Jumat, 02 Oktober 2020

Jahr Dan Sirr Dalam Qunut


oleh Ustadz Sinar Agama http://www.facebook.com/groups/210570692321068/doc/268684959842974/ Oleh Anggelia Sulqani Zahra pada 30 Oktober 2011 pukul 16:36


Pramudya Yanuanto: Assalamu alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu...

Saya ingin bertanya tentang bacaan qunut. Adakah bacaan yang dibaca pada saat shalat tertentu, dan apakah jahr dan sirrnya mengikuti jahr/sirr nya shalat atau selalu sir?

Kalau bisa contoh beberapa variasi qunut. Syukron...

Sinar Agama: Salam dan terimakasih pertanyaannya.

(1). Qunut di syi’ah itu bebas-bebas saja, kecuali pada shalat ied yang dianjurkan membaca yang diriwayatkan. Tapi kalau untuk shalat sehari-hari, maka bebas-babas saja dan justru dianjurkan meminta hajatnya masing-masing, tentu setelah bershalawat pada Nabi saww dan Ahlulbait.

(2). Yang dibahas dalam fikih shalat tentang jahr atau tidaknya itu, hanyalah di bacaan fatihah dan surat pada rokaat pertama dan ke dua saja. Jadi, yang lainnya bebas-bebas saja. Sudah tentu bagi wanita, maka kalau didengar oleh lelaki yang bukan muhrim, maka wajib mesirrikan bacaaannya (bacaan dengan suara nafas saja).

Peringatan: Ingat apapun yang boleh/wajib sirri itu, yang biasa dikenal dengan ikhfat, adalah bacaan yang disertai dengan desakan nafas, seperti orang terengah habis lari cepat. Jadi, disamping tidak boleh ada suara walau pelan sekali (untuk fatihah dan surat pada rokaat pertama pada shalat siang hari), ia juga tidak boleh hanya komat-kamit tanpa suara nafas sama sekali.

3 orang menyukai ini.



اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وآلِ مُحَمَّدٍ وعَجِّلْ فَرَجَهُمْ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar