Selasa, 31 Desember 2019

Jodoh


Oleh; Ustad Sinar Agama http://www.facebook.com/groups/210570692321068?view=doc&id=217526564958814 Oleh Anggelia Sulqani Zahra pada 13 Juli 2011 pukul 16:40

Diamond Kosong Lima : Afwan ustad saya mau tanya... Bagaimana jika sebagai seorang perempuan saya menyerah dalam persoalan jodoh dan kekasih???? Kekecewaan besar membuat saya saat ini miris dan surut niat menikah... afwan ustad apa itu salah???

Mohon pencerahannya ustad... syukran.


Sinar Agama : Salam dan terimakasih pertanyaannya:

(1). Menikah itu adalah sunnah. Tidak dosa kalau orang tidak menikah. Yang dosa kalau tidak menikah, adalah kalau dia mampu menikah tetapi tidak menikah dimana kalau tidak menikah ia melakukan maksiat (sehubungan dengan lain jenis). Jadi, kalau tidak mampu, atau belum ada yang meminang, atau kalau tidak kawin tidak akan melakukan maksiat, maka perbuatan itu tidak haram.

(2). Akan tetapi ketika mampu atau ada yang meminang (kalau perempuan), walaupun tidak akan maksiat kalau tidak kawin, maka hukumnya sunnah. Namun demikian, kesunnahannya ini sangat ditekankan. Sebegitu ditekankan hingga Nabi saww pernah bersabda bahwa yang meninggalkan perkawinan ini bukanlah dari golongan beliau. Maksudnya, ditekankan sangat. Jadi, usahakan untuk tidak meninggalkannya.

(3). Tentu saja, tekanan untuk kawin itu bukan berarti harus membabi buta. Artinya harus menerima setiap lelaki yang datang meminang. Karena itu, mestilah dilihat apakah dia orang shalih yang menjaga agamanya atau tidak. Kalau menjaga, maka tidak usah banyak dipikirkan hal lainnya.

Kalau kamu mau aku carikan, maka masukkan datamu di pesan-ku, nama, umur, tinggal dimana, sudah pernah kawin atau belum, pendidikan, mau lelaki yang seperti apa. Afwan barang kali nanti ada yang cocok. Tentu saja, dalam tahap pertama saya tidak akan mengenalkan nama. Saya hanya akan menggunakan sifat-sifat saja, dan perkenalan serta pertanyaan masing-masing itu hanya akan melalui aku, tidak langsung. Kecuali nanti kalau sudah dianggap save.


Chi Sakuradandelion, Khommar Rudin, Alie Sadewo dan 11 lainnya menyukai ini.

Khommar Rudin: Allah humma shalli alla Muhammad wa alli Muhammad.

28 Juli 2012 pukul 16:42 · Suka · 1




اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وآلِ مُحَمَّدٍ وعَجِّلْ فَرَجَهُمْ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar