Jumat, 16 November 2018

Besar Pasak Dari Pada Tiang



Seri status Sinar Agama
by Sinar Agama (Notes) on Thursday, December 13, 2012 at 10:18 pm


Sinar Agama: 18 Agustus, Bismillaah: 

Saya pikir bagus sekali kalau kita memperhatikan kaidah “Besar pasak dari pada tiang” ini dalam hal-hal yang tidak hanya berurusan dengan keluar masuknya pendapatan uang. Tapi juga dalam hal keluar masuknya ilmu, keluar masuknya nasihat-nasihat, keluar masuknya bantuan, keluar masuknya penghormatan, keluar masuknya ketertindasan, keluar masuknya protes, keluar masuknya keluhan, keluar masuknya emosi, keluar masuknya aktifitas ...dan seterusnya. 

Apakah itu yang dimaksud Nabi saww dengan sabda beliau saww dalam riwayat yang pernah kita dengar/jumpai yang berbunyi (kurang lebih): 

“Sebagaimana kamu berbuat, seperti itu pula kamu akan mendapat balasan.” 


Yakni, mungkin, salah satu maknanya adalah, ukurlah yang kamu keluarkan itu dengan pendapatanmu, karena semua yang kamu keluarkan itu akan menjadi ukuran balasannya. 

Nah, kalau kita memperhatikan kata-kata nasihat di atas itu dalam kehidupan kita, maka kita sendiri akan lebih selamat di dunia ini dan di akhirat kelak. Karena terus terang, mencuatnya suatu masalah dalam kehidupan kita, bisa membuat kita lupa akan berimbangnya pemasukan itu dengan interaksi yang akan kita berikan. 

Karena itulah, maka saya sering menganjurkan diri dan teman-teman, untuk berlindung di bawah hidayah akal, karena ia adalah alat dan berkah serta hidayah paling dekat yang diberikan Tuhan di mana saking dekatnya, untuk memahami agamapun (Qur'an-Hadits) harus memakainya. 

Semoga kita semua tidak menjadi orang yang memboroskan hal-hal yang tidak perlu yang, apalagi kalau melebihi pemasukan yang kita lakukan. Amin ya Rabba al-’Aalamiin. 

Gembel Elit, Iksankamal Kamal dan 65 orang lainnya menyukai ini. 


Muhammad Dudi Hari Saputra: I Love this Status.. :) Syukron ya Ustadz..mencerahkan... 

Sang Pencinta: Status ini ‘menyindir” hidup saya banget ustadz.. terima kasih berat atas kasih sayang dan nasehat ustadz .. 

Kartini Zahra: Syukron ustadz sangat bermanfaat. 

Komariah Zahra: Jazakallahu kheir ustadz. 

Caesar Anton : Moga-moga ana bisa terapin nasihat itu dalam hidup. 

Zarranggie Syubeir: amin yaa Rabbal ‘alamin.. 

Sirol Mufham: amin... 

Illa Meilasari : Astaghfirullaah....!!! Syukron ustadz, tersadarkan alhamdulillaah...konsep mubadzir bisa masuk dalam segala lini...Allaahu Akbar!!! 

Asep Asgar: Amin yaa robbal ‘alamin.. 

Resti Ningtias: Amin yaa rabbal alamin 

Khommar Rudin: Allahumma shalli alaa Muhammad wa aali Muhammad. 

Sinar Agama: Salam dan terima kasih atas segala jempol dan komentar-komentarnya. Wassalam.


اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وآلِ مُحَمَّدٍ وعَجِّلْ فَرَجَهُمْ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar