Sabtu, 19 Juni 2021

Yang Mana Harus didahulukan Belajar Aqidah, Akhlak, Atau Fikih


Oleh Ustadz Sinar Agama http://www.facebook.com/groups/210570692321068/doc/326174667427336/ Oleh Anggelia Sulqani Zahra pada 4 Februari 2012 pukul 23:25


Jack Marshal: Ustadz, saya punya teman yang tidak pernah belajar dan mengamalkan agama dari kecil, setelah menikah dia sering tanya masalah aqidah, akhlaq maupun fikih sama saya, saya jawab menurut NU karena saya belajarnya dulu NU, sekarang saya tertarik belajar sama ustad, apakah harus saya sampaikan ke kawan saya yang dari ustadz. Mana yang lebih didahulukan belajar aqidah, akhlak, apa fikih. Terimakasih.

Sinar Agama: Salam dan terimakasih pertanyaannya:

(1). Biasanya untuk berdakwah itu, harus mendahulukan akidah. Tetapi kalau memang sudah beriman, maka bisa dikesampingkan, walaupun keimanannya masih banyak salahnya. Jadi, yang penting dia sudah beriman pada Tuhan dan Nabi saww dulu.

(2). Jadi yang disampaikan padanya, terlebih dahulu adalah, mengapa Tuhan itu menurunkan agama. Jadi, masuknya lewat filsafat agama.

(3). Saya menjelaskan ini karena saya memahami dari pertanyaan antum itu bahwa ia muslim tetapi tidak pernah beramal Islam.

(4). Kalau benar, maka saya akan teruskan. Bahwa setelah memahamkan filsafat agama, yakni mengapa Tuhan menurunkan agama dan untuk apa, maka diteruskan pada konsekwensinya, yakni apa konsekwensi kita dalam menghadapi agama itu.

(5). Setelah ia yakin bahwa Tuhan memang seyogyanya menurunkan agama, untuk mengatur manusia dengan dirinya, dengan manusia lainnya, dengan alam lingkungannya, dengan Tuhannya, dengan akhiratnya ....dan seterusnya. maka sudah bukan lagi bahwa agama itu sebagai tugas bagi kita sebenarnya, akan tetapi bahkan kasih sayang Tuhan bagi kita manusia. Jadi, agama bukan lagi suatu tugas dariNya, tetapi kasih sayang dariNya. Karena kalau tidak, maka kita akan saling menjajah, menjarah, membunuh, menjajah, dan seterusnya seperti kehidupan binatang yang tidak berbudaya dan tidak menjadi makhluk atau wujud mulia. 

(6). Setelah itu, barulah diajari fikih dan lain-lainnya, termasuk memperdalam lagi akidahnya. Wassalam.

Ammar Dalil Gisting dan Rahman Gajali menyukai ini.



اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وآلِ مُحَمَّدٍ وعَجِّلْ فَرَجَهُمْ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar