Senin, 06 Mei 2019

Muhaajiriin dan Anshaar Dijamin Surga ?!


Seri tanya jawab inbox Mazhab Ahlul’Kisa Ahlul Bait dengan Sinar Agama
by Sinar Agama (Notes) on Saturday, April 6, 2013 at 3:14 am


Mazhab Ahlul’Kisa Ahlul Bait: Assalamu’alaikum..,surat-taubah ayat 100 bilang bahwa muhajirin dan anshor dijamin masuk surga.,pertanyaan saya apakah itu untuk mereka yang mengikuti rasulullah saww dengan baik atau itu mutlak untuk semua muhajirin dan anshor ? 

Mohon penjelasan serta rujukannya.. syukron sebelumnya. 

Sinar Agama: Salam, dimana? Tidak ada ayat seperti itu. Ayat itu benar-benar telah salah diterjemahkan. 

Ini ayatnya: 

وَالسَّابِقُونَ الَْوَّلُونَ مِنَ الْمُهَاجِرِينَ وَالَْنْصَارِ وَالَّذِينَ اتَّبَعُوهُمْ بِإِحْسَانٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمْ وَرَضُوا عَنْهُ وَأَعَدَّ لَهُمْ جَنَّاتٍ 
تَجْرِي تَحْتَهَا الَْنْهَارُ خَالِدِينَ فِيهَا أَبَدًا ذَلِكَ الْفَوْزُالْعَظِيم

“Orang-orang yang berlomba-lomba (dalam taat) dan mendahului yang lain, dari SEBAGIAN Muhajirin dan Anshaar dan yang mengikuti mereka dengan baik, maka mereka diridhai Allah dan mereka juga ridha kepadaNya dan dijanjikan kepada mereka surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya selama-lamanya dan yang demikian itulah kemenangan yang agung.” 

Allah dalam QS: 56: 10: juga menyinggung orang-orang yang berlomba-lomba dalam taat ini: 

“Dan orang-orang yang dahulu mendahului (berlomba-lomba), maka merekalah orang-orang yang didekatkan (padaNya), berada di dalam surga yang penuh kenikmatan.” 

Kata “min” yang maknanya “dari”, pada ayat pertama itu “Mina al-muhaajiriin waal-anshaar”, adalah “min tab’idh” yakni “dari sebagian”. Artinya, ketika dikatakan “dari muhaajiriin dan anshaar”, maksudnya “dari sebagian muhaajiriin dan anshaar”. Jadi, bukan semua. 

Nah, muhaajiriin dan anshaar yang berlomba-lomba dalam taat sampai wafatnya tidak berubah, maka merekalah yang akan diridhaiNya itu.



اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وآلِ مُحَمَّدٍ وعَجِّلْ فَرَجَهُمْ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar