Selasa, 09 Juni 2020

Penjelasan (Q.S Al-Jumu'ah [62]:2)


Oleh Ustad Sinar Agama http://www.facebook.com/groups/210570692321068/doc/238489442862526/ Oleh Anggelia Sulqani Zahra pada 25 Agustus 2011 pukul 15:38


Zainal Syam Arifin: Salam wa rahmah pak ustadz. Tolong dijelaskan ayat berikut ini:


Dia-lah yang mengutus kepada kaum yang buta huruf (?) seorang Rasul di antara mereka (?),

yang membacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka (?), mensucikan mereka (?)

dan mengajarkan mereka (?)

Kitab dan Hikmah. Dan sesungguhnya mereka (?) sebelumnya benar-benar dalam kesesatan yang nyata, (Q.S Al-Jumu`ah [62]:2)


1. Siapakah yang dimaksud dengan اْلأُِّميِّيَن dan apa fungsi preposisi huruf alif (=al)

2. Siapa dimaksud him pada (.عليهم اياته)


3. siapa yang dimaksud him pada َْويـَُزِّكيِه ْم dan apakah sama dengan him pada َُويـَُعلُِّمُه ُم

4. Siapa yang dimaksud pada َكانُوا


Syukron jakumulllaah khoiron katsiron pak ustdaz.


Sinar Agama: Salam dan terimakasih pertanyaannya:

1. Ada beberapa penafsiran tentang ummy. Yang terkuatnya adalah yang tidak bisa baca tulis dimana secara kebanyakan orang arab memang tidak bisa baca tulis. Ada juga yang menafsirkan orang-orang Makkah karena Makkah disebut Ummu al-Qura. Ada yang menafsirkan selain orang ahlulkitab. Kalau yang dimaksud ummi itu adalah yang tidak bisa baca-tulis, maka alif alm itu bisa dikatakan alif lam jins/jenis. Kalaumaksudnya orang Makkah maka bisa dikatakan alif lam ma'rifah. Dan kalau maksudnya selain ahlulkitab, juga bisa dikatakn alif lam jenis.

Afwan jawabannya kesendat-sendat karena sakit perut, afwan.

2. Yang dimaksud Him atau Hum, itu sama saja, yaitu yang ummi (buta huruf) itu. Begitu pada dhamir-dhamir berikutnya seperti yuzakkiihim itu. Tetapi bukan berati Nabi saww hanya ditutus untuk orang-orang yang buta huruf, karena di ayat lain diterangkan bahwa beliau diutus untuk semua manusia, tetapi Rahmatan li al-'aalmiin itu. Tetapi karena kebanyakan orang arab waktu itu adalah ummi dimana Rasul saww juga begitu, maka sudah tentu pengajaran agama itu adalah kepada mereka, karena mereka yang terdekat. Karena itulah Tuhan di ayat di atas itu mengatakan "Dia yang mengutus nabi di tengah-tengah orang buta huruf dimana ia -nabi- itu juga dari mereka (buta huruf juga) "

3. Yang dimaksud "mereka sebelumnya dalam kesesatan yang nyata" juga para ummi itu yang mana maksudnya adalah orang-orang arab itu (karena hampir semuanya buta huruf). Karena orang-orang arab pada waktu itu penyembah berhala, pemakan riba, menurunkan permusuhan, membunuh anak perempuan dan seterusnya.

Afwan lagi ... sakit lagi ... habis makan cabe sebelumnya .. ok, kita kembali ke masalah, tinggal sedikit.


Tambahan:

Walaupun pengajaran kitab (akidah dan hukum), dan hikmah (akal) begitu pula pembersihan itu di ayat di atas itu untuk orang-orang buta huruf, tetapi bukan berarti ajaran Nabi saww tentang hal di atas itu hanya untuk mereka. Karena itu, maka ajaran beliau tentang kitab, akal dan lain- lainnya itu mencakupi semua orang dan semua bangsa.

Chi Sakuradandelion dan Arif Muhajir menyukai ini.



اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وآلِ مُحَمَّدٍ وعَجِّلْ فَرَجَهُمْ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar