Rabu, 13 Mei 2020

Cara Mengetahui Orang Jujur


Oleh Ustad Sinar Agama http://www.facebook.com/groups/210570692321068/doc/231834366861367/ Oleh Anggelia Sulqani Zahra pada 12 Agustus 2011 pukul 5:56

Denok Saja: Assalamu'alaikum Ustadz...

Maaf Ustadz, mau bertanya,bagaimana kira-kira cara mengetahui jujur tidaknya seseorang yang berada di sekitar kita, secara Islam tentu saja..agar hati terhindar dari sifat suudzon..Terimakasih sebelumnya..
Sinar Agama: Salam terimakasih pertanyannya:

(1). Ingin tahu orang jujur dan menghindari buruk sangka itu berbeda bahasan.

(2). Kalau ingin tahu orang itu jujur atau tidak, maka lihat saja obyek infonya itu. Kalau benar, maka jujur, kalau tidak maka sebaliknya. Tetapi kalau ragu karena tidak tahu obyeknya, maka tidak mempercayainya juga tidak masalah. Tetapi kalau dia memang biasa jujur, maka layak mempercayainya. Tetapi kalaulah kita tidak tahu keselaluan jujurnya, dan tidak tahu obyeknya untuk mencocokkannya, tetap saja hati kita tidak boleh memastikan ia bohong. Bisa saja benar, bisa saja salah. Kalau salah bisa saja tidak sengaja dan bisa saja bohong.

(3). Untuk menghindari buruk sangka, maka sebenarnya buruk sangka tidak wajib dihindari. Buruk sangka yang haram itu adalah sebagiannya saja, bukan semuanya. Yaitu yang tidak memiliki tanda-tanda kebohongan, tetapi menyangkanya berbohong. Tetapi kalau punya tanda-tanda akliahnya, asal tidak dipastikan, maka sangka buruk dalam hal ini tidak haram. Memang kalau dipastikan, maka bisa menjadi haram.

Nah, untuk menghindari buruk sangka yang haram adalah, jangan buruk sangka manakala tidak ada tanda-tandanya. Tetapi bukan berarti mempercayainya, tidak demikian. Karena percaya itu kan perlu dalil. Jadi, kita boleh tidak percaya kepada yang tidak ada tanda-tanda kebohongannya itu, tetapi tidak boleh buruk sangka kepadanya.

Tetapi kalau orangnya memang jujur atau apalagi penjujur, maka secara agama dan akal, menyuruh kita mempercayainya.

Chi Sakuradandelion, Muhammad Wahid, Khommar Rudin dan 7 lainnya menyukai ini.

Khommar Rudin: Allah humma shalli alla muhammad wa alli muhammad

2 Januari 2013 pukul 14:55 · Suka



اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وآلِ مُحَمَّدٍ وعَجِّلْ فَرَجَهُمْ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar