Kamis, 01 Juli 2021

Rahasia Tuhan


Oleh Ustadz Sinar Agama http://www.facebook.com/groups/210570692321068/doc/326178060760330/ Oleh Anggelia Sulqani Zahra pada 4 Februari 2012 pukul 23:31


Dede Delonge: Salam..

Ustadz.,saya ingin menanyakan sesuatu mengenai rahasia Tuhan., pertanyaan ini timbul dalam pikiran saya sebab tuhan memberikan akal kepada manusia untuk memahami dan mengetahui segala realitas dan syariat yang telah Dia turunkan., pertanyaan saya : Apakah betul Tuhan mempunyai rahasia? Dan rahasia apa-apa saja yang kita tidak boleh ketahui? Sampai mana batasan kita untuk mempelejari ilmu”-Nya? Mohon penjelasannya ustad., maaf jika pertanyaan saya kurang jelas.,

Sinar Agama: Salam dan terimakasih pertanyaannya:

(1). Memang saya tidak paham betul/jelas dengan pertanyaan antum ini. Tetapi saya akan meraba maksudnya dan akan menjawabnya sesuai rabaan itu. Kalau salah, maka tolong dikoreksi hingga saya bisa memberikan jawaban yang tepat.

(2). Kalau maksud rahasia itu adalah mutlak, yakni apa saja dimana termasuk Tuhan itu sendiri, maka jelas bahwa Ia sendiri sudah segala rahasianya rahasia. Tidak ada yang tahu DiriNya sampai kapanpun dan sejak kapanpun. Apapun yang kita tahu tentang Dia itu adalah kebenaran (kalau memang sudah benar) yang jaraknya dengan HakikatNya tidak terbatas. Karena jarak yang terbatas dengan yang tidak terbatas, juga tidak terbatas.

(3). Karena itu, manusia tidak dibatasi untuk mengertiNya, mengkasyafNya dan seterusnya.

Tetapi setinggi apapun makrifah-makrifah tentangNya, itu, jaraknya terhadapNya, juga tetap tidak ada batasnya. Karena jarak antara yang tidak terbatas dengan yang terbatas, juga tidak terbatas. Kalau jaraknya menjadi lebih dekat, maka berarti Ia terbatas. Dan kalau Ia terbatas, maka Ia adalah makhluk, karena bermula dan sebelum mula tidak ada dan yang sebelum tidak ada lalu setelah mula menjadi ada, maka pasti diadakan (makhluk). Karena itu, karena Ia tidak terbatas, maka apapun kemulian dan setinggi apapun makrifah dan kemuliaan, tetap saja memilki jarak yang tidak terbatas teradapNya.

Wassalam.


اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وآلِ مُحَمَّدٍ وعَجِّلْ فَرَجَهُمْ


Tidak ada komentar:

Posting Komentar