Kamis, 23 April 2020

'Amalan Ramadhan: Kelompok Ke tiga (’amalan- ’amalan) yang dilakukan di waktu Sahar-menjelang adzan shubuh


http://www.facebook.com/groups/210570692321068/doc/?id=231317316913072 by Sinar Agama (Notes) on Saturday, August 6, 2011 at3:15am

Kelompok Ke tiga: Yang dilakukan di waktu sahar (sebelum adzan subuh).

(1). Makan sahur. Hendaknya jangan meninggalkan makan sahur walaupun hanya dengan sebiji kurma atau air putih. Paling baiknya sahur Sawiiq (dibuat dari tepung) dan kurma. Di dalam hadits dikatakan bahwa Allah dan para malaikat bershalawat untuk orag-orang yangmeminta ampun dan makan sahur di waktu sahar.



(2). Membaca surat al-Qadr. Di dalam riwayat dikatakan bahwa siapa saja yang berpuasa dan membaca surat al-Qadr di waktu makan buka dan sahurnya, maka ia diantara kedua waktu itu, seperti orang yang telah mengucurkan darahnya di jalan Allah.

(3). Membaca doa yang sangat mulia ini sebagaimana diriwayatkan dari imam Ridha as yang dikatakannya sebagai doa imam Muhammad al-Baaqir as. yaitu:


Kemudian setelah membaca doa di atas maka mintalah hajat-hajatmu, sesungguhnya insyaAllah akan terkabul.

(4). Di salam kitab al-Mishbaah diriwayatkan dari Abi Hamzah al-Tsumaali ra yang berkata bahwa: Imam Zainu al-‘Aabidiin selalu melakukanshalat di malam-malam bulan Ramadhan. Dan ketika sampai waktu sahar berdoa dengan doa ini (dikenal dengan Doa Abu Hamzah al-Tsumaalii):







(5). Syaikh berkata: Bacalah doa berikut ini di waktu sahar:



(6). Berdoa dengan doa nabi Idriis as sebagaimana diriwayatkan oleh al-Syaikh dan al-Sayyid.

Karena itu carilah di kitab al-Mishbaah atau kitab al-Iqbaal.

(7). Berdoa dengan doa berikut ini dimana doa ini adalah paling ringkasnya doa sahar dan diriwayatkan di kitab al-Iqbaal:


(8). Membaca tasbih berikut ini sebagaimana diriwayatkan di kitab al-Iqbaal:


Ketahuilah bahwa niat puasa sebaiknya dilakukan setelah makan sahur secara langsung, sebagaimana telah dianjurkan oleh para ulama. Niat puasa itu boleh dilakukan kapan saja di waktu malamnya. Dan cukuplah dalam niat bahwa seseorang itu tahu bahwa besoknya mau puasa karena Allah, dan menjauhi segala yang membatalkannya (mufthiraat). Sangat dianjurkan untuk tidak meninggalkan shalat malam di waktu sahar dan shalat tahajjud.


اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وآلِ مُحَمَّدٍ وعَجِّلْ فَرَجَهُمْ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar