


Herry Yuli Sunarno: Salam ustadz.... Mohon penjelasan makna dari pada Firman Allah swt

:"Ketahuilah, sesungguhnya apa saja yang dapat kamu peroleh sebagai rampasan perang, maka sesungguhnya seperlima untuk Allah, Rasul, kerabat Rasul, anak-anak yatim, orang-orang miskin dan ibnussabil, jika kamu beriman kepada Allah dan kepada apa yang kami turunkan kepada hamba Kami (Muhammad) di hari Furqaan, yaitu di hari bertemunya dua pasukan. Dan Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu."(Qs.Al-anfaal :41)...Sykuron ustadz.....

Sabtu, 30 Mei 2020

Hadits Tentang Ummatku Akan Terbagi Atas 73 Golongan


Oleh Ustad Sinar Agama http://www.facebook.com/groups/210570692321068/doc/236135813097889/ Oleh Anggelia Sulqani Zahra pada 21 Agustus 2011 pukul 0:03


Nahlah Markarma: Salam ustadz, dalam kitab sunni dikenal adanya hadist "Ummatku akan terbagi atas 73 golongan, dan hanya 1 yang selamat, yaitu yang menjalankan sunnahku dan para sahabatku", bagaimana konteks hadist ini menurut ahlul bait dan penafsirannya. Syukron.

Konsep Bid’ah Para Wahhabi


Oleh Ustad Sinar Agama http://www.facebook.com/groups/210570692321068/doc/236136543097816/ Oleh Anggelia Sulqani Zahra pada 21 Agustus 2011 pukul 0:05


Sinar Agama: Wahhabi-wahhabi tidak boleh makan ketupat-ied (bukan ketupat umum), karena itu budaya yang bid'ah. Tidak boleh juga ngucapin halal-bi-halal di ied (bukan umum) karena itu bid'ah.

Orang yang anti madzhab seperti wahhabi atau Muhammadiah, tidak boleh masak atau makan ketupat-ied-fitri, karena hal ini seharusnya bid'ah bagi mereka, karena bukan ketupat-umum yang dibuat kapan saja. Jadi ada ikatan antara ketupat dan budaya yang bagi mereka seharusnya bid'ah. Budayanya sudah jelas berselingkuh dengan hukum, yakni halal yang dikatakan oleh kita-kita.

Artinya ketupat, ucapan lebaran, beli baju lebaran, sudah menjadi budaya agama, bukan budaya umum. Dan ini seharusnya jelas bid'ah menurut wahhabi.

Ibnu Zaki: Apa memang bid‘ah boleh kalau makan tanpa harus dikaitkan dengan hukum normatif agama. Ini masuk kategori 'boleh', kecuali kalau masakan mereka jadi sesajen bagi setan piaran kalau, yang bagian lain masalah.

Bersedekah Mengatasnamakan Orang Tua, Sedang Mereka Masih Ada?


Oleh Ustad Sinar Agama http://www.facebook.com/groups/210570692321068/doc/236499373061533/ Oleh Anggelia Sulqani Zahra pada 21 Agustus 2011 pukul 18:46

Heri T Rizka In: Salam Ustadz. Apakah boleh kita bersedekah mengatasnamakan orang tua, sedang mereka masih ada? Satu lagi Ustadz, selain mendo'akan mereka, hal apa saja yang dapat kita lakukan untuk menunjukkan bakti kita pada orang tua yang tempat tinggalnya jauh dari kita? Terima kasih Ustadz.

Shalat Jama'ah di Syi’ah


seri tanya-jawab: Muti Aulia dengan Sinar Agama http://www.facebook.com/groups/210570692321068/doc/235516183159852/ by Sinar Agama (Notes) on Thursday, August 18, 2011 at 6:22am


Muti Aulia:

Assalamualaikum ustadz. punteun, ikut merepotkan bertanya. pertanyaan saya banyak :

1. Apa syarat-syarat seseorang boleh mengimami sholat di Syi’ah?

2. Bolehkah perempuan menjadi imam sholat?

3. Bagaimana posisi barisan imam & makmum dalam sholat berjama'ah untuk yang makmumnya hanya laki-laki atau yang makmum terdiri dari laki-laki dan perempuan?

4. Bagaimana posisi sholat berjamaah yang hanya terdiri dari 2 orang, seperti suami istri? Juga untuk 3 orang?

5. Bagaimana pula cara makmum yang masbuk (tertinggal rakaat sholat)? mohon penjelasan ustadz, terima kasih.


Fatimah Sekar Langit: mana yang harus didahulukan ustadz antara Tua (as-syaikh) pandai/ indah bacaan qur'annya (al-aqro') dan yang muda...

Asma-Asma Tuhan dan Para Makshum as


seri tanya jawab Adzar Alistany Kadzimi dan Sinar Agama http://www.facebook.com/groups/210570692321068/doc/234627236582080/ by Sinar Agama (Notes) on Monday, August 15, 2011 at 5:51am

Adzar Alistany Kadzimi: Assallammu'alaykum warrohmah,,, Bismillaahirrohmanirrohim

Subhanallahumma sholli wassallim 'alaa Sayyidil Wujud Muhammad wa Aalihithoyyibinathohirrin wa 'Ajjil Farojahumullahusyarif...

Numpang nanya Ustadz,

seingat saya ; saya pernah mendengar dari ustadz Andi Muhammad Sofwan ketika mengikuti kajian Filsafat di RF Yogya bahwa para Imam ialah Nama-nama-Nya,

Abuzahra Gagah dan Mentari Perak menyukai ini.

Kategori Nafsu dan Cara Mengatasinya


seri tanya jawab Muhammad Dudi Hari Saputra dengan Sinar Agama http://www.facebook.com/groups/210570692321068/doc/234626276582176/ by Sinar Agama (Notes) on Wednesday, March 14, 2012 at 10:44pm

Muhammad Dudi Hari Saputra: Salam Ustadz. Apa saja kategori nafsu? Dan bagaimana cara mengatasinya? Syukron.

Dan Ustadz, mengapa dalam terminologi Arab penggunaan mengenal diri maka mengenal Tuhannya menggunakan kata nafs sebagai aku. Apakah kata nafs sebagai nafsu dan nafs sebagai aku itu, apa persamaan (taraduf) dan perbedaan (mutabayin) dri dari maudhu' nafs tersebut? Syukron katsiran.

Senin, 25 Mei 2020

Tauhid (Bagian 5)


Oleh Ustad Sinar Agama http://www.facebook.com/groups/210570692321068/doc/234625379915599/ Oleh Anggelia Sulqani Zahra pada 17 Agustus 2011 pukul 23:38

Abu Humairoh: Salam ustad@ pertanyaan ana selanjutnya :

1. Apakah Tuhan sejiwa dengan semua zat?

2. Apakah Allah TIDAK membuat sesuatu yang berwujud ?

3. Berkurangnya nyawa setiap hari, kemanakah, perginya ?

4. Siapakah Makhluk yang pertama kali diciptakan sebelum adanya dunia ini ? Nur Allah kah ? Nur Muhammad kah ? Atau Akal kah ? Afwan ustad, kutunggu jawbannya yang selalu memberikan pencerahan kepada kita semua.

Bid'ah dalam Islam (antara hakikat dan dugaan)


seri tanya jawab: Frianto Afri dan Sinar Agama http://www.facebook.com/groups/210570692321068/doc/234739896570814/ by Sinar Agama (Notes) on Wednesday, August 17, 2011 at 11:34am

Afrianto Afri: Ustadz ini ada perdebatan yang banyak mengutip kitab/fatwa marja dilink berikut ini, bisakah ustadz memberi pencerahan buat pesertanya...

“Dodi ElHasyimi:

Syiah Bicara Bid'ah ????? Ape Kagak Salah Denger tuch ???? Mau nanya Nich ma Mahluk2 Syiah : Solat Ghodir, Solat Mab’ats, Solat Amirul Mukminin, Solat Ja’far bin Abi Tholib, Solat Az Zahra’ , Solat Ziyarotun Nabi Au Ahadi Aimmah dll yg dilakukan mahluk2 Syiah itu Bid'ah ape kagak ??? membacaAsyhadu anna 'Aliyyan Waliyyullah (أشهدأنعلیاولیاهلل) dalam Adzan itu Bid'ah ape kagak ???? Qiqiqiqiqiqiqi.....

MONNGO YG AGAK PINTER SILAHKAN MENJAWAB !!!! ^_^.”

Kiat Mengendalikan Hawa Nafsu


seri tanya-jawab: Ivan Setiono dengan Sinar Agama http://www.facebook.com/groups/210570692321068/doc/234626276582176/ by Sinar Agama (Notes) on Tuesday, August 16, 2011 at 2:40am


Ivan Setiono: Assalamualaikum ustadz... Bagaimana cara kita untuk mengendalikan hawa nafsu? karena manusia kan makhluk yang tidak pernah akan puas...Dan tingkat kepuasannya relatif...

Lalu bagaimana caranya agar hawa nafsu tadi bisa kita olah menjadi energi yang positif sehingga bisa lebih dekat dengan Allah :D

Mohon sarannya ustadz :D ¤Terima kasih·

Sihir dan Hipnotis


Oleh Ustad Ust Sinar Agama. http://www.facebook.com/groups/210570692321068/doc/234543233257147/ Oleh Anggelia Sulqani Zahra pada 17 Agustus 2011 pukul 19:21

Herry Yuli Sunarno: Salam ustadz... hipnotis dalam perspektif islam itu termasuk kategori apa? Dan apa hukumnya hipnotis dalam islam?

Hukum Bisnis Multi Level Marketing (MLM)


Oleh Ustad Sinar Agama http://www.facebook.com/groups/210570692321068/doc/234534179924719/ Oleh Anggelia Sulqani Zahra pada 17 Agustus 2011 pukul 18:44


Arina Rind: Salam warohmah ustadh.. Apakah hukum Bisnis MlM itu, Afwan??

Minggu, 17 Mei 2020

Taqiyah ( seri 7 )


Oleh Ustad Sinar Agama http://www.facebook.com/groups/210570692321068/doc/234533653258105/ Oleh Anggelia Sulqani Zahra pada 17 Agustus 2011 pukul 18:41

Ahmad Haddad: Ustad, ana meyakini dan mengakui bahwa syiah adalah madzhab yang benar dalam islam tetapi ustad pernah berkata taqiyyah boleh di lakukan kalau kita itu bisa terbunuh, dipukuli dan diperkosa... jadi tidak bisa taqiyah,..

Ana baru belajar syiah 1 tahun ini, karena saya tidak suka ikut-ikutanan jadi saya baru mulai mengamalkan ajaran syiah baru 1 bulanan INI, seperti wudhu, berbuka Puasa, membaca doa.

Pertanyaannya : ana baru berusia 18 tahun, ana hidup di lingkungan sunni dari ayah, ibu, kakek, nenek, semuanya sunni, dan kayaknya sinis samasyiah, padahal sudah saya jelasin itu fitnah dan lain-lain.

Jadi kalau mau sholat musti kucing-kucingan, buka puasa juga gitu, apalagi tarawiih aduuh.

Pernah pada suatu saat ditanya orang tua aku ikut syiah apa nggak, ana bingung jawabnya...?? Terpaksa saya bohong ustad, apa saya dosa ustadkarena berbohong sama orang tua, bagaimana memberi orang tua pengertian yaa ustad. Mohon bimbingannya.

Bada', Raj'ah dan Mushhaf Faathimah as


seri tanya jawab: Mad Joger dan Sinar Agama http://www.facebook.com/groups/210570692321068/doc/232753056769498/ by Sinar Agama (Notes) on Thursday, August 11, 2011 at 3:14am

Mad Joger: Ustadz tolong jelaskan masalah bada’ dan raj’ah..? apakah mushaf Fatimah itu isinya bisa berubah atau tidak…?

Jumat, 15 Mei 2020

Mut’ah (seri 11)


Oleh Ustad Sinar Agama http://www.facebook.com/groups/210570692321068/doc/232758080102329/ Oleh Anggelia Sulqani Zahra pada 14 Agustus 2011 pukul 4:32

Alin Kaka: Salam,..maaf ustad ana pengen tanya apakah mut'ah lewat telepon karena jarak antara negara satu dngan negara lain diperbolehkan.....? Syukroon...

Sejarah Singkat Wahhabiah


seri: tanya-jawab, Sang Pecinta dan Sinar Agama http://www.facebook.com/groups/210570692321068/doc/232755993435871/ by Sinar Agama (Notes) on Thursday, August 11, 2011 at 2:20am

Sang Pecinta: Ustadz bagaimana pandangan Syiah terhadap Ibnu Taymiah? jzklh tadz

Sinar Agama: Salam dan terimakasih pertanyaannya:

Syi’ah dan Ahlussunnah sama dalam hal yang satu ini. Meyakini bahwa dia itu adalah fitnah besar dalam Islam dan sesat tanpa keraguan. Suka berbohong atas nama Islam dan para ulama.

Shalat Taubat


seri tanya jawab Ayi Yeti Geulis dengan Sinar Agama http://www.facebook.com/groups/210570692321068/doc/232754106769393/ August 1, 2013 at 5:11am

Ayi Yeti Geulis: (22-3-2013) Assalamu’alaikum ...Pak ustad saya mau tanya apa syarat-syarat sholat taubat...Terimakasih atas kesediaannya menjawab...Wassalam.

Rizal Alwy: Allahumma shalli ‘ala Muhammad wa aali Muhammad wa ‘ajjil farajahum..

Taubat dan Masalah Suara Hati/syethan?


seri tanya-jawab, Yetty Fathimah dan Sinar Agama http://www.facebook.com/groups/210570692321068/doc/232754106769393/ by Sinar Agama (Notes) on Thursday, August 11, 2011 at 3:03am

Yetty Fathimah: Salam.. Afwan ustadz, mungkin pertanyaan saya ini menyimpang dari tema. Tentang taubatan nasuha, jika seseorang telah meniatkan dalam hati dan telah memohon ampunan dari Nya.. Namun dalam hatinya masih ada keragu-raguan apakah taubatnya di terima, terus takut tergoda untuk melakukan kesalahan yang sama, dengan kadang terlintas pikiran- pikiran jelek. Apakah itu tanda bahwa taubat yang dilakukannya tidak sungguh-sungguh? Dan apakah ada tanda-tanda dariNya dalam perubahan didiri kita apabila taubat seseorang diterima olehNya? Mohon penjelasan nya ustadz.. Terima kasih.

Beda Zakat dan Khumus


seri tanya tawab Fatimah Sekar Langit dan Sinar Agama http://www.facebook.com/groups/210570692321068/doc/232753056769498/ by Sinar Agama (Notes) on Friday, August 12, 2011 at 4:38am

Fatimah Sekar Langit: Salam Ustadz afwan entahlah. kenapa rasanya selalu saja ada yang ingin saya tanyakan..kali ini saya mau tanya pengertian Zakat, Khumus Kharoj bagaimana praktek ke-3nya dijalankan dizaman Rosul dan bagaimana aplikasinya di zaman sekarang....? apakah seseorang yang sudah mengeluarkan zakat wajib pula membayar Khumus semisal seorang petani yang sudah mengeluarkan zakat pertaniannya apakah juga dia wajib ditarik khumus. ? dan bagaimana hukumnya zakat profesi misal jadi artis, konsultan. ?

Wahdatu Al-Wujud, bag: 15 (ringkasannya)


seri tanya jawab Abu Humairah dan Sinar Agama http://www.facebook.com/groups/210570692321068/doc/232748813436589/ by Sinar Agama (Notes) on Friday, August 12, 2011 at 4:32am

Abu Humairoh: Salam ya akhi...@ lama ana tak jumpa ustadz dalam dunia maya, ada banyak pertanyaan mengenai wahdah alwujud diantaranya alam lahut? Apakah bisa bersatu antara alam lahut dan alam nasut? menurut al ‘alim mulla sadra dan ibnu al arobi, bagaimana pendapat ustadz?

Sekelumit Rahasia Pembacaan Surat Qadr Setelah Faatihah dalam Shalat


seri tanya jawab: Muhammad Ali H dan Sinar Agama http://www.facebook.com/groups/210570692321068/doc/232747280103409/ by Sinar Agama (Notes) on Friday, August 12, 2011 at 8:23am

Muhammad Ali Husain: Assalamu'alaikum. Ustadz saya mau tanya, di madzhab AB kalau saya perhatikan banyak anjuran supaya kita membaca surat al-qodr (inna anzalnaahu fii lailatil qodr) pada waktu-waktu yang telah ditentukan. Kalau boleh saya tahu, adakah hubungan antara surat al-qodr dengan kemunculan Imam Mahdi afs? Kemudian yang dimaksud kalimat "Ruuh" pada surat al-qodr tersebut apakah Imam Mahdi as? Mohonpenjelasannya ustadz. Terimakasih banyak sebelumnya..

Sholat Hajat


Oleh Ustad Sinar Agama http://www.facebook.com/groups/210570692321068/doc/231841550193982/ Oleh Anggelia Sulqani Zahra pada 12 Agustus 2011 pukul 6:12


Shalat hajat (salah satunya): Dua rokaat, lalu memuji Allah dan bershalawat untuk Rasul saww, lalu baca ayat akhir dari surat Hasyr, terus membca 6 ayat pertama dari surat al-Hadid, terus membaca 2 ayat dari surat Aali 'Imran (ayat ke: 26 dan 27; atau pendapat lainnya ayat ke: 6 dan 18; atau ayat ke 18 dan 26; tentu saja kalau 4 ayat itu dibaca semuanya, akan lebih bagus), baru setelah itu berdoa tentang hajatnya.

Untuk shalat yang ini tidak ditentukan waktunya, tetapi mungkin selepas tengah malam bagus sekali terutama dekat-dekat subuh.

Haura Haurainsiyyah: Melakukannya sebelum shalat witir, atau sesudahnya (boleh ga) afwan.

Rabu, 13 Mei 2020

Dasar Fikih Adalah 'Urf (uruf), Apa Artinya Tuhan Mereduksi Ilmiah dan Hakikat (filsafat)??!


Seri tanya jawab: Z. Ali - Sinar Agama http://www.facebook.com/groups/210570692321068/doc/231838016861002/ by Sinar Agama (Notes) on Thursday, August 11, 2011 at 8:04am


Zulfikar Ali: Salam!

Ustadz, saya mau nanya yang mungking sudah sering di bahas,tapi masih ada keraguan yakni tentang hukum merokok,dan menjual nya.wa salam terimakasih.

Tata Cara Aqiqah Anak


Oleh Ustad Sinar Agama http://www.facebook.com/groups/210570692321068/doc/231835170194620/ Oleh Anggelia Sulqani Zahra pada 12 Agustus 2011 pukul 5:58


Oeda Ade Candra: Salam Ustad. Mohon penjelasan tata cara aqiqah anak (laki-laki dan perempuan) menurut ajaran ahlulbait. Terimakasih ustadz.

Cara Mengetahui Orang Jujur


Oleh Ustad Sinar Agama http://www.facebook.com/groups/210570692321068/doc/231834366861367/ Oleh Anggelia Sulqani Zahra pada 12 Agustus 2011 pukul 5:56

Denok Saja: Assalamu'alaikum Ustadz...

Maaf Ustadz, mau bertanya,bagaimana kira-kira cara mengetahui jujur tidaknya seseorang yang berada di sekitar kita, secara Islam tentu saja..agar hati terhindar dari sifat suudzon..Terimakasih sebelumnya..

Sholat Pengampunan


Oleh Ustad Sinar Agama http://www.facebook.com/groups/210570692321068/doc/231832943528176/ Oleh Anggelia Sulqani Zahra pada 12 Agustus 2011 pukul 5:53

Shalat Pengampunan (salah satunya): Dua rokaat yang pada masing-masing rokaatnya setelah membaca surat al-Faatihah, membaca 60 kali surat al-Ikhlash (Qul huwallahu ahad ...). Waktu tidak ditentukan.

Azzahra Zahra: Salam. Ustad.. Makasih info ilmunya...Tetapi ana tidak faham apa ini termasuk shalat Taobat.. Kalau bukan bagaimana niat nya?Makasih... moga Allah selalu memberi kesehatan sekeluarga ustad..

Hukum Tidak Mengetahui Ilmu Aqidah dan Fiqih


Oleh Ustad Sinar Agama http://www.facebook.com/groups/210570692321068/doc/231821156862688/ Oleh Anggelia Sulqani Zahra pada 12 Agustus 2011 pukul 5:27

Al Louna: Salam ustadz...Mohon penjelasan tentang posisi ketidaktahuan dan apakah posisi tersebut dapat menyelamatkan seseorang dari dosa.??...

Sholat dalam Perjalanan di Pesawat


Oleh Ustad Sinar Agama http://www.facebook.com/groups/210570692321068/doc/?id=231553086889495 Oleh Anggelia Sulqani Zahra pada 11 Agustus 2011 pukul 13:57

Bintang Ali: Salam alaikum warahmah ustadzi,.

Soal sholat wajib dalam pesawat, orang yang berhaji itu kalau brangkat dari embarkasi Jakarta ke Jeddah/Madinah itu kira-kira 8-9 jam penerbangan,. nah bagaimana hukum dan caranya solat di atas pesawat yang lagi mengudara ustad..? Syukron.

Selasa, 12 Mei 2020

Musafir dan Hukumnya


seri tanya jawab Mad Joger, Doeble Do dan Sinar Agama http://www.facebook.com/groups/210570692321068/doc/?id=231338490244288 by Sinar Agama (Notes) on Tuesday, August 9, 2011 at 5:53am

Mad Joger: Salam ustadz mau tny...kalau kita lagi shafar kita harus membatalkan puasa...trus kita wajib menqodho saja atau ada kewajiban lain selain menqodho...trus kalau kita di siang hari pas puasa kita sakit terus kita batalkan puasa tersebut...kita wajib menqodho saja atau ada tambahan lain selain menqodho ustadz...afwan

Makshumin as Mengetahui Rahasia Alam dan Perbuatan Semua Manusia


seri tanya-jawab: Rinie Sardadi dan Sinar Agama http://www.facebook.com/groups/210570692321068/doc/?id=231337216911082 by Sinar Agama (Notes) on Wednesday, August 10, 2011 at 6:38am


Rinie Sardadi:

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Ustadz.. semoga ustadz dipanjangkan umurnya dalam ketaqwaan. saya ingin bertanya, saya pernah mendengar di malam lailatul qadr nasib kita selama setahun kedepan ditentukan,lalu diserahkan ke imam mahdi afs.benarkah begitu ustadz? pertanyaan kedua, imam mahdi afs mengetahui setiap yang kita kerjakan,apakah pengetahuan ini sama dengan pengetahuan Allah akan makhluknya?

Kiat-kiat Menggapai Hajat dan Terkabul Doa


seri tanya jawab: Vito Balataw dengan Sinar Agama http://www.facebook.com/groups/210570692321068/doc/?id=231336193577851 by Sinar Agama (Notes) on Wednesday, August 10, 2011 at 7:16am

Vito Balataw: afwan ustadz, dari paparan ustadz dimalam lailatulqdr iitu disetujui atau tidaknya pilihan-pilihan kita setahun kedepan, baik dari sisi takwini atau tasyri’i maupun keduanya, dari sini timbul pertanyaan ana, bagaimana apa yang dihajatkan itu bisa direstu di takwini tapi juga di restu di tasyri’i nya. afwan

Ibadah Pribadi dan Sosial


seri tanya jawab: Widodo Abu Zaki dan Sinar Agama http://www.facebook.com/groups/210570692321068/doc/?id=231335340244603 by Sinar Agama (Notes) on Tuesday, August 9, 2011 at 6:15am

Widodo Abu Zaki: Betapa sulitnya tidak melihat warna warni dunia ini, lho wong kitanya juga masih bagian warna warni. Ustadz bagaimanamelihat suatu perbuatan itu lebih afdol dari amalan yang lain, misal demo di Jum’at terakhir lebih afdol dari tahajud. berarti amalan yang berdimensi jama’ah pasti lebih afdol dr yang pribadi. indikasinya apa? Karena seringnya kita lari dari rel misal buat sekolah bagus, akhirnya jadi bisnis. kan bahaya? dosanya?

Hidayah Takwiniyyah-Tasyri’iyyah, Fungsi Akal, Akal Gamblang dan Sitiran Terhadap Pluralisme


Tanya-jawab: Al Louna dan Sinar Agama http://www.facebook.com/groups/210570692321068/doc/?id=231334233578047 by Sinar Agama (Notes) on Monday, July 25, 2011 at 2:47am

Al Louna: Salam ustadz, tolong jelaskan tentang hidayah:

1. takwiniah (langsung dari allah)
2. tashri’ayah (tidak langsung)

lalu apa perbedaan hidayah dan mu’zizat?..

Senin, 04 Mei 2020

Dasar-dasar Pendidikan Anak Kecil


seri tanya-jawab: Erna Maruf-Denmark dan Sinar Agama http://www.facebook.com/groups/210570692321068/doc/?id=231331383578332 by Sinar Agama (Notes) on Tuesday, August 9, 2011 at 6:10am

Erna Maruf: Salam. Ustadz dasar-dasar pengenalan AB apa saja yang penting untuk dikenalkan dan diajarkan kpd anak-anak usia 10 dan 12thn? Karena kami jauh dari Indonesia, apakah ustadz tahu situs website yang menyediakan informasi itu? Syukran.

Bunga Bank dan Penyalurannya


Seri tanya-jawab: Yetty Fathimah dan Sinar Agama http://www.facebook.com/groups/210570692321068/doc/?id=231328980245239 by Sinar Agama (Notes) on Tuesday, August 9, 2011 at 5:23am


Yetty Fathimah: Salam ustadz...Sya prnah membaca di salah satu catatan ustadz, Saya pernah membaca di salah satu catatan ustadz bahwa bunga bank adalah riba. Apakah itu untuk bank konvensional, bagaimana dengan bank syariah?

Yetty Fathimah: Apabila kita memiliki rekening. Di bank untuk keperluan usaha yang otomatis akan mendapatkan bunga, bagaimana kita harus menggunakan nya? Apakah bisa untuk dipakai shodaqoh? Dan bagaimana cara yang aman untuk menyimpan sedikit uang kita.. Mohon pen- jelasannya ustadz.. Terimakasih...

Biografi Singkat Kutubu Al-Arba'ah (4 kitab hadits Syi’ah)


Seri tanya-jawab: Bintang Ali dan Sinar Agama http://www.facebook.com/groups/210570692321068/doc/?id=231324740245663 by Sinar Agama (Notes) on Tuesday, August 9, 2011 at 5:16am


Bintang Ali: Salam ustadz, saya pingin tanya soal biografi 4 kitab hadis utama syiah dan pengarangnya, lalu dimana saya bisa dapatkan? syukron

Agoest D. Irawan menyukai ini.

Kamis, 23 April 2020

'Amalan Ramadhan: Kelompok Ke empat (’amalan-’amalan) yang dilakukan pada siang harinya


http://www.facebook.com/groups/210570692321068/doc/?id=231318010246336 by Sinar Agama (Notes) on Saturday, August 6, 2011 at 4:00am


Kelompok Ke empat: Yang dilakukan di siang hari bulan suci Ramadhan:

(1). Berdoa setiap harinya dengan doa yang diriwayatkan oleh al-Syaikh dan al-Sayyid:

'Amalan Ramadhan: Kelompok Ke tiga (’amalan- ’amalan) yang dilakukan di waktu Sahar-menjelang adzan shubuh


http://www.facebook.com/groups/210570692321068/doc/?id=231317316913072 by Sinar Agama (Notes) on Saturday, August 6, 2011 at3:15am

Kelompok Ke tiga: Yang dilakukan di waktu sahar (sebelum adzan subuh).

(1). Makan sahur. Hendaknya jangan meninggalkan makan sahur walaupun hanya dengan sebiji kurma atau air putih. Paling baiknya sahur Sawiiq (dibuat dari tepung) dan kurma. Di dalam hadits dikatakan bahwa Allah dan para malaikat bershalawat untuk orag-orang yangmeminta ampun dan makan sahur di waktu sahar.

Rabu, 22 April 2020

'Amalan Ramadhan: Kelompok Ke dua (’amalan- 'amalan) yang dilakukan pada malam harinya


http://www.facebook.com/groups/210570692321068/doc/?id=231316323579838 by Sinar Agama (Notes) on Saturday, August 6, 2011 at 2:29am


Kelompok ke dua: Yang sunnah dikerjakan khusus di malam-malam bulan suci Ramadhan

(1). Berbuka. Disunnahkan makan buka setelah shalat kecuali kalau kondisinya sangat lemah atau ditunggu orang-orang.

(2). Berbuka dengan yang bersih dari haram dan syubhat (ragu-ragu antara halal dan haramnya) terutama kurma yang halal hingga bisa mendapatkan pahala shalatnya sebanyak empat ratus kali lipat. Baik juga kalau berbuka dengan yang mana saja dari kurma, kurma madhan (ruthab, kurma setengah matang), yang manis-manis (seperti halwa dan nabat/manisan), susu dan air panas (berbuka dengan yang manis ini -tidak hanya kurma- juga dilakukan imam makshum sebagaimana yang saya sendiri melihatnya, pent).

'Amalan-'amalan Ramadhan: Kelompok Pertama (’amalan-’amalan) yang dilakukan siang dan malam harinya


http://www.facebook.com/groups/210570692321068/doc/?id=231316000246537 by Sinar Agama (Notes) on Saturday, August 6, 2011 at 1:06am


اللهم صل علي ممد وآله الطاﻫرین


‘Amalan-‘amalan Bulan Suci Ramadhan

(dari kitab Mafaatiihu al-Jinaan)

‘Amalan-‘amalan ini terdiri dari 4 kelompok: Yang dilakukan (bisa) pada waktu siang dan malam; Yang dilakukan pada malam hari; Yang dilakukan pada waktu sahar; Yang dilakukan pada waktu sian hari (Tentu saja tidak perlu dipaksakan dan tidak harus kontinyu kecuali yang memang disuruh demikian, pent)

Selasa, 21 April 2020

Taqiyah (seri 5)


Oleh Ustad Sinar Agama http://www.facebook.com/groups/210570692321068/doc/?id=224763687568435 Oleh Anggelia Sulqani Zahra pada 28 Juli 2011 pukul 16:31


Indra Gunawan: Tentang ahlaq di atas fiqih. Mana yang harus di dahulukan ... Ketika kita mau shalat berjamaah di masjid sebaiknya shalat bertakiyah untuk menghindari pertanyaan atau cuek sesuai shalat syiah .. Ini contoh kecil saja.

Kebangkitan dan Perkembangan Ruh


Oleh Ustad Sinar Agama http://www.facebook.com/groups/210570692321068/doc/?id=224762420901895 Oleh Anggelia Sulqani Zahra pada 28 Juli 2011 pukul 16:24


Andri Herdiyanto: Salam, Ustadz, saya ingin bertanya.

Saya pernah mendapatkan penjelasan bahwa alam nonmateri bermanifestasi dalam alam materi. Misalnya, orang yang jiwanya sedang sedih, akan memanifestasikan kesedihannya itu pada fisiknya yang nampak pada wajah dan sikap tubuhnya. Di sisi lain, kebiasaan yang dilakukan oleh fisik akan berdampak pada jiwa. Misalnya, seseorang yang tidak suka membaca buku, dengan membiasakan diri akan memunculkan rasa sukapada jiwa orang tersebut sehingga akan memudahkannya untuk membaca buku yang tebal-tebal sekalipun. Pertanyaan saya;

1. Benarkah tujuan dalam melatih/membiasakan fisik melakukan kebaikan itu agar kita dapat mencapai suatu keadaan jiwa tertentu sehinggapada akhirnya justru keadaan jiwa itulah yang memanifestasikan perbuatan baik pada fisik kita?

2. Apakah dalam melakukan gerak menyempurnanya, seorang manusia perlu kepada 'rasa suka' itu sebagai bahan bakar/penggerak/motivator ataukah tidak? Ataukah hanya diperlukan di awalnya saja? Ataukah tidak perlu sama sekali? (mengingat ustadz menjelaskan bahwa untuk mencapai alam yang lebih tinggi kita harus meninggalkan rasa suka bahkan terhadap surga sekalipun)

Terima kasih.

Tauhid (bgn 3) : Setiap Satu Sebab Melahirkan Satu Akibat


Oleh Ustad Sinar Agama http://www.facebook.com/groups/210570692321068/doc/?id=224761994235271 Oleh Anggelia Sulqani Zahra pada 28 Juli 2011 pukul 16:23


Muna Zahro: Setiap satu sebab menghasilkan satu akibat, tapi pada realitasnya kok beragam ya? Jadi bingung sungguh? Gimana penyebab satu menghasilkan hal yang beragam.

Selasa, 14 April 2020

Ulasan Hadhrat Fathimah as


Oleh Ustad Sinar Agama http://www.facebook.com/groups/210570692321068/doc/?id=224759580902179 Oleh Anggelia Sulqani Zahra pada 28 Juli 2011 pukul 16:11


“Apa kan terjadi pada pencium tanah Ahmad. S’lama hidup tak perlu lagi wewangian hebat. Sungguh t’lah dituang padaku mala petaka. Kalau dituang pada siang kan jadi gulita.” (Hdh. Fathimah as.).

Sedikitnya 2 duka: (1) Ia ditinggal ayah. (2) Ayah ditinggal umat hingga: (a) dihalangi tulis wasiat dan mereka katakan “Apa pentingnya dia (nabi Muhammad saww), dia itu mengigau ” (Bukhari: 4431, dan lain-lain; Muslim: 3089 dan lain-lain) dan tidak dikubur 3 hari (semua sejarah Sunni).

Maulid Nabi ‘ Bid’ah atau Ibadah?


Oleh Ustad Sinar Agama http://www.facebook.com/groups/210570692321068/doc/?id=224761187568685 Oleh Anggelia Sulqani Zahra pada 28 Juli 2011 pukul 16:19


Maulid, bid’ah/ibadah? Kalau dikata sunnah/wajib, maka ia hukum baru dan bid’ah. Kalau dikata dianjurkan dan ibadah umum yang tidak diatur caranya, seperti kebaikan cari ilmu dangan cara SD, SMP, SMA, UNIV. kajian mingguan, bulletin, diskusi panel dan seterusnya, maka ia benar dan berpahala.

Shahih Muslim hadits ke: 4830, Nabi saww. bersabda: “Siapa yang mencipta hal baru yang baik, maka ia akan dapat pahalanya dan pahala orang-orang yang ikut tanpa menguranginya.

Minggu, 12 April 2020

Tanggungjawab Berwilayah (Imam)


Oleh Ustad Sinar Agama http://www.facebook.com/groups/210570692321068/doc/?id=224760597568744 Oleh Anggelia Sulqani Zahra pada 28 Juli 2011 pukul 16:16


Indra Gunawan: Salam ustadz .. Mau tanya, kalau dari sisi keadilan ilahiah bilamana risalah imamah tidak sampai ke seseorang maka dia akan masuk dalam golongan "orang-orang yang ditangguhkan", nah bagaimana kira-kira posisi orang yang sudah disampaikan risalah imamah kepadanya namun dia tetap tidak mengikutinya ?

Makna Penciptaan Jin dan Manusia


Oleh Ustad Sinar Agama http://www.facebook.com/groups/210570692321068/doc/?id=224760304235440 Oleh Anggelia Sulqani Zahra pada 28 Juli 2011 pukul 16:15


Herry Yuli Sunarno: Salam ustaz... langsung saja ya ustadz pertanyaan saya... tentang firman Allah swt : "Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku."(Qs. Adz Dzaariyaat : 56).. Mohon penjelasannya ya ustadz... syukron.

Semoga syafaat Muhammad dan keluarga sucinya senantiasa bersama antum dunia akhirat... ilahi amin. Allahumma shalli ala Muhammad wa aali Muhammad...

Jalan Lurus dalam Agama


Oleh Ustad Sinar Agama http://www.facebook.com/groups/210570692321068/doc/?id=224759807568823 Oleh Anggelia Sulqani Zahra pada 28 Juli 2011 pukul 16:12


1. Qur'an itu menyuruh kita taat pada pemimpin dari kalangan manusia sejak Rasul saww masih ada. Lihat QS:4:59. Di ayat ini Allah wajibkan umat Islam untuk taat pada pemimpin dari manusia(minkum). Oleh karenanya imam ini sudah harus ada sejak jaman Nabi saww, karena kalau tidak ada, berarti Tuhan seperti suruh kita masuk surga tapi tidak ada surganya, atau suruh kita puasa di bulan Ramadhan tapi tidak ada bulannya.

2. Imam ini harus maksum, karena taat yang didankan pada Rasul saww dan imam pada ayat tersebut adalah taat yang mutlak, bukan bersyarat. Dan taat mutlak ini tidak bisa terjadi kecuali yang ditaati benar secara mutlak juga.

Lagi pula tidak masuk akal Allah suruh kita taat pada orang yang salah manusia ber-bondong-bondong maksiat padaNya.

Wahyu


Oleh Ustad Sinar Agama http://www.facebook.com/groups/210570692321068/doc/?id=224714150906722 Oleh Anggelia Sulqani Zahra pada 28 Juli 2011 pukul 13:09


Wahyu adalah semacam bisikan Tuhan pada hambanya. Wahyu ini ada dua, ada yang sayaariat, ada yang ilmu biasa.

Wahyu yang untuk imam itu adalah wahyu ilmu yang, biasa dikenal di sunni dengan Ilham. QS: 16:68 Allah berwahyu pada Lebah. QS: 41:12 Allah berwahyu pada Langit.

QS:26:52 Allah berwahyu pada Ibu Musa as.

Makna Syafaat dan Bagaimana Mendapatkannya


Oleh ustad Sinar Agama http://www.facebook.com/groups/210570692321068/doc/?id=224713860906751 Oleh Anggelia Sulqani Zahra pada 28 Juli 2011 pukul 13:08


Tony Kohar: Salam ustadz..,

1. Apa arti & makna Syafa'at itu.. ?

2. Usaha-usaha apa yang harus kita lakukan untuk bisa mendapatkan syafa'at kelak di hari akhir..?

3. Adakah syarat-syarat untuk bisa mendapatkan syafa'at..?

4. Siapa & apakah yang dapat memberikan syafa'at itu...?

5. Kalau yang bisa memberikan syafa'at itu beberapa hal (dugaan saya, A, B, C, dan D misalnya), mungkinkah seseorang mempunyai satu hal (hanya memiliki B misalnya) bisa mendapatkan syafa'at di hari akhir kelak...?

6. Sering saya dengar bahwa setiap orang yang melakukan kesalahan, berucap "yaa.. manusia tidak sempurna hanya Allah swt yangsempurna", apa maksud pernyataan itu dan bagaimana seharusnya..(kalau pernyataan itu salah) ?

7. Bolehkah mencari nafkah dengan cara berdakwah..?

8. Bagaimana hikmahnya tentang Waria atau perempuan kelaki-lakian, atau laki-laki ke perempuanan..?

9. Bagaimana hikmahnya kalau seorang yang seperti tersebut di atas (angka 8) menjadi seorang pendakwah..? af1..pertanyaannya saya borong.. mohon pencerahannya... syukron..

Mut’ah (bagian 8)


Oleh Ustad Sinar Agama http://www.facebook.com/groups/210570692321068/doc/?id=224710724240398 Oleh Anggelia Sulqani Zahra pada 28 Juli 2011 pukul 12:58


Lilin Kecil: Salam ustad, mau tanya tentang nikah mut'ah. Bagaimana hukum minta izin orang tua, jika perempuan tersebut sudah kerja hampir sebulan & dia akan terima gaji tiap bulan. Tetapi dia masih tinggal di rumah ibunya dan pernah saya tanya ke dia kalo dia masih diberi uang sama ibunya (ayahnya sudah meninggal)? Maaf ustad dan mungkin dia masih diberi makan oleh ibunya karena dia belum gaji pertama karena belum cukup sebulan kerjanya. Saya tidak tahu kalau dia sudah terima gaji dan tiap bulannya akan terima apakah dia masih diberi makan atau tidak untuk kesehariannya oleh ibunya dan saya juga tidak tahu apakah dia masih diberi uang untuk biaya kesehariannya oleh ibunya.

Senin, 16 Maret 2020

Puasa Dalam Keadaan Safar


Oleh Ustad Sinar Agama http://www.facebook.com/groups/210570692321068/doc/?id=224710250907112 Oleh Anggelia Sulqani Zahra pada 28 Juli 2011 pukul 12:57


Dadan Gochir: Salam ustad, semoga ustad sehat-sehat saja, saya mohon penjelasan sekelumit puasa dalam keadaan safar?

Taqiyah (seri 4)


Oleh Ustad Sinar Agama http://www.facebook.com/groups/210570692321068/doc/?id=224709544240516 Oleh Anggelia Sulqani Zahra pada 28 Juli 2011 pukul 12:55


Sabara Putra Borneo: Salam. Afwan ustad mau nanya, apakah taqiyah hanya berlaku pada saat kita dalam keadaan terancam (nyawa dan harta) saja? Lalu bagaimana dengan hadis Imam Ja'far yang mengatakan bahwa taqiyah adalah agamaku dan agama bapak-bapakku?

Mutah (bgn 7) : Cara Menikah Bagi Wanita Gadis yang Tidak Memiliki Wali


Oleh Ustad Sinar Agama http://www.facebook.com/groups/210570692321068/doc/?id=224699520908185 Oleh Anggelia Sulqani Zahra pada 28 Juli 2011 pukul 12:27


Vito Balataw: Salam, afwan ustad ada hal-hal yang ingin ana tanyakan (pertanyaan ini ada di catatan antum berjudul : Mut'ah dan filsafatnya serta liku-likunya (seperti apakah sunnahnya bisa bertahan ditekan hukum wajib yang melawannya?) tapi karena belum dijawab jadi ana coba posting di wall antum), afwan kalau pernah ditanyakan oleh ikhwan/akhwat yang lain, pertanyaannya sebagai berikut :

1. Ketika Wali (ayah/kakek) sudah meninggal, hak wali jatuh kepada siapa ?

2. Untuk kondisi di Indonesia, secara umum madzhab syiah masih sering kali dipahami salah oleh masyarakat, ada kemungkinan besar ketika seseorang (ikhwan) mau melakukan nikah mut'ah dengan anak gadis (bukan janda) yang orang tuanya bukan bermadzhab syiah, akan mengalami kesulitan dalam hal ijin ke wali. Bagaimana dengan kondisi yang seperti ini ?

3. Untuk wanita non islam (kitabi), apakan ijin wali juga mutlak ? Mengingat akan sulitnya proses penyampaian maksud nikah mut'ah tersebut kepada wali.

Waktu Buka Puasa


Oleh Ustad Sinar Agama http://www.facebook.com/groups/210570692321068/doc/?id=224696444241826 Oleh Anggelia Sulqani Zahra pada 28 Juli 2011 pukul 12:17

Irsavone Sabit: Nanya ustad, kalau wilayah sulawesi jam berapa harus buka puasa? Apakah buka puasanya setelah shalat atau sebelum?

Dialog : Konsep Imamah, Keghaiban dan Kemunculan Imam Mahdi as.


Oleh: Agoest D. Irawan, Ustad Sinar Agama dan M Eshraq A Latif. http://www.facebook.com/groups/210570692321068?view=doc&id=223782807666523 Oleh Anggelia Sulqani Zahra pada 26 Juli 2011 pukul 16:21


Agoest D. Irawan: Salam, afwan Ustadz SA. Saya mengundang ikhwan M Eshraq A Latif dalam forum ini untuk bersama-sama bedikusi tentang Wilayatul Faqih. Motifnya adalah M Eshraq A Latif meyakini (koreksi bila salah) adanya utusan Imam Mahdi (ajfs) yang berasal dari Yaman yakni Imam Ahmad Al-Hasan (Yamani). Tujuan dari share nanti bukan semata-mata benar-salah namun ma’rifah yang lebih atas berbagai hal-hal lain yang terkait (WF, dan lain-lain). Mohon berkenan share tentang hal ini.

Berikut ini saya cuplikkan hujah dari M Eshraq A Latif yang juga merupakan dasar dari para pengikut / yang meyakini kebenaran Imam Ahmad Al-Hasan (dalam situsnya http://the-savior.com/) yakni sebuah wasiat yang ditinggalkan oleh Nabi Muhammad SAWA yang disabdakan kepada Imam Ali Ibn Abi Talib a.s di malam sebelum kewafatan baginda SAWA :

Jumat, 28 Februari 2020

Kisah Diskusiku Tentang The Genitic God


http://www.facebook.com/groups/210570692321068?view=doc&id=223774151000722 by Sinar Agama (Notes) on Tuesday, January 11, 2011 at 10:32pm


Kisahku ini bermula dari, ketertarikanku pada Tuhan Genitic yang tertulis di sebuah status yang, isinya menceriterakan tentang sebuah buku. Setalah itu aku mengomentarinya, dan mengomentari komentar-komentar yang masuk, sampai akhirnya tidak tersedia lagi ruang kolom komentar buatku. Karena mungkin sudah penuh kali atau diblok?! Nah, karena banyak teman- teman yang menunggu tuntasnya diskusi itu, maka kupikir ada baiknya, kalau kuteruskan di catatanku saja, karena sepertinya di tempatku kolom komentarnya tidak terbatas, he he he. Nah, saya akan mulai dengan mengulangi bacaanku tentang status itu lalu, aku akan nukil komentarku dan komentar-komentar teman-teman lainnya yang bagiku menarik atau setidaknya yang ingin kucopas disini. Karenanya yang tidak kecopas bukan berarti tidak menarik, tapi pasti karena hal lain yang sudah tentu beralasan positif relatif. Nah, kumulai ceritaku dengan membaca status berikut ini:

Minggu, 23 Februari 2020

Tauhid (Bagian 2) : Sifat Dzat dan Sifat Perbuatan Allah


Oleh Ustad Sinar Agama http://www.facebook.com/groups/210570692321068?view=doc&id=223765934334877 Oleh Anggelia Sulqani Zahra pada 26 Juli 2011 pukul 15:07


Muhajir Basir: Sejak kemarin saya mencari status ini di saat yang kedua kalinya ingin kembali membacanya sekaligus memberi komentar tidak muncul di beranda saya, yang akhirnya membuat saya menuliskan komentar itu di salah satu catatan habib Muhsin dengan maksud selain ingin berbagi...,  juga untuk merefleksikan kembali pemahman filsafat saya yang sudah mulai punah, & alhamdulillah status ini sekarang muncul (semua akan memberi hikmah kebaikan sekiranya kita ingin mengambil pelajaran darinya)...

Dengan menyimak seluruh komentar di status ini khususnya komentar Ustadz Sinar Agama menuntun akal saya menyimpulkan sejumlah hal sekaligus ingin menanyakan sejumlah hal ini.

Tauhid (Bagian 1): Apakah Tuhan dibatasi hukum kausalitas ?


Oleh Ustad Sinar Agama http://www.facebook.com/groups/210570692321068?view=doc&id=223765751001562 Oleh Anggelia Sulqani Zahra pada 26 Juli 2011 pukul 15:06


(1) Definisi atau Pengertian Hukum Kausalitas. Apa yang dimaksud dengan kausalitas? Kalau maksudnya adalah «Setiap yang terbatas memiliki sebab", maka jelas sekali Tuhan tidak terikat dengan hukum ini. Karena Tuhan Tidaklah Terbatas.

(2) Kalau maksudnya «Setiap yang ada memiliiki sebab", maka pernyataan ini salah dari asalnya. Karena pernyataan ini muncul dari orang yang tidak memahami filsafat. Karena keperluan kepada sebab itu bukan dari konsekuensi «wujud" itu sendiri, tapi dari konsekuensi «keterbatasan".

(3) Kalau yang dimaksud hukum kausalitas adalah «Sesuatu itu kalau bukan akibat maka ia sebab atau sebab dan akibat". Maksudnya, bisa saja sesuatu itu adalah sebab saja, seperti Tuhan, atau akibat saja seperti akibat terakhir, atau sebab dan akibat seperti wujud-wujud yang ada di tengah-tengah antara wujud Tuhan dan akibat terakhir (kiamat), seperti kita-kita dan alam lingkungan ini. Maka, maksud ini bisa dikatakan tidak umum. Artinya tidak umum dimaksudkan oleh penyata yang menyatakan «kausalitas". Ini yang pertama dari no 3 ini.

Ke dua, baik dari maksud pertama atau ke dua dan ke tiga ini, yakni «hukum kausa" atau «kausalitas" ini, adalah termasuk pahaman intiza'i akli. Yakni suatu pahaman yang diambil oleh akal yang tidak berasal dari esensi atau «ma huwi".

Sabtu, 22 Februari 2020

Logika (bgn 8) Wujud Akal Mewujud Diluar Akal


Oleh Ustad Sinar Agama http://www.facebook.com/groups/210570692321068?view=doc&id=223765007668303 Oleh Anggelia Sulqani Zahra pada 26 Juli 2011 pukul 15:04



Muhammad Yusuf S Tarigan: Ustadz, bagaimana dengan wujud akal mewujud di luar akal, apakah seperti penggambaran, atau penangkapan, atau cerminan, atau seperti apa??? Ustadz, dan saya juga mohon doanya, juga saya berharap berkah dari setiap tulisan di status ini, dan keikhlasan semua..

Hidayah Takwiniyyah-Tasyri'iyyah, Fungsi Akal, Akal Gamblang dan Sitiran Terhadap Pluralisme


Tanya-jawab: Al Louna dan Sinar Agama http://www.facebook.com/groups/210570692321068?view=doc&id=223765007668303 Oleh Anggelia Sulqani Zahra pada 26 Juli 2011 pukul 15:03


Al Louna: Salam ustadz, tolong jelaskan tentang hidayah:

1. Takwiniah (langsung dari allah).

2. Tashri'ayah (tidak langsung).

Lalu apa perbedaan hidayah dan mu'zizat?..

Mut’ah (bgn 6)


Oleh Ustad Sinar Agama http://www.facebook.com/groups/210570692321068?view=doc&id=223764617668342 Oleh Anggelia Sulqani Zahra pada 26 Juli 2011 pukul 15:01


Wawan Mencari Yang Benar: Salam ustad... saya mau bertanya masalah nikah mut'ah...

1. Apa hukumnya nikah mut'ah..?

2. Wajibkah dikerjakan..?

3. Apa syarat yang harus dipenuhi..?

4. Apa kita yang telah berkeluarga, mustikah izin dengan istri..?

5. Wanita-wanita apa saja yang dibolehkan juga yang dilarang..?

6. Apa musti kita selesaikan fiqih keluarga dulu baru boleh nikah mut'ah..? Terima kasih ustad....

Jumat, 21 Februari 2020

Taqiah (seri 3)


oleh Ustad Sinar Agama http://www.facebook.com/groups/210570692321068?view=doc&id=223764134335057 Oleh Anggelia Sulqani Zahra pada 26 Juli 2011 pukul 14:59


Sinar Agama: Taqiah: Taqiah itu dikatakan taqiah kalau memenuhi syaratnya yang 4 atau 5. Tapi kalau tidak, maka maksiat dan munafik. Syarat yang 4 adalah, takut dibunuh, dipukuli, keluarnya diperkosa dan diambil harta kehidupannya. Kalau taqlid ke Rahbar hf bisa untuk persatuan (Tentu kalau sudah diketahui syi’ah dan ibadahnya juga dengan cara syi’ah). Taqiah yang benar dalam puasa, menyebabkan tidak dosa, tapi tetap wajib diqodho. Tapi kalau tidak benar, maka juga wajib bayar kaffarah.

Bande Huseini: Kalau masyarakat belum mengetahui kita syi‘ah terus takiyah dengan alasan persatuan berarti takiyahnya bathil ustaz.. Afwan.

Amalan-amalan Wanita Hamil


Oleh Ustad Sinar Agama http://www.facebook.com/groups/210570692321068?view=doc&id=223763857668418 Oleh Anggelia Sulqani Zahra pada 26 Juli 2011 pukul 14:58


Muna Zahro: Salam ustad amalan-amalan apa saja yang harus dilakukan secara rutin bagi orang yang sedang hamil ?

Kamis, 06 Februari 2020

Shiratu Al-Mustaqim/ Jalan-lurus


Seri tanya-jawab: Al-Louana dan Sinar Agama http://www.facebook.com/groups/210570692321068?view=doc&id=223763604335110 by Sinar Agama (Notes) on Sunday, July 24, 2011 at 6:10am


Al Louna: Afwan ustadz, satu pertanyaan lagi; Tolong jelaskan dalil universal Shirat Al-Mustaqim?

Sinar Agama: Salam dan terimakasih pertanyaannya.
Allah berfirman bahwa jalan lurus itu memiliki 3 kriteria:

(1). Jalannya orang-orang yang diberi nikmat:

ِصَراَطالَِّذيَنأَنـَْعْم َت َعلَْيِهْم

Di ayat yang lain (QS: 4: 69) Tuhan menerangkan tentang orang-orang yang diberi nikmat itu:


َوَمْنيُِطِعاللَّهََوالَّرُسوَلفَأُولَئَِكَمَعالَِّذيَنأَنـَْعَماللَّهَُعلَْيِهْمِمَنالنَّبِيِّيَنَوالِّصِّديِقيَنَوالُّشَهَداِءَوالَّصالِِحيَنَوَحُسَن أُولَئِ َك َرفِيًقا

"Dan barang siapa yang menaati Allah dan Rasul, maka mereka bersama orang-orang yang diberi nikmat ke atas mereka, yaitu para nabi, shiddiqiin, syahid dan orang-orang shalih. Dan mereka adalah sebaik-baik teman."

Ini kriteria pertama Jalan Lurus. 

Kamis pukul 0:47 · Suka

Hukum Lalai Memberikan Mahar


Oleh: Ustad Sinar Agama http://www.facebook.com/groups/210570692321068?view=doc&id=222390617805742 Oleh Anggelia Sulqani Zahra pada 23 Juli 2011 pukul 15:04


Adlh Murid Sejati: Salam ustad.... mau tanya... jika seorang laki-laki lalai dalam memberikan mahar apa hukumannya ustad?

Sinar Agama: Salam dan terimakasih pertanyaannya: Jelas haram kalau ia tidak memberikan maharnya. Tetapi kalau menunda, maka dilihat, apakah memang tidak mampu, atau istrinya memaafkan. Kalau tidak mampu maka tidak dosa, dan begitu pula kalau mampu tetapi istrinya masih memaafkan.

Adlh Murid Sejati: Tapi jika dia tidak mampu dan tidak memberi tahu istri hingga istri menunggu terus bagaimana ustad? Lalu jika kasus ini dalam pernikahan mut’ah bagaimana ustad?

Mandi Besar


seri tanya jawab Hidayatul Ilahi dengan Sinar Agama http://www.facebook.com/groups/210570692321068?view=doc&id=222328041145333 by Sinar Agama (Notes) on Friday, March 22, 2013 at 11:00pm


Hidayatul Ilahi mengirim ke Sinar Agama: Salam ustadz, mohon keterangan serinci-rincinya fatwa rahbar hf tentang mandi junub, syukran wa afwan.

Selasa, 04 Februari 2020

Waktu-Waktu Diharamkan Puasa Sunnah


Oleh: Ustad Sinar Agama http://www.facebook.com/groups/210570692321068?view=doc&id=222327324478738 Oleh Anggelia Sulqani Zahra pada 23 Juli 2011 pukul 11:17


Al Louna: Salam ustadz, louna mau tanya, apa ada hari atau bulan tertentu yang kita di haramkan menjalankan puasa sunnah, selain ramadhantentunya?