Rabu, 02 September 2020

Metode Mengenal Tuhan


Oleh Ustadz Sinar Agama http://www.facebook.com/groups/210570692321068/doc/272667122778091/ Oleh Anggelia Sulqani Zahra pada 8 November 2011 pukul 17:31


Fatimah Zahra: Salam ustadz yang kita cintai. Apakah benar akidah syiah itu berdiri di atas 5 perkara, yakni: Tauhid, Keadilan Ilahi, Nubuwah, Imamah dan Ma’ad? Apakah hanya dengan metode filsafat orang bisa mempelajari ini? Bagaimana dengan orang-orang yang mengenal syiah melalui sejarah tanpa mempelajari Tauhid? Bukankah secara jelas-jelas Tuhan katakan, awal beragama kenali Tuhan-mu?

Sinar Agama: Salam dan terimakasih pertanyaannya.

(1). Dengan cara apapun, ketika orang mengimani Tuhan, Nabi saww dan para imam maksum as, maka ia adalah syi’ah.

(2). Akan tetapi untuk kesempurnaannya, maka harus meningkatkannya dengan mempelajari kelima dasar agama di atas itu: Tauhid, Adilnya Tuhan, Kenabian, keimamahan dan hari akhirat.

(3). Apakah ia mengimani semua itu dengan cara taklid, mengikuti orang tua, atau mengikuti sejarah atau apa saja.

(4). Dasar agama adalah yang mana kalau seseorang belum mengimaninya dengan benar, maka ia tidak akan mengamalkan agama atau kalau mengamalkannya, maka tidak dengan penuh keyakinan dan kemantapan. Jadi, dasar agama ini pengertiannya beda dengan rukun Iman yang di sunni itu.

(5). Mengimani yang lima itu, karena harus dari Tuhan, maka harus dengan akal. Tidak cukup dengan taklid, baik taklid pada Tuhan sendiri (Qur-an) atau pada Nabi saww atau para imam as, atau apalagi orang tua dan guru-guru agama. Jadi, mengimani Tuhan harus dengan dalil akalnya. Karena ini adalah pengenalannya yang pertama.

(6). Setelah mantap dengan Tuhan, Esa, Adil ...dan seterusnya. Maka harus melacak masalah kenabian yang juga dengan akalnya. Baru setelah kenabian inilah orang bisa menggunakan Qur-an untuk dijadikan dalil dalam masalah-masalah fikih atau apa saja yang juga dipahami dengan akalnya. Karena itulah tidak mesti kepahaman seseorang akan Qur-an itu, sudah pasti Qur'an.Rinciannya, lihat kitab-kitab atau catatan-catatan yang sudah disediakan. Terutama yang berjudul Pokok-pokok dan Ringkasan Ajaran Syi’ah.



اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وآلِ مُحَمَّدٍ وعَجِّلْ فَرَجَهُمْ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar