Jumat, 03 Juli 2020

Penjelasan Surah Huud 118-119

“Sungguh akan Aku Penuhi neraka Jahannam dengan semua jin dan manusia yang durhaka."


Oleh Ustad Sinar Agama http://www.facebook.com/groups/210570692321068/doc/243077465737057/ Oleh Anggelia Sulqani Zahra pada 3 September 2011 pukul 23:33


Aufa Opa: Sungguh akan Aku penuhi neraka Jahannam dengan semua jin dan manusia yang durhaka." (Lihat surah Huud:118-119). Apakah benar Allah sekejam itu ?? Terus buat apa kita taat jika kita nantinya ditaruh di neraka !! Mohon penjelasan ustadz.


Sinar Agama: Salam dan terima kasih pertanyaanya: Kan ayat di atas itu jelas sekali maksudnya bahwa yang akan dimasukkan ke neraka adalah yang durhaka. Lah, kalau sudah taat, sudah pasti bisa aman dari siksaNya. Karena itulah maka kita harus berusaha selalu taat padaNya.

Sedang kalau ada pencampuran tentang adanya ketaatan dan kedurhakaan, maka nanti akan ada pengadilannya yang tidak akan merugikan manusia dan, apalagi sangat mungkin bagi kita akan dibukakan pintu maghfirah yang besar. Tetapi kita tidak boleh mengandalkan kemungkinan terbukanya pintu maghfirahi itu kepada kita. Karena Tuhan hanya akan mengampuni yang dikehendakiNya.

Untuk arti durhaka itu gampangannya adalah maksiat. Jadi, hindari semua maksiat. Tentu saja, sangat tidak menutup kemungkinan akan makna khususnya, tetapi secara menyeluruh adalah durhaka pada perintah Tuhan.

Dan walau begitu, artinya walaupun kita sudah melakukan durhaka besar atau kecil, tetapi tetap saja dibuka pintu taubat bagi kita. Karena itu, maka bagi pelakunya, maka cepat-cepatlah melakukan taubat.

Semoga antum masih ingat tulisan-tulisan sebelumnya bahwa Tuhan tidak pernah mencipta kita dengan kemauanNya yang mandiri. Jadi, kita memang diciptakanNya, tetapi setelah diikhtiari oleh kedua orang tua kita.

Dan memang, kalau sudah tercipta, maka tujuannya atau hikmahnya adalah melakukan taat dimana kalau melakukannya berarti kita telah menghindari kedurhakaan.


Chi Sakuradandelion dan 8 orang lainnya menyukai ini.



اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وآلِ مُحَمَّدٍ وعَجِّلْ فَرَجَهُمْ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar