Jumat, 17 Juli 2020

Kehidupan Lain Selain Di Planet Bumi


Oleh Ustad Sinar Agama http://www.facebook.com/groups/210570692321068/doc/250777738300363/ Oleh Anggelia Sulqani Zahra pada 20 September 2011 pukul 16:38


Bintang Ali: Salam ustad, semoga ustad sehat-sehat saja. Menurut quran dan hadis rosul dan para imam as, apakah ada kehidupan lain selain di planet bumi ini baik planet yang masuk dalam tata surya maupun di luar tata surya? Karena banyak penelitian yang telah menemukan planet yang mirip dengan bumi ada air dan hangat dan memprediksikan adanya kehidupan disana. Syukron ustad.

Sinar Agama: Salam dan terimakasih pertanyaannya.

Yang saya tahu sepersemilyard dari Qur'an dan hadits para maksum as, tidak diterangkan secara jelas adanya makhluk-makhluk hidup tersebut, terlebih yang namanya manusia.

Tetapi secara isyarat-isyarat tidak langsung mungkin saja ada. Seperti kalau kamu bisa terbang ke langit, maka terbanglah, dan kamu tidak bisa terbang kecuali dengan kekuatan (al-Rahmaan). Atau bahwa Nabi saww itu adalah rahmat bagi semua alam. Atau bertasbih semua yang ada di langit dan di bumi. Atau hadits yang mengatakan bahwa nabi Adam as ayah kita itu adalah yang ke sejuta Adam as.

Memang ayat-ayat dan hadits-hadits itu memiliki makna lain yang lebih jelas dimana sudah dijadikan tafsirannya. Akan tetapi, sekali lagi saya katakan bisa menjadi petunjuk tidak langsung akan kemungkinan adanya manusia lain di planet lain.

Yang sudah dibuktikan dalam memahami sifat-sifat Tuhan dan pembuktian gamblang filsafat, bahwa Tuhan tidak akan pernah berhenti mencipta setelah kiamat tiba.

Kiamat adalah hilangnya alam materi dan kembalinya ke alam barzakh, bukan hanya hancurnya permukaan bumi. Setelah hisab dan yang harus ke surga sudah ke surga dan yang harus ke neraka sudah ke neraka, maka Tuhan mencipta lagi alam materi ini dari awal. Begitu seterusnya tanpa henti. Dalil-dalil dari hal seperti ini, bisa dilihat di catatan-catatan sebelumnya.

Wassalam.


Bintang Ali: Syukron ustad. Akal saya pun menerima bahwa Tuhan tidak akan pernah berhenti mencipta atau setidaknya tidak hanya mencipta cuman yang ada di bumi doang. Bisa ditunjukkan ustad ayat atau hadis yang scara tidak langsung mengisyaratkan adanya kehidupan lain selain di bumi??

Lagi pula sesuai dengan Maha Bijaksana. Maha kuasa, Maha Hikmah nya Tuhan tidak mungkin mencipta planet-planet itu (selain bumi) tanpa sebab/alasan tidak nyampe akal ini meraih luasnya langit, dan bahkan satu matahari untuk satu galaksi, sedangkan kita tahu bahwa ada milyaran bintang (matahari) yang punya tata surya masing-masing dan mungkin ada kehidupam selain makhluk bumi yang beribadah juga kepada Allah. Kalau orang barat, menyebut makhluk planet lain dikenal dengan alien,, adakah bahasa dari Quran atau hadis ustad soal mahluk lain ini?

Dan jika ada makhluk lain, tentunya mereka bersolawat juga keada Muhammad saww dan ahlulbayt as.. karena dari nur Muhammad ini jagad alam semesta baru kemudian ada.. dan kalau mereka (makhluk asing) ini bertawassul dan/atau bersolawat kepada nabi muhammad saww dan ahlulbayt as, bukankah itu berarti kitab/petunjuk mereka (makhluk asing) itu al Quran juga dan berimam juga kepada imam Mahdi afs sebagai pemimpin semesta alam?? Syukron ustad.


Sinar Agama: Pertanyaan-pertanyaan yang ada itu tidak hanya seperti pertanyaan antum. Begitu pula jawabannya. Jadi bisa banyak macam pertanyaan yang berbeda dan jawaban yang berbeda. Akan tetapi karena kita tidak ditaklifi dan ditugasi untuk menyelesaikannya atau menjawabnya, maka ahsan dan lebih baik, kita pikirkan diri kita sendiri sudah sejauh mana kita tahu agama yang wajib diketahui dan sejauh mana kita sudah menaatinya. Ukuran minimalnya adalah sudah belajar akidah dari Tauhid sampai hari akhir dan telah menelaah fikih secara lengkap walau sekali. Hingga kapan saja ada masalah, sudah tahu harus membuka sebelah mana.

Anjuran di atas, bukan karena saya tidak bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang ada dan kemungkinan seperti apanya, makhluk planet itu. Tetapi benar-benar dari hati dan akal argumentatif. Tentu saja, kita tidak diharuskan memperhatikan kemungkinan apapun makhluk yang dimungkinkan barat. Apakah alien atau apa dan kayak apa. Sering di film-film itu terlihat lucu-lucu dan aneh-aneh. Misalnya orangnya telanjang tetapi teknologinya lebih hebat dari manusia sekarang. Kadang seperti makhluk aneh yang berbuntut atau seperti dinosaurus, sambil mengalirkan air liurnya, tetapi teknologinya lebih tinggi dari manusia yang ada sekarang. BTW, kita tidak mesti terombang ambing dengan hal-hal yang tidak pasti dan bukan merupakan tanggung jawab kita. Afwan.


Bintang Ali: Sepakat ustad,, ini memang bukan pertanyaan seputar taklif dan tidak sepenting akidah atau fiqh,. timbulnya pertanyaan ini pun karena akal saya ustad bahkan karena fitrahnya saya ustad.. mungkin segala bentuk kejelasan ini muncul ketika imam Mahdi afs hadir.. tetapi itu pun tidak perlu kita pikirkan.,

Iran bermaksud merambah dunia ruang angkasa dan ngirim astronot tahun 2020, ini berkah imam Mahdi afs.. saya jadi ingat ustad kalau imam Ali as punya seribu ilmu dan tiap ilmu itu melahirkan lagi seribu ilmu yang lain,.


Sinar Agama: Iya. Tadinya saya takut dan khawatir beneran. Karena maksud syethan di Qur'an yang mengatakan akan mendatangi manusia dari depan, belakang dan kanan kiri, adalah supaya manusia itu lupa tanggung jawab dan tugas hari ini. Dan dari kanan maksudnya memberi pertanyaan-pertanyaan yang tidak bisa dijawab manusia hingga pikirannya terkuras ke sana dan akhirnya tidak memperdulikan tugas yang ada di tangannya. Syukur kalau antum dari awal tidak seperti itu. Yakni tidak terwaswasi syaithan.

Chi Sakuradandelion menyukai ini.


اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وآلِ مُحَمَّدٍ وعَجِّلْ فَرَجَهُمْ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar