Senin, 04 Mei 2020

Dasar-dasar Pendidikan Anak Kecil


seri tanya-jawab: Erna Maruf-Denmark dan Sinar Agama http://www.facebook.com/groups/210570692321068/doc/?id=231331383578332 by Sinar Agama (Notes) on Tuesday, August 9, 2011 at 6:10am

Erna Maruf: Salam. Ustadz dasar-dasar pengenalan AB apa saja yang penting untuk dikenalkan dan diajarkan kpd anak-anak usia 10 dan 12thn? Karena kami jauh dari Indonesia, apakah ustadz tahu situs website yang menyediakan informasi itu? Syukran.
Sinar Agama: Salam dan terimakasih pertanyaannya:

Yang penting diajarkan kepada anak-anak adalah keimanan pada: Tuhan; Adil Tuhan; kenabian; keimamahan dan akhirat. Tapi dengan dalil-dalil yang sesuai dengan kemampuan anak.

Begitu pula tanamkan keimanan dan ketawadhuan pada Qur'an. Bacakan ayat-ayat dan ter- jemahannya. Karena Qur'an ini sering menjadi kunci semua kejumudan dan kesombongan yang, banyak sekali ditinggalkan oleh aktifis Islam sekalipun. Karena itu para aktifis itu sering melihat Qur'an dikala perlu saja dan, biasanya dipersepsikan kepada makna yang ia inginkan.

Kalau anaknya perempuan, bagus juga membacakannya kalimat-kalimat hdh Faathimah as dan terjemahannya.

Sering-sering juga dikenalkan dengan Nahjul Balaghah dan Hadits-hadits lainnya.

Pilih topik-topik yang menarik untuk anak-anak. Karena tujuan awalnya hanyalah ingin menanamkan pada sang anak itu rasa cinta dan tunduk serta patuh pada yang disebutkan di atas itu.

Sebenarnya kamu tinggal dimana, kalau saya boleh tahu?

Tujuan saya menulis di atas itu bukan membuat anak jadi alim. Itu nomer dua. Yang pertama adalah yang sudah kusebut di atas barusan itu. Karena banyak orang Islam, atau bahkan aktifisnya, tidak memiliki ketundukkan dan ketawadhuan kepada yang disebut itu. Dan, sering mereka melihat hal-hal itu ketika perlu dan kepepet masalah dan, itupun dengan persepsi mereka sendiri. Jadi, seakan-akan mereka tidak perlu kalau tidak merasa perlu karena mereka sudah merasa mampu, na'udzubillah.

Erna Maruf: Kami tinggal di denmark ustadz.

Erna Maruf: Alhamdulillah anak2 (anak-anak) bisa baca quran walau msh terbata2. (masih terbata-bata)Sy (Saya)tdk ( tidak ) lahir dr keluarga AB, sy (saya) pindah sendiri.

Sinar Agama: Erna: Senang mendengarnya. Pintu fb-ku ini selalu terbuka untukmu dan teman- teman lainnya.Doaku yang dina ini menyertaimu ... semoga selalu di jalanNya dan sehat serta tak kurang suatu apapun .. amin... Wassalam



اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وآلِ مُحَمَّدٍ وعَجِّلْ فَرَجَهُمْ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar