Rabu, 02 Januari 2019

Ada Apa Dengan Fikih ?



Seri tanya jawab Sang Pencinta dengan Sinar Agama 
by Sinar Agama (Notes) on Tuesday, April 2, 2013 at 8:06 am


Sang Pencinta: 24-2-2013, Salam, intermezzo lagi ustadz, bagaimana menurut pandangan Antum minimnya sosialisasi ketaqlidan dan kemarjaan oleh katakanlah cendekiawan dan ulama, justru penekanannya lebih ke sejarah, ikhtilaf suni-syiah dan lain-lain, hingga yang terombang-ambing adalah kita-kita yang awam ini? Terima kasih ustadz. — bersama Sinar Agama. 

Armeen Nurzam: Nyimak,, 

Sinar Agama: Salam dan terima kasih pertanyaannya: 

1- Apapun yang dilakukan dunia, sengaja atau tidak, terhadap pencegahan kebenaran, tidak akan berhasil selamanya. Dalam filsafat dikatakan bahwa “Gerak menekan tidak akan selamanya”. Maksud “Gerak Menekan”, adalah “Gerak yang menentang gerak natural.” Misalnya batu yang semestinya ke bawah, kalau dilempar ke atas, akan bersifat sebentar saja karena akan kembali ke jalur yang naturalnya. 

Kebenaran Islam juga seperti itu. Biar sejuta terorist menghadang, baik terorist nyawa seperti al-Qaidah dan semacamnya, atau terorist iman seperti liberalism dan ism-ism yang lainnya, tidak akan pernah bisa menghadangnya. Karena Allah mencipta alam ini atas dasar naturalisme kebenaran dan, karenanya, tidak akan pernah menerima dengan nyaman apa- apa yang menyimpang dari kebenaran tersebut. Ketidaknyamanan itulah yang dikatakan “Gerak Menekan/memaksa/melawan” dan, karenanya tidak akan bersifat selamanya. Betapa Agung Tuhan dengan firmanNya: 

Misalnya dalam QS: 6: 73: 

وَهُوَ الَّذِي خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالَْرْضَ بِالْحَقِّ

“Dan Ia -Tuhan- yang menciptakan langit dan bumi dengan Hak (benar, yang biasa juga dikatakan natural)....” 

Atau QS: 10: 6: 

إِنَّ فِي اخْتِلَفِ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ وَمَا خَلَقَ اللَّهُ فِي السَّمَاوَاتِ وَالَْرْضِ لَيَاتٍ لِقَوْمٍ يَتَّقُونَ

“Sesungguhnya pada perubahan siang dan malam dan apa-apa yang Allah ciptakan di langit dan bumi, terdapat ayat/tanda bagi orang-orang yang bertaqwa (takut pada Allah).” 

Ayat dan tanda, tidak bisa diambil dari yang selalu berubah dalam arti tidak teratur. Kalau kita tidak dalam aturan tertentu, maka kita tidak dapat memastikan adanya orang lewat di 

jalanan yang berlumpur sekalipun ada bekas tapak kakinya. Kita tidak akan cari makanan kalau kita lapar kalau setiap kali makan, memiliki dampak yang berbeda-beda. Misalnya sekali makan, kepala pusing dan perut tetap lapar, atau sekali makan jadi ngantuk sementara perut tetap lapar, atau sekali makan badan jadi mengecil seperti cebol, atau sekali makan tulang- tulang badan kita menjadi terpatah-patah.....dan seterusnya. Memang, semua aturan itu tidak hanya memilki satu aturan seperti panas yang bisa keluar dari api, matahari dan lain-lainnya. Akan tetapi, setiap natural tersebut, sudah pasti melahirkan efek sesuai dengan naturalnya itu. Itulah mengapa bisa dijadikan dalil dan ayat/tanda bagi kebesaran Allah DAN KEMESTIAN TAAT PADANYA DAN PADA AGAMANYA ALIAS PADA FIKIHNYA JUGA. 

Atau QS: 38: 27: 

وَمَا خَلَقْنَا السَّمَاءَ وَالَْرْضَ وَمَا بَيْنَهُمَا بَاطِلً

“Dan tidaklah Kami mencipta langit dan bumi dan seisi keduanya secara batil (tidak benar, tidak teratur, acak, sia-sia).” 

2- Lagi pula tidak ada orang awam dalam Syi’ah sehubungan dengan fikih dan pengamalannya ini. Artinya, nanti tidak akan ada udzur dan pemaafan bagi yang meninggalkannya. Hal itu, karena dalil untuk beramal fikih ini sangat mudah diketahui setiap orang berakal dan apalagi ayat-ayat Qur'an dan hadits Nabi saww. 

Misalnya Akal berkata
  • a- Kita makhluk Tuhan.
  • b- Tuhan Maha Alim dan kita Maha Bodoh.
  • c- Tuhan yang berhak mengatur kita (fikih) dan Ia-pun telah menurunkan agamaNya.
  • d- Ia berhak karena Ia Maha Alim dan kita tidak berhak sedikitpun membuat aturan sendiri karena kita Maha Bodoh di HadapanNya.
  • e- Ia telah menurunkan agamaNya dan mewajibkan kita mengamalkannya.
  • f- Ketika kita tidak tahu agamaNya secara spesifik, maka kita harus merujuk kepada yang spesialis yang dikatakan mujtahid atau marja’ seperti merujuk kesehatan kepada dokter.
  • g- Yang merujuk pada dirinya sendiri atau orang lain yang tidak mujtahid, jelas melanggar akalnya sendiri sebelum ia melanggar TuhanNya yang menyuruh bertanya kepada yang tahu/alim.
  • h- Orang yang berlagak seperti spesialis dengan hanya belajar otodidak, sama sekali tidak akan bisa diterima akal seperti orang yang membuka praktek operasi jantung dengan hanya bermodal belajar dari buku-buku secara otodidak. Karena itu, ketika ia memberikan perintah-perintah kepada umat, sebelum ia melanggar Tuhannya, ia telah menginjak-injak akalnya sendiri. Begitu pula yang menerima perkataannya.
  • i- Yang wajib diikuti manusia adalah yang makshum dari kesalahan ilmu dan amal. Jadi, ilmunya harus lengkap dan benar 100%. Akan tetapi, ketika tidak ada yang seperti itu dan kalau Tuhan dan agamaNya tidak memberikan jalan keluar, maka sudah pasti agamaNya tidak bisa dikatakan sempurna. Karena itulah maka Tuhan sendiri, Nabi saww sendiri dan orang-orang makshum as sendiri, memerintahkan umat untuk mengikuti para wakil makshum as, baik wakil langsung atau dengan kriteria dimana yang kita bahas ini adalah wakil dengan kriteria yang ada di berbagai ayat dan riwayat, yaitu “yang tahu”, “yang alim”... dan seterusnya...dimana tentu saja akal berkata bahwa “yang tahu” itu bukan yang hanya belajar secara otodidak.
  • j- Tak ada rotan maka akarpun mesti digunakan sambil menunggu, mencari dan berdoa untuk mendapatkan rotan. Sebab kalau tidak menggunakan rotan, akan tenggelam ke dalam lautan yang dalam. Itulah mengapa akal dan agama mewajibkan kita untuk ikut spesialis dalam agama sebelum bertemu dengan makshum as. Karena tanpa spesialis agama, dunia keberagamaan akan hancur sebagaimana tanpa spesialis kesehatan yang akan menghancurkan kesehatan manusia. 
  • k- Beranjaknya manusia yang dikatakan tokoh agama dalam meninggalkan penablighan fikih ini kepada umat, bisa karena berbagai sebab. Bisa karena dirinya sendiri yang memiliki karakter seperti itu, yakni meremehkan fikih ini padahal fikih atau aturan ini jauh lebih agung dari ciptaan alam ini sendiri. Karena itu, ia akan membawa umat ini kepada karakternya sendiri dan bukan kepada karakter yang diperintahkanNya. Ada lagi karena ingin dicintai umat yang biasanya suka kepada yang ringan-ringan dan enak-enak serta tidak serius dalam beragama. Karena itu mereka memerangi fikih dan mewajibkan takiah, tapi dalam bermut’ah-liar (tanpa ijin wali bagi yang bukan janda), sangat lancar dan berlebihan. Ada lagi yang karena merasa lebih pandai dari para spesialis dan bahkan makshumin as, Nabi saww dan Tuhan sendiri, hingga berani menomer duakan atau menomer seribukan fikih dari hal-hal lain yang, terutama yang disukainya seperti politik dan semacamnya supaya mereka dapat menghampar pemerintahan kecilnya dengan berbagai kadarnya seperti yayasan, organisasi, ormas atau bahkan partai dan semacamnya. 
Semua berloncatan di mimbar Nabi saww dan memakai nama beliau saww, baik mimbar kayu yang seperti nyata, atau mimbar khayalan seperti para terorist-terorist itu (terorist nyawa dan iman). 

Hanya kepada Allah kita berlindung agar tetap kokoh mengikuti Tuhan melalui NabiNya saww, mengikuti Nabi saww melalui para washi beliau saww, mengikuti para washi/imam melalui para mujtahidin dan marja’ hf. amin. 

Wassalam.


اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وآلِ مُحَمَّدٍ وعَجِّلْ فَرَجَهُمْ

Islam Bukan Obat Bagi Penyakit Akibat Menentang Islam


Seri tanya jawab Muhammad Dudi Hari Saputra dengan Sinar Agama 
by Sinar Agama (Notes) on Tuesday, April 2, 2013 at 8:03 am

Muhammad Dudi Hari Saputra mengirim ke Sinar Agama: Salam ustadz. Saat ini penyakit korupsi menyerang di setiap sendi masyarakat indonesia,, 

Menurut pandangan ustadz, bagaimana islam menawarkan solusinya dalam hal ini? Dan bagaimana jika dikaitkan dalam konteks keIndonesiaan?? Syukron wa afwan... 


Sinar Agama: Salam dan terima kasih pertanyaannya: 

Islam itu bukan alat menyulam untuk menambal, tapi ia alat untuk mendasari perubahan manusia, baik pribadi, keluarga, sosial dan politik. Karena itu, cara satu-satunya adalah kembali ke Islam secara utuh/kaafah dengan kesadaran dan tanpa paksa sedikitpun. 

Kalau dari awal sudah melarang hijab atau dari awal sudah mencampur lelaki dan perempuan di sekolah-sekolah, kalau dari awal tidak menghukum pacaran dan perzinaan karena hukum keIndonesiaan, lalu kalau sudah banyak zina meminta Islam mengobatinya tapi dalam konteks keIndonesiaan itu, maka sama dengan tidak minta diobati dan ditangani. 

Begitu pula dengan korupsi. Ketika dari awal hukum-hukum politiknya ala keIndonesiaan dimana juga hukum-hukumnya serta pengadilan-pengadilannya, maka meminta pandangan Islam mena- ngani akibat buruknya, sama dengan tidak minta ditangani. 

Sama dengan seorang murid yang berkata kepada gurunya: 

“Wahai guru, aku ini tidak shalat, bagaimana caranya supaya aku shalat tapi dalam keadaan tetap tidak shalat.” 

Muhammad Dudi Hari Saputra: Saya sudah menduga jawaban ustadz akan seperti ini, saya sepakat islam adalah dasar dari perubahan itu, bukan sekedar alat atau metode, hanya saja bagaimana menjadikan islam sebagai dasar perubahan ustadz? Mengingat masyarakat Indonesia yang sangat majemuk dan enggan untuk menjadikan agama sebagai panglima? Afwan... 

Sinar Agama: M D: Memangnya di jaman Nabi saww tidak majemuk, hingga kata-kata barat yang disusupkan melalui Pluralisme itu dapat dijadikan pembendung perubahan mendasar yang diajarkan Tuhan melalui agamaNya itu???? Atau jangan-jangan Tuhan tidak tahu kalau dunia ini penuh kemajemukan hingga Ia hanya dan hanya menurunkan agamaNya dan menolak yang lainnya serta mewajibkan penghuni bumi ini menerima agamaNya secara utuh tanpa kecuali walau setengah ayatpun karena kalau menolak sebagiannya dikatakan kafir sebagaimana Ia jelaskan dalam Qur'anNya???? 

Atau Tuhan sia-sia mengajarkan dalam agamaNya bagaimana menangani kemajemukan itu, hingga kita menanganinya dengan konsep lain selain konsepNya? 

Muhammad Dudi Hari Saputra: Iya ustadz, ana percaya itu, tapi bagaimana menghadapi kondisi masyarakat yang enggan menerima islam sebagai dasar berfikir dan bertindaknya? Setiap kali kebenaran islam yang disampaikan, masyarakat itu sudah pesimis dan antipati duluan dengan pernyataan seperti : jangan masukkan agama kedalam urusan politik, atau bagaimana dengan cara menerapkan islam yang benar di saat para ulama dan kalangan intelektual muslim di indonesia masih belum menemukan konsep yang sempurna tentang islam itu sendiri? Malahan banyak ulama Indonesia yang melakukan korupsi dan mendukung pemimpin yang despotik,, saya pun berkeinginan mewujudkan pondasi masyarakat indonesia seperti di Iran, tapi apakah mereka paham tentang syiah? Jika mereka paham, apakah otomatis menerima syiah? Dan jikapun menerima syiah, apakah mereka paham konsep wilayat al-faqih? Dan jikapun paham, apakah mereka menerimanya? Tentu perlu waktu yang panjang untuk menjelaskan itu semua, dan di saat proses menjelaskan yang panjang itulah, saya kemudian resah, bagaimana bisa menerapkan islam yang benar di tengah masyarakat yang belum paham dan siap ini? Mohon wejangannya ustadz. 

Sinar Agama: M.D: Tidak ada keharusan menjadi Syi’ah untuk kembali kepada Islam. Dari mana antum dapat hal ini? Dari satu sisi antum bertanya, tapi dari sisi yang lain antum memberikan jalan keluar, ini yang membuat antum bingung. 

Mestinya, ketika sudah dikatakan bahwa kembali muslim harus ke Islam supaya semua penyakit sosialnya bisa teratasi, maka soalan ke dua mestinya menanyakan apakah Islam punya cara dalam menangani berbagai perbedaan dan bahkan menghadapi minoritas agama lain? Bukan malah membuat jalan keluar sendiri yang antum buat. Itulah mengapa antum agak sulit kembali kepada yang gamblang (Islam), karena antum sendiri sudah mempunyai persepsi sendiri tentang islam itu. Sebenarnya hal ini bukan hanya antum, akan tetapi mungkin kebanyakan muslim Indonesia seperti itu. Yakni dari satu sisi mau mencari jalan dari Islam, tapi ia sendiri sudah mendefinisikan Islam itu sendiri dalam dirinya. Padahal, semestinya ia merombak dulu pengertian dirinya tentang Islamnya itu. 

Muhammad Dudi Hari Saputra: Na’am ustadz, saya tidak berani untuk memberikan jalan keluar sebagaimana yang ustadz maksud, pertanyaan saya tak lebih hanya sekedar perjalanan intelektual dan sosial saya saja selama melihat kondisi masyarakat saat ini. Terima kasih ustadz untuk penjelasannya. Melanjutkan pernyataan ustadz bahwa ummat islam seharusnya kembali kepada islam dan kemudian dilanjutkan dengan pertanyaan apakah Islam punya cara dalam menangani berbagai perbedaan dan bahkan menghadapi minoritas agama lain? Sebenarnya itu yang saya maksud dengan keIndonesiaan ustadz, yaitu sebuah bangsa yang plural dan beragam, karenanya saya bertanya bagaimana islam (yang gamblang) menghadapinya?? 

Sinar Agama: M.D: Sepertinya antum tetap dengan persepsi dan jalan keluar yang antum bayangkan itu hingga ianya terus mencari tempat penyisipan melalui berbagai lubang yang sepintas menengadah pada pemikiran tersebut untuk penyalurannya. Karena itu, pertanyaan antum yang sekarang ini kembali kepada pertanyaan antum yang pertama dan, jawabannya tetap sama, yaitu umat Islam harus kembali kepada agamanya dalam segala bidang. 

Mungkin antum tidak sengaja melakukan itu atau saya yang salah dalam menilai tulisan antum. Tapi yang antum pikirkan itu, memang merupakan pikiran ke-Indonesiaan yang sudah beratus tahun mengangker di bangsa kita tercinta ini. Yaitu dari awal berlomba-lomba meninggalkan Islam dan bahkan menghinakannya sebagai jalan hidup satu-satunya, tapi kalau mengalami berbagai penyakit sosial akibat dari hal tersebut, selalu para sok ulama dan cendikia, tampil ke depan dengan melantun-lantunkan ayat dan riwayat untuk memberikan obat penyakit tersebut sementara hati mereka anti terhadap Islam yang menyeluruh ini. Itulah yang dikatakan oleh para wali-wali Tuhan sebagai berputar di poros syethan dengan mencitrakan Islam. 

Mana ada Islam keIndonesiaan??!! Mana ada Islam keAraban??? Mana ada Islam keIranan??!! .............. dan seterusnya????!!!!! Kok bisa Tuhan menurunkan Islam, lalu dibelah-belah seperti kue tart demi untuk pencocokan kepada setiap brutalisme akhlak di depan Allah swt? 


Muhammad Dudi Hari Saputra: Sepakat ustadz,,, hanya bagaimana menerapkan islam yang gamblang itu di masyarakat Indoenesia ini ustadz,, itu saja,,, kalau kembali lagi jawabannya harus yang gamblang, iya saya terima itu,, tapi how (bagaimana)?? Sedangkan masyarakat Indonesia ini kalo denger agama itu sebagai dasar pemikiran dan tindakan, udah NO duluan,,, ini yang saya alami selama perkuliahan di Indonesia ustadz. 

Afwan ustadz jika sudah banyak nanya,, misalnya gini, dalam pemberantasan korupsi tentu islam punya jalan untuk mengatasinya, nah kemudian tantangannya bagaimana menerapkan nilai islam ke dalam negara Indonesia ini yang tidak menjadikan islam sebagai dasar konstitusinya? 

Sinar Agama: M.D: Ana rasa sudah sangat jelas jawaban alfakir di atas itu. Pertanyaan yang bertubi-tubi dan sama dari antum ini, kurasa, antum benar-benar kurang memahami tulisan antum sendiri dan begitu pula tulisanku. Coba disimak-simak lagi dan kosongkan dulu pikiran antum itu, maka i-Allah akan ketemu jawabanku itu. 

Saya tidak menyuruh antum menyepakati jawaban ana itu, tapi hanya sekedar meminta mengertinya, bukan menyepakatinya. Karena bagi ana, antum belum memahami jawaban ana itu dan bahkan ana mengira bahwa antum belum memahami dengan gamblang tulisan antum itu sendiri. Karena ana sudah mengatakan bahwa antum dalam bertanya, sambil juga membawa jalan keluar (metode) yang dibayangkan dimana hal seperti itulah yang antum inginkan dari ana, sehingga karena itulah maka jawaban ana itu tidak antum rasakan sama sekali. 

Coba antum baca-baca lagi dalam keadaan mengosongkan metode yang antum bayangkan itu dan kalau belum ketemu, coba baca lagi dan seterusnya. Baru nanti kalau sudah dapatkan jawabanku, antum teruskan membahasnya ke peringkat berikutnya, yakni sepakat atau tidak. Dan kalau sepakat, lalu apa kendalanya dan semacamnya. Kalau ana sudah tidak melihat lagi jawaban antum di sini, maka tolong diingatkan di dinding yang baru bahwa antum punya tulisan di sini. Karena di samping sudah ke bawah banget, mungkin juga ana sudah lupa seperti kemarin ana sudah lupa tentang hal ini. 

Wassalam.


اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وآلِ مُحَمَّدٍ وعَجِّلْ فَرَجَهُمْ

Persaudaraan Yang Dituntut Agama




Seri tanya jawab Siti Munawaroh dengan Sinar Agama
by Sinar Agama (Notes) on Tuesday, April 2, 2013 at 7:56 am


Siti Munawaroh mengirim ke Sinar Agama: 17 Februari 2013 melalui BlackBerry Smartphones App 

Salam, hanya usulan saja ustadz, karena banyaknya saudara-saudara yang butuh bimbingan, apa tidak sebaiknya yang komentar-komentar tidak bermanfaat dan suka mengacau, antum delete saja. Karena banyak anggota baru yang daftar biar lebih efektif diskusi dan mimbar antum, kadang karena penasaran jadi membaca juga malah menghabiskan waktu. Maaf kalau kami kurang sabar seperti antum. 


Orlando Banderas: Kalau saya gak setuju di delete, karena justru pertanyaan sepele sekalipun dan kelihatan nyeleneh justru juga ditanyakan orang yang lama sekalipun di syiah cuma gengsi menanyakan dan sangat bermanfaat bagi yang baru di syiah. Afwan. 

Sang Pencinta: SM: Benar yang dikatakan mas OB. Di sisi lain teman-teman Wahabi berpotensi untuk mengambil pelajaran dan bertanya (walau dengan caci maki) pada ustadz tentang apa yang tidak diketahuinya/dilecehkan. Yang saya lihat beberapa teman Wahabi ekstrem sudah tobat. 

Irsavone Sabit: itulah yang dikatakan Ustadz Sinar Agama, bahwa agama ini sudah sangat sempurna dan mengatur segala hal termasuk diskusi dengan wahabi ekstrim sampai pada orang kafir, dari orang pintar sampai orang yang paling dungu sekalipun, tetapi masih banyak juga di kalangan orang syiah yang cerdas tidak mau terlibat dalam diskusi maupun dialog bahkan terkesan membiarkan fitnah yang merajalela dari kalangan orang yang tidak tahu dan faham benar tentang syiah, paling tidak untuk orang yang awam dapat mengambil pelajaran dari dialog tersebut, contohnya saya..he he he. 

Sinar Agama: Salam dan terima kasih usulannya. Seperti yang dikatakan oleh saudara- saudara lainnya, bukan hanya aku tidak ingin mendelete, tapi bahkan takut padaNya kalau mau mendeletenya. Kecuali yang keterlaluan dan sangat mengejek terus tanpa mau diskusi, seperti yang menamakan diri Cabul itu. Sebenarnya, kalau dia tidak mengulang-ulang yang dia tanyakan dan tidak selalu mengejek, misalnya dia debat dengan kita walau misalnya dengan sedikit keras hati dan kata-kata yang kurang enak sekalipun, maka sangat mungkin saya tidak mendeletenya. Tapi karena sebaliknya, maka setelah mungkin setahun baru saja aku mendeletenya. 

Semua itu bukan karena aku sabar. Aku juga kadang sampai sakit hati dan kepala. Tapi aku yang hina ini, sangat takut pada Allah untuk tidak membantu sesama saudara yang nakal sekalipun. Ketahuilah, akhirat itu sangat berat dan bukan main-main. Belum tentu yang kita kira kebaikan yang kita miliki ini benar-benar kebaikan. Untuk diterimanya sebuah kebaikan, sangat memerlukan syarat yang sangat ketat, seperti harus dengan ilmu, harus dengan ikhlash yang luar biasa yang satu atompun tidak ada unsur riya’nya. Sementara kalau dosa, maka tidak perlu syarat-syarat tersebut. 

Jadi, itulah yang membuatku lebih baik memilih diejek dari pada tidak membantu atau lebih baik memilih diejek dari pada tidak menyampaikan yang kuyakini benar secara profesional. Ketika alfakir/aku membahas mega merah, sungguh terasa sesak dadaku, karena aku tidak ingin berbeda dengan siapapun dan aku tidak ingin ibadah siapapun punya masalah. Tapi kalau tidak kusampaikan (walau tidak diambil) maka tidak ada perbandingan di masyarakat hingga bisa mencabut mawas diri dan kehati-hatian dimana kalau nanti di hadapan Tuhan punya masalah, akhirnya yang tahu juga yang akan disalahkan. Karena itulah maka dengan hati tak suka dan tak enak hati, tetap saja kusampaikan. Tentu saja, jalan kita tidak boleh memaksa siapapun. Tugas kita hanya diskusi terbuka dan dengan kalimat-kalimat santun serta dalil yang gamblang alias mudah dipahami. 

Jadi, yang mengejek-ejek itu bukan hanya wahabi, tapi yang ala wahabi juga seperti itu sekalipun mungkin secara lahiriah sudah Syi’ah. 


Kalau kita mengaplikasikan yang namanya persaudaraan saja, maka dunia ini akan jadi indah karena yang pahitnyapun akan menjadi manis di hadapanNya. Berbeda boleh saja, tapi kemesraan harus tetap terjaga. Begitu pula saling doa dan memintakan ampunan padaNya di siang atau malam hari, dalam ramai atau dalam sepi. 

Kalau cinta hanya pada orang yang sama dengan diri kita, maka ia bukan cinta orang lain/ mukminin, tapi cinta diri sendiri. Kalau cinta hanya pada orang yang sama dengan kita, maka ia bukan cinta yang diwajibkan agama. Kalau cinta hanya pada orang yang sama dengan kita, maka ia bagian dunia yang fana dan bukan bagian akhirat yang baqaa’. 

Terakhir, hati ini terlalu sakit dengan batasan 5000 pertemanan ini. Sungguh hati ini dan dekapan hinaku ini, ingin sekali menyapa dan menjalin cinta dengan semua, tak perduli dari suku bangsa apa, apalagi hanya dari yayasan mana, tak perduli ia sama denganku atau jauh berbeda nun jauh di sana. 

Ya Allah, hanya Engkau yang tahu jujur atau dustaku, kalau aku jujur, maka berikan rahmat cintaMu padaku dan pada teman-temanku semua dan, kalau aku dusta, maka hal itu hanya dari kebodohanku belaka dan, karena itu maka ampunilah aku dan teman-temanku semua, amin. 

Wassalam.


اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وآلِ مُحَمَّدٍ وعَجِّلْ فَرَجَهُمْ

Jumat, 28 Desember 2018

Kitabullah dan Ahlulbaitku atau Kitabullah dan Sunnahku ?



Seri tanya jawab Sufyan Hossein dengan Sinar Agama
by Sinar Agama (Notes) on Tuesday, April 2, 2013 at 7:53 am



Sufyan Hossein: 17 Februari 2013, Bismillaahirrahmanirrahim.... Afwan ustadz mau bertanya: bagaimana tanggapan ustadz tentang hadits-hadits di bawah ini.. Al-Hakim meriwayatkan di dalam al-Mustadraknya dari Zaid bin Arqam bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa aalihi wa sallam bersabda pada Haji Wada’: 


“Sesungguhnya aku telah tinggalkan kepada kalian tsaqalain (dua peninggalan yang sangat berharga) yang salah satu dari keduanya lebih besar daripada yang lain, Kitabullah (Al-Qur’an) dan keturunanku. Oleh karena itu perhatikanlah oleh kalian dalam memperlakukan keduanya sepeninggalku. Sebab sesungguhnya keduanya tidak akan pernah berpisah sehingga berjumpa denganku di Haudh (telaga di surga).” 

Namun ada pula hadits ini : Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa aalihi wa sallam bersabda: 

“Aku tinggalkan pada kalian dua perkara yang kalian tidak akan tersesat apabila (berpegang teguh) kepada keduanya, yaitu Kitabullah dan Sunnahku. Tidak akan bercerai berai sehingga keduanya menghantarku ke telaga (Surga).” 


(Dishahihkan oleh Al- Albani dalam kitab Shahihul Jami). 

Manakah yang benar dalam hal ini, SUNNAH Nabi Shallallahu ‘alaihi wa aalihi wa sallam ATAU Ahlul Bayt Nabi Shallallahu ‘alaihi wa aalihi wa sallam?? Dan ada lagi hadits --> Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa aalihi wa sallam: 

“Perumpamaan Ahlul Baitku seperti bahtera Nuh, barangsiapa yang menaikinya niscaya ia akan selamat; dan barangsiapa tertinggal darinya, niscaya ia akan tenggelam dan binasa.” 

(Disahihkan Al Hakim, Ibnu Hajar dan Ath Thabrani). 

Namun ada juga perkataan dari Imam Malik bin Anas --> Imam Malik bin Anas rahimahullaahu ta’ala berkata: 

“As-Sunnah Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam ibarat bahtera (perahu) Nabi Nuh ‘alaihissalam, siapa saja yang menaiki (mengikutinya) maka ia akan selamat dan siapa saja yang menyelisihinya maka ia akan binasa.” 

(Diriwayatkan oleh al-Harawi di dalam Dzammul Kalam, IV/124, dan al-Khathib al-Baghdadi dalam Tarikh Baghdad, VII/336). 

MANAKAH YANG BENAR DALAM HAL INI -> SUNNAH NABI ATAU AHLUL BAYT NABI?? Jazakumullah khairan — bersama Sinar Agama dan Abu Fahd NegaraTauhid. 

Sinar Agama: Salam dan terima kasih pertanyaannya: 

1- Ada dua hadits yang dihandalkan masing-masingnya oleh Syi’ah dan Sunni. 
  • Pertama, hadits tentang peninggalan Nabi saww untuk umat yang berupa dua hal yang berat, yaitu Qur'an dan Ahlulbait as (bukan keturunan seperti yang antum katakan, tapi Ahlulbait yang makshum, yaitu 12 imam as dan hdh Faathimah as) dimana pesan ini yang dijadikan handalan Syi’ah. 
  • Ke dua, tentang peninggalan Nabi saww untuk umat yang berupa dua hal yang berat, yaitu Qur'an dan Sunnah Nabi saww. 
2- Di Sunni dan di Syi’ah, jelas yang menjadi pedoman agama itu adalah Qur'an dan hadits. Akan tetapi, Syi’ah yang mengikuti Ahlulbait as itu, karena Qur'an itu harus dijelaskan oleh makshum yang mewarisi seluruh ilmunya dari Nabi saww secara makshum dan juga tidak ada yang lebih tahu hadits Nabi saww kecuali pewaris ilmu beliau saww yang juga makshum. Jadi, pengikut Ahlulbait as itu, mengikuti Ahlulabait as karena perintah Allah dalam Qur'an dan karena perintah Nabi saww dalam hadits. 

3- Dengan penjelasan di atas, maka pengikut Ahlulbait as sudah tentu mengikuti Hadits atau Sunnah Nabi saww seperti Syi’ah, tapi yang mengikuti hadits Nabi saww belum tentu mengikuti Ahlulbait yang makshum as. Hal itu karena mengikuti Ahlulbait as itu di samping karena Ahlulbait yang makshum itu lebih tahu tentang Qur'an dan Sunnah Nabi saww, juga karena Nabi saww sendiri yang memerintahkan seperti di hadits di atas itu.

4- Dilihat dari isi dua bentuk hadits di atas itu, sudah tentu Ahlulbait as tidak bertentangan dengan Sunnah Nabi saww hingga membuat kedua hadits tersebut layak dipertentangkan. Hal itu karena Ahlulbait as itu, makshum dan lebih tahu tentang Qut an dan Sunnah Nabi saww hingga karena itu, maka mengikuti Ahlulbait as sudah tentu mengikuti Qur'an dan Sunnah Nabi saww. Sedang yang mengikuti Qur'an dan Sunnah Nabi saww sendiri, sangat-sangat belum tentu mengikuti keduanya karena jelas-jelas belum tentu memahami dengan benar keduanya lantaran tidak makshum dan tidak mewarisi ilmu Nabi saww secara makshum. 

5- Tentang dalil Qur'an dan hadits Sunni tentang kemakshuman Ahlulbait as itu, sudah sering saya jelaskan di facebook ini hingga di sini saya tidak akan mengulangnya dan silahkan merujuk ke catatan-catatan tentang Ahlulbait as atau tentang imamah.

6- Kalaulah ada orang mau mempertentangkan dua jenis hadits di atas itu, dan ia ingin mengambil salah satunya saja, maka sudah tentu dia tidak boleh mengambil yang memesankan atau mewariskan Qur'an dan Sunnah Nabi saww. Hal itu bukan karena Sunnah Nabi saww itu tidak bisa dijadikan dasar agama, karena Sunnah Nabi saww itu pada esensi dan hakikatnya merupakan dasar Islam ke dua setelah Qur'an. 

Akan tetapi, berhubung banyaknya hadits dan perbedaan dan bahkan pertentangannya, di samping banyaknya hadits-hadits yang sengaja disusupkan sejarah, maka sudah tentu Sunnah Nabi saww tersebut perlu difilter dengan Qur'an secara hakiki. Dan pemfilteran atau pentesteran atau pengukuran atau penilaian hadits dengan Qur'an itu, hanya akan terjamin kalau dilakukan oleh yang mengerti Qur'an secara lahir dan batin secara makshum yang kemakshumannya dijamin Qur'an itu sendiri. 


Karena itulah, maka mengikuti Sunnah Nabi saww dengan menghilangkan atau meninggalkan Ahlulbait yang makshum as, maka hal inilah yang saya maksudkan tidak bisa dilakukan, yakni dengan kalimat “tidak boleh mengambil yang memesankan atau mewariskan Qur'an dan Sunnah Nabi saww.” 

Yakni hal itu tidak boleh dilakukan kalau bermaksud harus memilih salah satu dari kedua hadits di atas yang berarti pengikut Sunnah Nabi saww harus meninggalkan Ahlulbait Nabi saww. 

Di samping itu, perbandingan haditsnya juga jauh sekali berbeda. Karena hadits yang mewariskan Qur'an dan Ahlulbait yang makshum, jauh melebihi mutawatir sementara yang mewariskan Qur'an dan Sunnah Nabi saww memiliki sanad yang sangat lemah dan mursal yang, jangankan di Bukhari atau Muslim, di kitab hadits shahih yang enam-pun riwayat tersebut tidak diriwayatkan sebagaimana nanti akan maklum. 

7- Perbandingan ke dua hadits di atas: 
  • 7-a- Hadits Nabi saww yang mewariskan Qur'an dan Ahlulbait yang makshum as kepada umat di kitab-kitab Sunni, diantaranya sebagai berikut:
    • 7-a-1- Diriwayatkan dari berbagai kitab seperti: Shahih Muslim, 2/362, 15/179-180 (yang disyarahi Nawawi); Turmudzi, 5/328, hadits ke: 3874 dan 5/329 hadits ke: 3876; Musnad Ahmad bin Hanbal, 5/182 dan 189; Mustadraku al-Haakim, 3/148; Kanzu al-”ummaal menukil dari Turmudzi dan Nasaa-ii dari Jabir, 1/44; Kanzu al- ’Ummaal, 2/153 (1/154), 1/158 hadits ke: 899, 943, 944, 945, 946, 947, 950, 951, 952, 953, 958, 1651, 1658 dan 5/91 hadits ke: 255 dan 356; Ibnu Atsiir dalam Jaami’u al-Ushuul, 1/187 hadits ke: 65 dan 66; Thabraanii dalam al-Mu’jamu al- Kabiir, 137 dan dalam al-Mu’jamu al-Shaghiir, 1/135; al-Fathu al-Kabiir, 1/451, 1/503, 3/385; Usdu al-Ghaabah, 2/12; Dzakhaairu al-’Uqbaa, 16; al-Shawaaiqu al- Muhriqah, 147 dan 226; Majma’u al-Zawaahid, 9/162; ‘Abaqaatu al-Anwaar, 1/16, 31, 44, ,74 ,86 ,92 ,94 ,97 ,98 ,99 ,114,115 ,120 ,124 ,127 ,137 ,139 ,140 ,141 ,148 ,154, 171 ,176 ,182 ,190 ,198 ,201 ,204 ,205 ,206 ,217 ,220 ,227 ,233 ,236 ,237 ,239 ,243 ,253 ,254 ,268 ,270 ,272 ,279; al-Nihaayah Ibnu Atsiir, 1/155; Tafsiir al- Durru al-Mantsuur, 2/60, 6/7 dan 306; Tafsiir Ibnu Atsiir, 4/113; Tafsir Khaazin, 1/4, 6/102, 7/6; .....dan seambrek lagi yang lainnya. 
    • 7-a-2- Perawinya mencapai 35 shahabat dimana hal ini menunjukkan tiga kali lipat lebih dari Mutawaatir yang hanya mencukupkan 9 orang shahabat atau bahkan kurang dari itu di sebagian ulama Sunni seperti Ibnu Taimiyyah sebagaimana pernah saya jelaskan sebelumnya. Perawi tersebut adalah sebagai berikut: 
  • 7-b- Sedang hadits yang mewariskan Qur'an dan Sunnah Nabi saww, hanya di beberapa tempat yang jelas tidak bisa dibandingkan dengan kitab-kitab Sunni di atas. 
    • 7-b-1- Kitab-kitab yang dimaksudkan adalah: al-Muwaththa’, 2/899; Taariikh/siirah Ibnu Hisyaam, 4/251; al-Ilmaa’ karya al-Qaadhii, 9; al-Faqiih karya Khathiib Baghdaadi, 1/94.
    • 7-b-2- Sedang perawinya (yang sementara ini saya jangkau) hanya dua orang: Abu Hurairah dan Anas. 
Kalaupun Abu Hurairah mau ditsiqahkan sekalipun pernah korupsi di jaman Umar sewaktu diangkat Umar untuk jadi gubernur di Bahrain, lalu karena ia korupsi maka selain dipecat oleh Umar juga dihukum cambuk, maka tetap saja tidak bisa dibanding dengan 35 shahabat di atas. Terlebih riwayat-riwayat ini mursal dan dha’if/lemah sebagaimana disepakati ulama tentang hal tersebut. 

Kesimpulan

Hadits yang mewariskan Qur'an dan Ahlulbait yang makshum as tidak bisa dibanding dengan hadits yang mewariskan Qur'an dan Sunnah Nabi saww dari sisi kitab-kitab haditsnya dan perawi-perawinya. Tidak bisa dibanding karena hadits yang pertama di samping shahih dan mutawatir juga lebih dari tiga lipat mutawatir, sementara hadits ke dua, bukan hanya diriwayatkan oleh dua orang, tapi juga bahkan mursal dan dha’iif. 

Sebagai pedoman muslim, ketika menghadapi dua riwayat seperti itu, maka jelas kewajibannya adalah mengikuti hadits pertama dan meninggalkan hadits ke dua. Ini, sekali lagi, kalau mau mempertentangkan maknanya dari kedua hadits tersebut. Tapi kalau mau dipadukan seperti yang sudah dijelaskan di atas itu, maka jelas satu sama lain bukan hanya tidak bertentangan, tapi bahkan saling mendukung. Karena Ahlulbait as yang makshum itulah yang tahu Qur'an dan Hadits secara seratus persen lengkap dan benar. Karena itu, mengikuti Ahlulbait yang makshum as, sama dengan mengikuti Qur'an dan Hadits. Persis ketika shahabat menaati Nabi saww, maka sama dengan menaati Qur'an dan Allah. Karena semua yang diperintahkan dan dijelaskan Nabi saww itu adalah seratus persen lengkap dan benar dari Qur'an dan Allah. Wassalam. 

Sufyan Hossein: Teringat hadits Rasulullah Shallallahu alaihi wa aalihi wa sallam: 

“Pada hari penghisaban nanti sekelompok sahabatku akan datang menemuiku di telaga Al-Haudh, dan mereka itu dilarang untuk meminum air darinya. Aku kelak akan berkata: ‘Ya, Rabbi! Mereka ini adalah para sahabatku’. Kemudian Allah akan berkata: ‘Engkau tidak tahu apa yang mereka telah lakukan sepeninggalmu. Mereka telah meninggalkan ajaranmu.” (HR Muslim volume 15, halaman 53—54) 

Allahumma shalli ala Muhammad wa aali Muhammad wa ajjil faraja aali Muhammad warham Imamal Khumeini wahfadh qaidana ‘Ali Khamene’i waj’alna min ansharil Hujjahal Mahdi afs. Jazakallah khayran atas pencerahannya ustadz.. 

Wassalam. 

Nur Cahaya: Ustadz Sinar Agama 

Mohon penjelasannya, apakah yang dimaksud ahlulbait, baitullah, darimana landasan perintah mengikuti hadits selain Quran dari hadits-hadits keturunan keluarga, apakah yang dimaksud sunnah nabi? Apakah benar nabi diperintah membuat sunnahnya dari dirinya sendiri? Mohon maaf jika kurang berkenan. Senang sekali jika bisa bertukar pemahaman tentang hal tersebut. Salam. 

Sinar Agama: Nur: Ketika Tuhan memerintahkan taat padaNya dan pada Rasul saww, QS: 3: 32, maka jelas bahwa kita wajib menaati semua perintahnya. Begitu pula ketika dikatakan bahwa beliau saww adalah contoh yang baik, QS: 33: 21. 

Begitu pula ketika Tuhan mengatakan bahwa apapun yang beliau saww katakan (tentu saja termasuk lakukan), adalah dari wahyu, QS: 53: 4. 

Karena itu, apapun yang dikatakan Nabi saww dan yang dilakukannya bahkan yang didiamkannya, maka semuanya itu adalah wajib ditaati dan dicontohi. Inilah salah satu dasar dari kewajiban mengikuti hadits di sisi Qur'an. 

Tentu saja banyak ayat-ayat lain seperti, QS: 2: 151, yang mengatakan bahwa Nabi saww diutus itu untuk mengajari Qur'an dan hikmah. Jadi, semua perkataan beliau saww dan perbuatannya adalah penjelasan dari Qur'an, karena beliau saww diutus untuk itu dan, sudah pasti benar semuanya alias makshum. 

Wassalam.


اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وآلِ مُحَمَّدٍ وعَجِّلْ فَرَجَهُمْ

Senin, 24 Desember 2018

Tentang Keturunan




Seri pertanyaan inbox-page Fatimah Adz Zahra Muhammad dengan Sinar Agama
by Sinar Agama (Notes) on Sunday, March 31, 2013 at 2:35 pm


Fatimah Adz Zahra Muhammad: 15-2-2013, 

Salam ustadz.. Apa kabarnya ustadz? Afwan saya ingin bertanya lagi ustadz, bagaimana tanggapan ustadz tentang hadist di bawah ini.. 

Rasulullah Saaw berkata; 

“Cintailah keturunanku yang ber-ilmu/Alim karena Allah SWT, dan cintailah keturunanku yang biasa- biasa saja/bukan orang Alim, karena aku.” 


Bukankah Allah SWT dan Rasulullah adalah satu kesatuan dan tidak bisa dipisahkan? 

Tapi belajarlah tentang syiah yang sebenar-benarnya, dari orang yang punya kapabilitas tentang Ahlulbayt, belajarlah tentang apa arti “Itrah, Qurba, dzurriyah” dengan cermat, harus bagaimanakah seharusnya memperlakukan mereka... 

*Ayatulllah Sayyid ‘Adil Alawi berkata, “Dan juga menunjukkan keharusan menghormati dzurriyah adalah apa yang telah disabdakan oleh beliau (Saaw); “Cintailah dzurriyahku ‘yang shaleh karena Allah SWT dan yang tidak shaleh karena aku..” dan juga ayat Al-Qur’an surah Al-Istifa’...” 

(Menukil dari Sayyid Asyraf Mir Damad, Fadhail as-Saadaat, 49) 

*Muhaddist agung Syekh Abbas al-Qummi (penghimpun kitab do’a Mafatih al-Jinan) ra, beliau sangat besar penghormatannya terhadap para ahli ilmu, khususnya dari kalangan para sayyid, putra-putra Rasulullah Saaw. Dan jika di sebuah majelis ada seorang sayyid, beliau tidak men- dahuluinya dan tidak mengulurkan kakinya ke arahnya. 

Beberapa saat sebelum wafatnya, orang-orang membawakan jus apel untuk Syekh Abbas al- Qummi, dan secara kebetulan dirumahnya ada seorang anak kecil dari Saadah/sayyid, maka al- Muhaddist (al-Qummi) berkata, ‘Berikan kepadanya agar ia meminumnya terlebih dulu, setelah itu sisanya berikan kepadaku’. 

Beliau melakukan itu karena demi mencari berkah. Setelah anak kecil itu meminumnya, barulah al-Qummi meminum sisanya untuk dijadikan obat kesembuhan. 

*Wasiat Ayatullah al-Udzma Sayyid al-Mar’asyi an Najafi ra. 

Sayyid ‘Adil melanjutkan, “Termasuk wasiat guru besar kami Ayatullah Sayyid al-Mar’asyi ra, ‘Hendaknya kamu sekalian menjaga dzurriyah kenabian, berbakti kepada hak mereka, membela mereka, menolong mereka dengan tangan dan lisan, sebab mereka adalah titipan maqam kenabian di tengah-tengah umat manusia. Maka berhati-hatilah kamu dari menzalimi mereka, membenci mereka, buruk perilaku terhadap mereka, menyakiti mereka, acuh terhadap mereka, 

menghinakan mereka dan tidak menjalankan hak mereka. Hal itu semua dapat menyebabkan dicabut taufik Allah. Dan jika kamu (semoga engkau Allah darinya) tidak mencintai mereka dengan hatimu, maka engkau adalah orang yang sakit hatinya, bercepat-cepatlah untuk berobat kepada dokter jiwa (ulama shalihin). Apakah ada keraguan tentang keutamaan dan keagungan mereka serta ketinggian derajat dan martabat mereka?! Jauhlah... Jauhlah, tiada keraguan lagi kecuali orang yang buta mata hatinya dan kaku hatinya...” 

(Qabasaat Min Hayati Sayyidina al Ustadz, 130) 

Sinar Agama: Salam dan terimakasih pertanyaannya: 

Yang bisa saya tangkap dengan hati yang penuh hijab ini, dari pelajaran-pelajaran dan kehidupan keilmuan maka, KURANG LEBIH: 

Pesan Nabi saww tentang keluarga beliau saww itu, yaitu kewajiban menyintai, menolong dan seterusnya, adalah Ahlulbait yang makshum as. Alasannya di tafsir-tafsir Qur'an tentang cinta Qurba Nabi saww itu adalah karena Nabi saww tidak minta upah apapun dari umatnya untuk dakwah beliau saww itu. Nabi saww sama sekali tidak memiliki pamrih apapun terhadap dakwah beliau saww itu dan Tuhan juga seperti itu. Jadi, kalau ada permintaan kewajiban menyintai keluarga beliau saww adalah yang makshumin as. Karena hal itu bukan demi Nabi saww tapi demi umat beliau saww sendiri. Beberapa hari yang lalu di inbox saya pernah membahas hal yang mirip dimana membawakan ayat-ayat itu bagus di sini. Ini kunukilkan sebagiannya dari diskusi tersebut: 

Antum tidak bisa menafsir ayat dengan kehendak sendiri dan apalagi dengan perasaan. Allah banyak menjelaskan ayat itu di ayat-ayat lainnya, seperti: 

قل ما سألتكم من أجر فهو لكم إن أجري إلاّ على الله

“Katakan -Muhammad- apa-apa yang kuminta dari kalian dari upah itu, adalah untuk diri kalian sendiri dan sesungguhnya upahku hanya di Allah.” 

قل ما أسألكم عليه من أجر إلاّ من شاء أن يتخذ إلى ربّه سبيلا

“Katakan -Muhammad- apa-apa yang aku minta dari kalian dari upah itu, tidak lain untuk orang-orang yang hendak mencari jalan menuju Tuhannya.” 

قل ما أسألكم عليه من أجر وما أنا من المتكلفين

“Katakan -Muhammad- apa-apa yang aku tidak minta upah apapun upah dari kalian darinya -tabligh- dan aku bukanlah yang memaksa.” 

Jadi, cinta yang diwajibkan itu adalah cinta yang teriring ketaatan dan sebagainya dan, yang tidak berupa keuntungan untuk Nabi saww di dunia ini, karena Nabi saww hanya akan mendapat dari sisi Allah. Oleh karena itulah maka keuntungan apa yang kalau menyintai keluarga Nabi saww itu yang bisa didapat? Jawabannya, adalah jalan menuju Allah. Nah, jalan menuju Allah ini hanya akan didapatkan secara pasti dari keluarga makshum Nabi saww. 

2. Sedang cinta kepada yang lain-lainnya dari para sayyid atau keturunan Abdulmuthallib ra atau keturunan Nabi saww secara khusus, yang bisa saya raba, sama dengan pesan-pesan Nabi saww kepada saling cinta dan tolong sesama muslimin. Sebegitu ditekankan terhadap saling tolong ini hingga siapapun yang tidak mau menolong saudara seimannya yang minta tolong dan dia mampu menolong, maka dosanya adalah dosa besar dan taubatnya tidak diterima Allah kecuali mencari orang tersebut dan menolongnya atau meminta ridhanya. 

Akan tetapi, kalau dalam setiap hal, ada saja gradasinya, seperti shalat berjama’ah dimana kalau calon imam shalat itu sama-sama adil dan alim, baik dari kalangan sayyid atau bukan, maka diutamakan (bukan diwajibkan) yang sayyid untuk dijadikan imam shalat, dan kalau sayyidnya lebih dari satu, maka diutamakan dipilih yang ganteng/tampan, maka dalam penghormatan ini juga seperti itu. Jadi, kalau mau menawarkan air kepada dua orang dimana yang satunya sayyid dan yang lainnya bukan, maka diutamakan (bukan diwajibkan) untuk menawarkan ke sayyid terlebih dahulu. 

Satu lagi yang bisa ana raba dari perilaku para ulama, adalah bahwa mereka mengambil jalan ihtiyath/hati-hati selama tidak bertentangan dengan hukum lainnya. Artinya mendahulukan sayyid karena tidak ada salahnya dan demi mengingat Nabi saww. Jadi, sekalipun anggap tidak dianjurkanpun, maka tetap tidak keluar dari garis agama. Tapi kalau berlawanan dengan hal lainnya, misalnya yang bukan sayyid lebih tua, lebih alim, lebih taqwa, ....maka mungkin mereka tidak akan melakukan kehati-hatian itu. 

Dari hukum shalat jama’ah itu sudah dapat ditangkap, seperti di fatwa imam Khumaini ra di Tahriiru al-Washiilah, masalah ke: 8 dari bab: syarat-syarat imam shalat (saya ringkas intinya saja): 

{{Kalau imamnya lebih dari satu, maka kalau saling mendahului, maka hati-hatinya tidak bermakmum kepada semuanya. Kalau saling mendahulukan/menyilahkan yang lainnya, maka ambil yang didahulukan makmumnya. Kalau makmumnya berbeda pendapat, maka diutamakan yang mujtahid yang adil. Kalau tidak ada atau juga sama-sama mujtahid, maka ambil yang paling bagus bacaannya. Dan kalau diantara mujtahid itu sama-sama bagus bacaannya, maka ambil yang paling alim dalam masalah shalat; kalau sama juga, maka ambil yang lebih tua. 

Imam yang biasa mengimami di satu masjid tertentu, maka ia di mesjid itu lebih utama dari yang lainnya, sekalipun fadhilahnya lebih rendah dari yang lain dan seyogyanya ia mendahulukan terlebih dahulu orang-orang yang lebih afdhal darinya sebelum maju mengimami (misalnya dia bukan mujtahid lalu kebetulan ada mujtahid yang mau bermakmum, maka ia seyogyanya menawarkan dulu kepada tamu tersebut). 

Begitu pula, yang memiliki rumah, lebih utama untuk menjadi imam shalat dari tamu-tamunya (tentu saja kalau memenuhi syarat jadi imam shalat, seperti lelaki, berakal, adil atau tidak melakukan dosa besar dan kecil...dan seterusnya). 

Dan sayyid, lebih utama dari yang lainnya kalau dalam fadhilah-fadhilah atau kelebihan- kelebihan di atas itu sama dengan yang bukan sayyid. 

Semua yang disebutkan di atas itu, adalah keutamaan saja dan bukan kewajiban.}} 

Dari fatwa di atas dapat dipahami bahwa keutamaan itu setelah melewati persyaratan imam shalat yang wajib dipenuhi. Jadi, keturunan atau bukan, harus lolos dulu dari syarat wajib ini. Baru setelah 

itu kalau yang keturunan ini mau diafdhalkan, harus melewati dulu fadhilah-fadhilah yang lain seperti mujtahid, lebih alim dan lebih fashih/fasih di antara sesama mujtahid itu, lalu lebih alim tentang shalat (lebih a’lam tentang shalat di antara sesama mujtahid itu), lebih tua diantara sesama mujtahid itu. Lalu yang biasa menjadi imam shalat di masjid, lalu pemilik rumah dan setelah itu baru sampai ke keturunan kalau ia sama dengan yang lainnya dari sisi fadhilah-fadhilah tersebut. 

Catatan

1- Masih banyak lagi bahasan yang bisa dibahas dalam hal ini.

2- Tentang perakitan tiga ayat untuk mengerti siapa Qurba yang wajib dicintai dalam  Qur'an itu, diambil dari tafsir Amtsaal, karya ayatullah Makaarim Syiiraazii hf.

3- Tentang sayyid Adil hf itu kita hormati pendapatnya, sekalipun kita mungkin agak beda kalau beliau hf memaksudkan pengkhususan hal-hal cinta, pertolongan ....dan seterusnya...itu kepada keturunan dan tidak kepada yang lainnya. Kalau semacam penggradasian, asal tidak bertentangan dengan nilai-nilai lainnya, maka hal itu jelas wajar-wajar saja dan bisa dikatakan lebih ahwath/hati-hati. 

Wassalam.


اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وآلِ مُحَمَّدٍ وعَجِّلْ فَرَجَهُمْ

Cara Mencari Ilmu dan Berguru



Seri tanya jawab Fatimah Zahra dengan Sinar Agama
by Sinar Agama (Notes) on Sunday, March 31, 2013 at 1:43 pm


Fatimah Zahra mengirim ke Sinar Agama: (10-2-2013) 

Salam. Afwan antum jangan tersinggung yah, ada teman yang menitipkan pertanyaan kepada saya, bagaimana hukumnya orang berguru kepada ustadz facebook yang identitasnya dirahasiakan. Bahkan ditanya nama pun tak mau jawab. Maaf beribu maaf atas pertanyaan gak mutu ini. 


Hega Sevenfold: Emang gak bermutu, dari kata memanggilnya saja udah salah . hheu Antum = menunjukan lebih dari 1. 

Anta = pada 1 orang . :p 

Fatimah Zahra: Maaf, saya sedang tidak bertanya pada anda, maka diam lah!!!!! 

Hega Sevenfold: Jiah, kalau anda tidak bertanya pada saya, terus bertanya pada siapa donk hah ?? :p 

Fatimah Zahra: Stress yah? 

Hega Sevenfold: ciyuzz ?? hhaha dasar gelo maneh mah ... ckckkk 

Fatimah Zahra: Ustad, dia ini mengganggu saya..ahsan antum tegur. :( 

Damai Slaluww: hega,,_afwan ana nimbrung,, kalau dalam kaedah panggilan bahasa arab “antum” itu merupakan bentuk bahasa yang sangat sopan dalam memanggil seseorang. 

Contoh halnya sama dengan beberapa suku di Indonesia. Bahasa daerah yang menyebutkan “kita” untuk memanggil seseorang kamu (1 orang),, 

Afwan,,ana hanya berbagi sedikit, itupun ana dapat dari hasil pertanyaan ana kepada seseorang yang a’lam keilmuannya. 

Hega Sevenfold: Ya udah, ma’af ya udah ganggu . :) Tapi itu saran aku. “antum itu dhomir, jadi anda bertanya bukan pada ustadz saja” . :) Makasih. 

Damai Slaluww: hega@ahsan itu dhomir,, syukron sudah memperjelas kekurangan... Afwan,, salam. 

Hidayatul Ilahi: Nyimak aja dech. 

Sinar Agama: Salam dan terimakasih pertanyaannya: 

1- Belajar itu dilihat apa yang dipelajari. Kalau tentang akidah, maka yang dilihat adalah dalilnya.
Karena dalam akidah tidak boleh taqlid. Jadi, yang dipentingkan dalam akidah adalah dalil. Kalau akidah saja yang dipentingkan dalilnya, maka apalagi dalam ilmu-ilmu lain seperti filsafat dan semacamnya. 

2- Kalau yang dipelajari itu fikih, yang tergantung kepada marja’nya. Artinya, pengajar itu hanya menyampaikan apa-apa yang difatwakan marja’. 

Dengan melihat obyek pelajarannya itu, maka belajar ke siapa saja, atau belajar ke yang tidak dikenalpun, tetap boleh-boleh saja. Kalau si pengajar tadi selalu mengajukan argumentasinya dalam ilmu-ilmu akidah dan ilmu-ilmu lainnya, dan selalu menukilkan fatwa marja’ ketika menjelaskan fikihnya. 

Nah, kalau pengajar tersebut sudah memenuhi syarat itu, maka ini yang dikatakan oleh para makshumin as seperti imam Ali as: “Ambillah hikmah (yang kuat dalilnya) itu dari siapapun orangnya.” 

Dulu hal ini sudah panjang lebar didiskusikan dan semua itu ada dalam catatan. Silahkan merujuk ke sana. 

Jawabanku ini bukan menyuruh orang belajar ke saya sebagai sinar agama yang tidak mau menyebut nama, tapi hanya sekedar memberikan jawaban dari apa-apa yang antum tanyakan. Siapa saja mau belajar ke siapa saja, merupakan hak masing-masing dan saya tidak ikut-ikutan bertanggung jawab kelak di akhirat. Saya hanya akan mempertanggungjawabkan jawaban-jawabanku di facebook ini atau di luar facebook, di hadapanNya kelak. Semoga kita semua bisa lulus dalam mempertanggungjawabkan masing-masing perbuatan kita, belajar kita ke seseorang, tidak belajar kita dari seseorang, amal kita ....dan seterusnya....amin. 

Sinar Agama: Hega: Belajar bahasa arab mbok jangan tanggung-tanggung kenapa??? Kalau begitu antum jangan pernah berkata kepada teman antum dengan “Assalaamu ‘alaikum”, kalau dia sendirian. Antum itu bisa bermakna mufrad tapi untuk penghormatan. Penghormatan memakai dhomir jama’ ini hanya tidak boleh dipakai ke Tuhan, karena bisa memberikan imej (gambaran) bahwa Tuhan itu lebih dari satu. 

Sang Pencinta: Salam mungkin ini relevan, Berguru pada Orang Yang Belajar Otodidak Oleh Ustadz Sinar Agama = http://www.facebook.com/groups/210570692321068?view=doc&id=215602851817852,

Shalat ayat & Filsafatnya & Hukum mengambil berita fikih dari Sinar Agama, Oleh Ustadz Sinar Agama = 
http://www.facebook.com/groups/210570692321068/doc/246251565419647/

Sang Pencinta: Kewajiban Beramar’ma’ruf Oleh Setelah Belajar di FB Oleh Ustad(Ustadz) Sinar Agama = 
http://www.facebook.com/groups/210570692321068/doc/445205765524225/

Mata Jiwa: Saya justru salut pada pak ustadz yang merahasiakan identitasnya..tapi tetap melayani, meladeni pertanyaan-pertanyaan kita yang tidak berhenti-henti dengan penuh perhatian & sangat rinci, bahkan dalam 1 pertanyaan kita bisa dapat ilmu sampai berkali lipat. Saya bayangkan pak ustadz berada di depan laptop menjawab pertanyaan dengan cermat, coba renungkan. Apa yang beliau kerjakan tidak ada yang memuji karena mengenalnya, tanpa pamrih, disaat yang lain terang-terangan dapat ‘apresiasi nyata’..tak ada suguhan khusus dari kita dikesibukannya. Jika bukan karena profesionalitas & berharap ridhoNYA, tentu ini sulit. 

Sinar Agama: Mata: Terima kasih atas baik sangkanya, semoga benar-benar diwujudkanNya untukku, untukmu dan semua teman-teman facebook ini. Intinya, dunia ini bukan untuk huru hara, ramai-ramai penuh suka walau, tidak juga untuk selalu berduka dan bermuram durja. 

Tapi ketahuilah, bahwa begitu kita mulai naza’ dimana tenggorokan serasa tersumbat, lalu nafas terasa terhenti dan betul-betul berhenti, kemudian kita dimandikan dan dikafani, lalu dikubur menyendiri, maka kala itulah betul-betul buku amal kita akan terlihat nyata. Kosong atau bertinta. Kalau bertinta, apakah mengukirkan yang menyenangkan atau justru dengan yang membuat duka. Buku itu adalah buku amal yang benar-benar nyata. Bukan buku yang kita kira-kira, terutama yang kita kira dalam suka, atau yang kita ukir dengan baik sangka (pada diri sendiri) atau yang diukir dengan harapan hampa karena tanpa amal yang argumentatif dan nyata. 

Hanya pada Tuhan kita bisa berlindung dan mesti mengaitkan hati sebelum kemudian mengikatnya erat-erat, lugu dan tanpa peduli, gila bagai majnun, bertuli ria walau halilintar menyambar berjuta- juta, berjalan bagai orang bodoh karena tak pandai bargaining dengan dunia, dianggap kaku di pojokan mengikuti jejak buhlul yang selalu berlagak gila, menyela air matanya dengan penuh rela kala dicerca, menelan pahitnya putus cinta demi melatih diri sebelum ajal menyapa, pandai menyembunyikan getirnya kehidupan dengan canda ria, hanya memendam satu cita selama hayat masih menyerta, yaitu hanya dan hanya, ingin diterima Sang Paduka yang memang satu- satunya yang layak dicinta dan didamba. 

Suatu hari, Buhlul, di kesepian kota, ia menengadah ke langit sambil berkata:” Tuhan....jadikanlah aku yang benar-benar ikhlash padamu.” 

Doa ini ia panjatkan, karena ia berdakwah di tengah-tengah masyarakat dengan gaya orang yang tidak sehat akal. Ia sampaikan kebenaran ajaran agama dengan penampilan itu, supaya tidak ada satu orangpun yang mengira ia waras dan, apalagi layak dihormati. Karena itu, setiap ia mengucapkan suatu pernyataan, semua orang mendengarnya sebagai kebenaran yang memang benar walau datangnya dari seorang yang gila. Bagi, Buhlul, hal ini sudah cukup. Karena kebenaran itu diterima sebagai kebenaran walau dengan penampilan yang persis dengan orang gila itu. 

Jadi, ia sudah melakukan perintah agamaNya dan, dari satu sisi ia telah pula memendam gelora hatinya akan dunia ini. Itulah ia kadang melihat ke langit sambil berdoa seperti yang di atas itu agar ia tetap istiqamah dan tetap menjadi pengabai terhadap dunia. 

Semoga kita semua selamat dari segala macam tipu daya dunia yang sering membuat dada berdentum keras dan sering pula terjubahi dengan ratusan ayat dan ratusan hadits yang berlapis, amin. Ya Allah...sudilah menyelamatkan kami dari diri kami sendiri, karena kami sendirilah musuh terbesar kami, amin. 

Wassalam.


اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وآلِ مُحَمَّدٍ وعَجِّلْ فَرَجَهُمْ

Minggu, 23 Desember 2018

Akal itu Yang Menaati Allah dan Berusaha Menggapai Surga



Pertanyaan page Ali Akbar Velayati dengan Sinar Agama
by Sinar Agama (Notes) on Sunday, March 31, 2013 at 1:27 pm

Ali Akbar Velayati: (10-2-2013), Salam ustadz, afwan ana mau tanya pendapat antum mengenai kalam imam ja’far asshodiq yaitu’’ al aqlu ma abduhur rahman wak tasaba bihil jinan...maksudnya apa ustadz?? Syukron wa afwan. 

Sang Pencinta: Salam, bisa diterjemahkan artinya mas?, mungkin ada di arsip ustadz sinar, yang bisa saya bawakan, terima kasih. 

Ali Akbar Velayati: Wasalam...afwan, oleh karena itu saya tanyakan sama ustadz sinar agama, kalau secara bahasa ana takut mengurangi maksudnya... 

Yayasan Al-Ittihad Al-Islami: Ali buka kamus munjid, maurid, mu’jam maqayis..... 

Sinar Agama: Salam dan terima kasih pertanyaannya: 

1- Mungkin tulisan yang benar seperti ini: al-’aqlu maa ‘ubida bihi al-Rahmaan wa uktusiba bihi al-jinaan, sebagaimana arabnya yang diucapkan oleh imam Ja’far as ketika menjawab pertanyaan shahabatnya dengan pertanyaan “’Aql/akal itu apa?” dengan jawaban: 

ما عبد به الرحمن واكتسب به الجنان 

2- Maknanya adalah: “Apa-apa yang dengannya Allah ditaati dan surga dimasuki.”

3- Maksud Haditsnya (secara rabaan dan kurang lebih): 
  • 3-1- Seperti yang sudah sering saya terangkan tentang akal ini, bahwa ia meliputi dua makna secara hakiki: Pertama, memahami sesuatu dengan benar dan dengan dalil gamblang. Ke dua, memahami bahwa yang benar dari yang diketahuinya itu harus diaplikasikan/ diamalkan dan hal-hal yang dipahaminya sebagai suatu kesalahan itu, harus ditinggalkan. Jadi, akal bukan hanya untuk memahami kebenaran sebagai yang benar dan memahami kesalahan sebagai kesalahan, tapi juga memahami yang benar harus diikuti dan yang salah harus ditinggalkan. 
  • 3-2- Imam Ja’far as merangkai dengan indah makna akal tersebut dalam bentuk kalimat akhlaki yang cukup sederhana walau mengandungi makna filosofis yang sangat dalam. Hal itu, karena beliau as dan para imam as yang lain mengikuti para nabi as yang tidak mengajarkan ilmu tertentu dan hanya mengajarkan agama yang meninggikan masyarakat baik dengan menumpangi berbagai ilmu sekalipun. Karena itulah, para makshum as itu, selain imamnya para umat biasa, juga merupakan imamnya para filosof dan cendikiawan. Karena itulah, kalimat-kalimat yang disampaikan itu dapat dipahami orang yang tidak sekolah dan dapat dipahami pula oleh para filosof dan cendikia yang paling hebat sekalipun, sesuai dengan ilmu-ilmu mereka sendiri-sendiri. 
  • 3-3- Karena itulah imam as meringkasnya bahwa akal itu adalah yang dengannya dapat menaati Allah. Jadi, yang akalnya tidak digunakan untuk mengerti Allah dan agamaNya, dan tidak digunakan untuk menaatiNya, maka ia bukan akal yang sesungguhnya. Karena kalau tidak dibuat tahu dan belajar, maka ia telah difungsikan di posisi yang rendah dimana posisi itu adalah posisi binatang (karena itulah Tuhan mengatakan bahwa orang- orang seperti ini adalah menempati posisi binatang atau bahkan lebih rendah lagi, QS: 25: 44). Dan kalau digunakan untuk belajar tapi tidak diamalkan, maka ia juga bukan hakikat akal itu. Karena apa gunanya tahu bahwa racun itu mematikan dan berbahaya tapi tetap saja meminumnya??. Sudah tahu kalau selain ajaranNya itu tidak benar, tapi tetap saja tidak memakai ajaranNya dalam segala kehidupan??? 
  • 3-4- Jadi, yang tidak belajar tentang Allah dan agamaNya, tidak akan tahu cara taat kepadaNya. Dan yang hanya belajar tapi tidak mengamalkannya, maka ia tidak menggunakan akalnya. Jadi, kedua kelompok ini, yakni yang tidak belajar dan yang belajar tapi tidak mengamalkannya, memiliki satu derajat yang sama, yaitu “Tidak Berakal”. Itulah mengapa imam as mengatakan bahwa Akal itu adalah yang dengannya dapat menaati Allah. 
  • 3-5- Sedang potongan ke dua-nya juga seperti itu, yaitu “yang dengannya berusaha untuk mencapai surga.” Hal itu, karena akal sudah pasti tahu bahwa kita akan mati dan umur kita sangatlah pendek di dunia ini. Dan akal juga tahu bahwa kelezatan dunia ini bagai sedetik saja. Akal juga tahu bahwa kita akan segera mati dan akan dibangkitkan nanti dalam kehidupan yang abadi. Akal juga tahu bahwa kenikmatan surga itu abadi. Akal juga tahu bahwa neraka itu panasnya tidak bisa dibayangkan. Akal juga tahu dan tahu.....dan seterusnya. 

Nah, dalam keadaan seperti itu, lalu masih saja kebanyakan umurnya digunakan untuk dunia dan kelezatannya dan mengabaikan akhiratnya, atau kalau menabungpun tidak seserius pengejarannya terhadap dunia dimana selalu dengan sebegitu seriusnya hingga selalu takut gagal, ....dan seterusnya...maka jelas akal seperti ini tidak layak dikatakan sebagai akal. 

Inilah kurang lebih sebagian kecil dari maksud beliau as itu. Semoga kita semua dapat lolos dengan baik dan profesional menghadapi segala macam ujian hingga menjadi orang yang selamat menurutNya (bukan hanya dakwaan dan khayalan atau harapan kita saja) di dunia ini dan di akhirat kelak, amin. 

Wassalam. 

Ali Akbar Velayati: Ajibb, syukron pemaparannya, jazakumullah khairal jaza’. Wassalam.


اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وآلِ مُحَمَّدٍ وعَجِّلْ فَرَجَهُمْ

Menghadiahi Orang Tua dan Orang Yang Berjasa



Seri tanya jawab Sang Pencinta dengan Sinar Agama
by Sinar Agama (Notes) on Sunday, March 31, 2013 at 1:21 pm

Sang Pencinta mengirim ke Sinar Agama: (10-2-2013) 

Salam, meniatkan belajar dan apa pun yang kita lakukan sebagai bentuk pengabdian kepada orang tua, para guru dan ulama terkhusus maraji’ dan orang-orang yang berjasa dalam hidup, gimana niat-nya? Terima kasih ustadz. 

Sinar Agama: Salam dan terima kasih pertanyaannya: Niatnya tetap karena Allah, lalu meniatkan pahalanya untuk diliputkan juga kepada yang antum maksudkan itu. 

Dulu pernah orang bertanya kepada ayatullah Jawodi Omuli hf: 

“Saya ini seorang pendosa yang masih banyak cela yang harus ditutupi. Tapi saya ingin menyertakan pahala belajar dan perbuatan baik lainnya kepada kedua orang tua. Apakah hal ini tidak membuat hamba ini semakin lama untuk menutupi dosa-dosa itu?” 


Beliau hf menjawab: “Sama sekali tidak. Karena pahala amalmu itu justru akan kembali kepadamu dengan berlipat ganda.” 

Saya melihat antum yang bertanya ini, seperti orang itu. Semoga memang sudah saling terikat di alam makna dan semoga antum semakin maju terus dengan ilham-ilham yang diberikanNya yang dengan hati-hati antum cek dulu dengan agama akan kebenarannya, amin. 

Semoga teman-teman lain, juga tidak pernah berhenti untuk menyiapkan diri masuk ke kuburan dan akhirat, hingga tidak henti-hentinya memperhatikan dan memperdulikan akhiratnya dan tidak terlena dengan permainan dunia yang begitu menggiurkan dan bahkan mencekamkan ini hingga membuat manusia seperti tidak ada jalan keluarnya lagi hingga seakan tidak ada jalan lain kecuali bertekuk lutut kepadanya dan, akhirnya mengabaikanNya dan membiarkanNya hanya dalam ide dan khayalan bak fatamorgana, atau mungkin dalam training-training dan syair-syair- gombal tentangNya, sementara dalam kehidupan ini hanya dunia, majlis, facebook, kegiatan, kerja, aktifitas, organisasi, partai, uang, posisi, kekasih, ....dan seterusnya..yang begitu nampak jelas dan terasa manis-pahitnya (na’udzubillah), amin. 

Wassalam.


اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وآلِ مُحَمَّدٍ وعَجِّلْ فَرَجَهُمْ

Makna Sunnatullaah dan Sunnaturrasul



Seri tanya jawab Memburu Kebenaran dengan Sinar Agama 
by Sinar Agama (Notes) on Sunday, March 31, 2013 at 12:59 pm

Memburu Kebenaran mengirim ke Sinar Agama: Rabu (6-2-2013) 

Salam ustadz semoga sehat selalu..maaf mau nanya apa pengertian makna dari Sunatillah dan Sunatirosull dalam ayat Alquran ? Dan gimana aplikasinya ? 


Sinar Agama: Salam dan terima kasih pertanyaannya yang diulang sampai sekitar 10 kali: 

Sunnatullah bisa berupa ciptaan, yaitu Naturalnya, dan bisa berupa syariat yaitu Ajaran Allah yang dituang dalam Qur'an. Sedang Sunnaturrasul saww adalah Ajaran Allah yang dituangkan dalam hadits-hadits Nabi saww. Hadits, yakni sabda, perbuatan atau taqrir/persetujuan Nabi saww. 

Kedua sunnah itu, bisa berupa akidah, fikih dan seterusnya. Yang fikih bisa berupa wajib, haram, sunnah, mubah dan makruh. Jadi, sunnah di kedua sunnah tersebut, bukan lawan dari wajib, tapi ajaran itu sendiri. 

Memburu Kebenaran: Syukron ustadz jawabannya , maaf tidak sengaja pertanyaan terulang, dikira belum masuk signal jelek sekali kemarin. 

Sinar Agama: Iya tidak masalah, saya juga terkadang begitu di inbox. Terlihat ada tanda tidak terkirim, tapi ternyata terkirim. 

Wassalam.


اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وآلِ مُحَمَّدٍ وعَجِّلْ فَرَجَهُمْ

Istibra’



Seri tanya jawab Sang Pencinta dengan Sinar Agama
by Sinar Agama (Notes) on Sunday, March 31, 2013 at 12:39 pm

Sang Pencinta mengirim ke Sinar Agama: 4 Februari 2013

Salam, tentang istibra’, dalam daras Rahbar: Cara terbaik untuk melakukan istibra‎ adalah: pertama, setelah air kencing berhenti membersihkan lubang anus -jika bagian ini terkena najis-, setelah itu menarik jari tengah dan ibu jari tangan kiri dari lubang anus ke arah pangkal vital sebanyak tiga kali, dilanjutkan dengan meletakkan ibu jari pada permukaan vital dan jari telunjuk di bawahnya lalu menariknya sampai ke kepala vital sebanyak tiga kali yang kemudian diakhiri dengan menekan kepala vital sebanyak tiga kali pula. 

Sang Pencinta: Pertanyaannya: Step-stepnya itu bolehkah pake dua/lebih jari seperti: menarik dengan jari telunjuk, jari tengah dan ibu jari dari lubang anus ke arah pangkal vital sebanyak tiga kali. kedua: Apakah urutannya harus seperti di atas? Jika tidak berurutan, apakah membatalkan istibra’? Terima kasih ustadz. 

Sang Pencinta: Saya tidak bisa istibra dengan tangan kiri, selama ini bersuci dari kencing dan lain- lain pake tangan kanan, makruhkah ustadz? 

Sinar Agama: Salam dan terima kasih pertanyaannya: 

1- Urutan istibra’ itu memang seperti yang sudah disebutkan di atas itu dan tidak boleh dirubah. Karena kalau diloncat-loncat, misalnya kepalanya dulu yang ditekan, maka nanti pengurutan atau penarikan yang dari pangkal atau dari lubang anus itu tidak akan bisa dikeluarkan hingga membuat pekerjaan tersebut menjadi sia-sia. 

2- Sepertinya cara yang antum sebutkan itu tidak benar. Mungkin antum salah tulis atau mereka salah tulis. Karena menarik jari tengah dan ibu jari, hampir mustahil bisa dilakukan. Yang ada di kitab hanya dikatakan menekannya dengan jari atau kadang menyebutnya dengan menekankan jari tengah.
 
3- Ketika dengan satu jari tengah saja sudah cukup, maka dengan lebih dari satu jari, sudah tentu tidak dilarang dan akan semakin baik. Intinya harus diperhatikan bahwa pengurutan (asal kata urut seperti urut dalam pijat, bukan urut yang bermakna tahapan) itu sudah benar- benar terjadi pada pangkal dalam kemaluan yang dimulai dari yang ada di dubur itu sampai ke pangkal luar yang berada di dekat telurnya itu.
 
4- Melakukan pembersihan dengan tangan kanan itu tidak terlarang dan, apalagi kalau tangan kirinya berhalangan. 

Tambahan

Sebenarnya, sekalipun sudah buang air besar, bisa melakukan istibra’ ini tanpa terkena najis kotoran besar itu. Yaitu dengan memasukkan jari tengah atau jemari tangan ke kulit yang biasanya lentur yang berada di daerah pangkal itu, lalu menekannya ke arah paling pangkalnya kemaluan bagian dalam tersebut. Lalu setelah itu memulai pengurutan atau penarikan tersebut. Sebab kalau mencuci dulu air atau kotoran besarnya, bisa saja tangannya terkena najis kencing yang ada di ujung kemaluan itu hingga membuat repot. 

Khommar Rudin: Allahumma shalli alaa muhammad wa aali muhammad. 

Hidayatul Ilahi: Bagaimana jika istibra’ hanya dari pangkal vital sampai ke kepalanya saja ustad?? Bukan di mulai dari dubur?? Apakah itu membatalkan istibra’nya? 

Sang Pencinta: HI: Batal istibranya, harus sesuai dengan rincian fatwa di atas. 

Sinar Agama: H.I: Benar yang dikatakan Pencinta, setidaknya hati-hatinya seperti itu. 

Wassalam.


اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وآلِ مُحَمَّدٍ وعَجِّلْ فَرَجَهُمْ