Kamis, 20 Agustus 2020

Sikap Penganut Perbedaan Mazhab


Oleh Ustadz Sinar Agama http://www.facebook.com/groups/210570692321068/doc/257405004304303/ Oleh Anggelia Sulqani Zahra pada 5 Oktober 2011 pukul 11:51


Sang Pecinta: Mau nanya lagi nih ustadz, hehe, maklum anak kemaren sore..Ustadz saya dulu penganut Sunni, sering/hampir selalu sholat berjamaah. Semenjak saya hijrah ke AB, saya tidak lagi sholat berjamaah di mesjid, di komplek saya perbedaan mazhab sebagai barang yang tabu. Oleh karena saya tidak ke mesjid lagi, tetangga banyak yang bertanya tentang saya k ortu. Dan banyak yang menggosipkan miring tentang saya, apakah yang sebaiknya saya lakukan? Terimakasih.

Sinar Agama: Salam dan terimakasih pertanyaannya:

(1). Kalau antum tahan dengan gosip itu dalam arti tetap bersantun dan ceria serta tetap menghormati mereka dan mengasihani karena ketidaktahuan mereka itu, dan antum merasa lelah kalau harus shalat dua kali, maka biarkan saja mereka melakukan ghosip itu dan maafkan dalam hati.

(2). Tetapi kalau antuk tidak tahan dan tidak enak, maka sesekali shalatlah dengan mereka tetapi shalat lagi di rumah.

(3). Kalau shalatnya bisa dilakukan tanpa taqiyah kecuali jama’ahnya, maka berjama’ahlah dengan mereka tanpa ragu-ragu asal tidak dengan taqiyah dalam semua cara-cara shalatnya. Karena hal tersebut dengan alasan fikihnya yang berkata taqiyyah untuk persatuan.

Pertanyaan antum itu sebanyak apapun, asal memang diperlukan, maka wajib ditanyakan. Karena itu, tidak perlu sungkan karena itu kewajiban dan tidak usah perdulikan aku rela atau tidak, karena itu sudah kewajiban antum. Kalau antum sudi, doakan aku supaya selalu dapat melayani antum dan temen-teman yang lain dengan profesional (sesuai dengan nilai-nilai kebenaran ilmiahnya bukan sekedar dakwaan kosong) dan dengan ikhlash dan, dapat diterima oleh Allah swt. Terimakasih atas semua kepercayaannya, doanya dan baik sangkanya.

Wassalam.


Chi Sakuradandelion dan 6 orang lainnya menyukai ini.

Khommar Rudinاللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وآلِ مُحَمَّدٍ


26 Mei 2014 pukul 19:06 · Suka



اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وآلِ مُحَمَّدٍ وعَجِّلْ فَرَجَهُمْ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar