Selasa, 22 September 2020

Bani Tamim Dalam Hadith Riwayat Bukhari dan Muslim


Oleh Ustadz Sinar Agama http://www.facebook.com/groups/210570692321068/doc/269571366421000/ Oleh Anggelia Sulqani Zahra pada 1 November 2011 pukul 18:33


Aep Fadhlurrahman: Salam Ustadz.

“Bahwa mereka (yaitu Bani Tamim) adalah umatku yang terkuat dalam menentang Dajjal.” (HR. Bukhari no. 2405, Muslim no. 2525) Ada yang menyimpulkan berarti Syaikh Muhammad Bin Abdul Wahhab di atas KEBENARAN kerena beliau dari BANI TAMIM. Apakah benar yang dimaksud “mereka” dalam hadist tersebut adalah Bani Tamim?

Terimakasih sebelumnya.

Sinar Agama: Salam dan terimakasih petanyaannya:

(1). Sebenarnya dalam kitab-kitab hadits, tafsir dan sejarah, ada pembahasan tentang Bani Tamim dan Khawarij.

(2). Hadits-hadits yang umum tentang Bani Tamim ini dimulai sejak jaman Nabi saww yang tidak sopan kepada beliau seperti berteriak memanggil Nabi saww dari luar pintu rumah Nabi saww, atau mengatakan: "Ya Rasulullah, bagilah dengan adil!”. Sampai membuat Rasulullah saww marah, dan Umar minta ijin untuk membunuhnya. Tapi Nabi saww tidak mengjjinkan dan berkata tentang keturunan mereka nanti setelah itu sampai akhir jaman.

(3). Terlalu banyak sejarah, hadits dan sebab nuzul yang menerangkan tentang Bani Tamim ini. 

(4). Salah satu yang terkenal dari hadits-hadits itu adalah bahwa mereka itu berlagak dan berpenampilan takwa, zuhud sok Qur'ani, akan tetapi keluar dari nilai-nilai takwa dan Qur'an itu. Sampai-sampai di shahih Bukhari dikatakan bahwa mereka itu mengambil ayat-ayat yang turun untuk orang kafir lalu diterapkannya untuk mukmin.

(5). Dan kelompok Khawarij yang terkenal di jaman Shahabat itu, kebanyakannya dari Bani Tami mini. Semua sejarah sunni atau syi’ah menyatakan ini karena memang kenyataannya seperti itu.

(6). Khawarij-khawarij itu, benar seperti yang sudah diprediksikan Nabi saww. Sifat-sifat mereka seperti itu.

(7). Dan Khawarij akhir jaman itu adalah wahabiah tersebut. Karena mereka persis seperti itu, seperti tidak membaca Qur'an kecuali hanya sampai di ternggorokannya; sok berpenampilan takwa dengan celana anti banjirnya dan jidat hitamnya; menghalalkan darah muslimin; mengambil ayat yang turun untuk kafirin dan diterapkan kepada muslimin; mendosakan membunuh binatang kecil dan mungkin dikatakan masuk neraka tapi menghalalkan darah muslimin dan mengatakan bisa masuk surga kalau membunuh muslimin dengan alasan syirik dan semacamnya; dan seterusnya. Karena itu Nabi saww di Madinah pernah menunjuk ke arah Najd dan berkata dari sanalah akan muncul tanduk syethan. Di hadits lain mengatakan akan muncul fitnah.

(8). Nah, dari semua penjelasan itu, yakni tentang Bani Tamim dan Khawarij itu, ada satu hadits yang semua ulama mengatakan aneh, yang dikeluarkan oleh Abu Hurairah yang mengatakan bahwa Nabi saww mengatakan kebalikan dari semua hadits-hadits tersebut di atas dan mengatakan bahwa Nabi saww mengatakan seperti yang antum nukil itu.

(9). Para ulama sudah tentu menyadari hadits buatan Abu Hurairah itu, karena Abu Hurairah termasuk yang memusuhi imam Ali as. Karena itu, ia berusaha untuk menutupi keburukan Bani Tamim dan Khawarij ini supaya pembunuhan terhadap imam Ali as oleh Bani Tamim/ Khawarij ini, tidak nampak salah, setidaknya ingin mengurangi ucapan-ucapan imam Ali as tentang keburukan Bani Tamim dan Khawarij ini walaupun semua yang diucapkan imam Ali as itu bersumber dari Nabi saww dan sampai sekarangpun hadits-hadits itu berserakan di kitab- kitab hadits, tafsir dan sejarah sunni.

Wassalam.


Agoest Irawan, Rief Sy dan 5 orang lainnya menyukai ini.



اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وآلِ مُحَمَّدٍ وعَجِّلْ فَرَجَهُمْ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar