Jumat, 26 Juni 2020

Mazhab Syiah Zaidiyah


Oleh Ustad Sinar Agama http://www.facebook.com/groups/210570692321068/doc/243077165737087/ Oleh Anggelia Sulqani Zahra pada 3 September 2011 pukul 23:32


Zul Fikar: Salam ustad, mau tanya bisa minta sedikit rincian tentang syiah Zaidiyyah? Mengapa syiah Zaidiyyah masih diakui dalam mazhab syiah?

Sinar Agama: Salam dan terimakasih pertanyaannya:

(1). Untuk kerinciannya itu maka mungkin perlu waktu. Tetapi secara KTP, maka mereka itu adalah pengikut Zaid bin Ali bin Abi Thalib as. Dan dalam konsep syi'ah zaidiyah ini adalah pemimpinnya tidak harus maksum. Yang penting keturunan Nabi saww dan alim serta berani angkat pedang untuk perjuangan Islam.

(2). Kalau tentang diterimanya mereka di syi'ah, itu jelas salah besar. Dalam pandangan syi'ah, mereka itu tidak beda dengan sunni-sunni yang lain yang meninggalkan agama Islam yang diwariskan kepada imam maksum as. Karena itu, mereka dikatakan menyimpang.

(3). Tentang nama syi'ah itu bukan berarti mereka itu adalah syi'ah 12 imam as, apalagi diakuinya sebagai syi'ah 12 imam as. tidak sama sekali.

(4). Kata-kata syi'ah yang dijulukkan kepada mereka itu adalah sesuai dengan arti katanya, bukan Istilah. Yaitu yang berarti "pengikut". Karena mereka mengikuti Zaid itu.

(5). Zaid ra sama sekali tidak pernah mendakwa diri sebagai imam dan apalagi mewajibkan orang untuk mengikutinya. Tetapi setelah belaiu ra syahid, banyak orang yang tidak mengikuti imam maksum as itu, mengikutinya dan menjadikannya sebagai imam dan menjadikan konsep hidupnya yang diisi dengan perang melawan kebatilan dengan pedang, sebagai rumusan imamahnya atau kepemimpinannya.


Chi Sakuradandelion dan Arif Muhajir menyukai ini.



اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وآلِ مُحَمَّدٍ وعَجِّلْ فَرَجَهُمْ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar