Minggu, 02 Desember 2018

Abdullah bin Saba’



Seri tanya jawab Kopipaikna Thomasalle Punggawa dengan Sinar Agama
by Sinar Agama on Saturday, January 5, 2013 at 3:54 pm


Kopipaikna Thomasalle Punggawa mengirim ke Sinar Agama: 3-11-2012, 

Siapa sebenarnya Abdullah bin Saba itu? 


Kopipaikna Thomasalle Punggawa

http://www.voa-islam.com/news/indonesiana/2012/01/06/17302/mengapa-syiah-berusaha- menghilangkan-figur-abdullah-bin-saba/

Mengapa Syi’ah Berusaha Menghilangkan Figur Abdullah bin Saba’? 

www.voa-islam.com

Sinar Agama: Salam das terimakasih pertanyaannya: 

Abdullah bin Saba’ itu ada di dua riwayat Sunni dan Syi’ah dan semuanya dinyatakan sebagai zindiq yang kafir karena menuhankan imam Ali as di mana bahkan di sebagian riwayat dihukum mati dengan dibakar oleh imam Ali as. 

Jadi, dalam riwayat-riwayat itu sudah jelas siapa dia itu. Karena itu, tidak ada hubungannya sama sekali dengan Syi’ah yang tidak pernah menuhankan imam Ali as. Bahkan Syi’ah mengikuti imam Ali as sebagai imamnya dalam membenci Ibnu Saba’ ini. Lantas apa masalahnya? 

Belakangan ada allaamah yang meneliti hadits-hadits tentang Ibnu Saba ini dan akhirnya terbukti dari dua jalur Syi’ah dan Sunni itu, bahwa hadits-haditsnya tidak dapat dipertanggungjawabkan dilihat dari sanad-sanadnya. Karena itulah dikatakan bahwa Ibnu Saba’ ini tokoh fiktif. 

Allaamah yang dimaksud adalah alaamah al-’Askari dan kitabnya berjudul “Abdullah bin Saba”, terdiri dari 2 jilid. 

Sinar Agama: Saya sudah sering menulis di fb ini bahwa kata-kata Syi’ah itu dari kanjeng Nabi saww sendiri sebagaimana banyak riwayat Sunni dimana Nabi saww mengatakan bahwa yang selamat atau yang akan menang itu atau yang sebaik-baik manusia itu, adalah Ali dan Syi’ahnya/ pengikutnya. 

Khommar Rudin: Allahumma shalli alaa Muhammad wa aali Muhammad 

Wassalam.

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وآلِ مُحَمَّدٍ وعَجِّلْ فَرَجَهُمْ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar