Minggu, 28 April 2019

Beda Ulama dan Ustadz


Seri tanya jawab Sang Pencinta dengan Sinar Agama
by Sinar Agama (Notes) on Tuesday, April 2, 2013 at 10:12 am

Sang Pencinta: 6 Maret 2013, Salam, secara asal kata dan istilah, apakah definisi ulama’, apakah ulama sama dengan ustadz? Kapan ulama ini layak/bisa disandangkan pada seseorang? Terima kasih ustadz. — bersama Sinar Agama. 

Apakah penyandangan ulama disandarkan pada akademisi atau syarat-syarat spesifik? 

Sinar Agama: Salam dan terimakasih pertanyaannya: 

Ulama (baca: Ulama Islam) menurut idiomnya dan istilahnya tentu diberikan kepada orang yang secara spesifik mempelajari agama Islam secara lama dan sampai ke tingkat tertentu yang secara ‘uruf (‘urf) dan peristilahan para ahli agama, dapat dikatakan sebagai ulama. 


Ustadz (baca: Ustadz agama) adalah para guru dan pengajar agama dengan segala bidang dan latar belakang serta tingkatannya. Misalnya ustadz tajwid, ustadz qiraat, ustadz bahasa arab, ustadz hadits kitab awal/ mukaddimah, ustadz ushulfikih kitab awal/mukaddimah atau pertengahan atau tingkat tinggi...dan seterusnya. 


Jadi, ulama menguasai semua atau banyak ilmu-ilmu yang bersangkutan dengan agama Islam sekalipun tidak mengajar dan tidak menulis. Tapi ustadz, belum tentu menguasai semua ilmu dan sangat belum tentu menguasai satu bidang ilmu yang di tingkat pertengahan sekalipun. 

Singgih Djoko Pitono: Hari ini banyak yang menyandang sebutan ustadz, baru nyadar setelah penjelasan di atas, bahwa ustadz itu memang bukan ulama... Tetapi anggapan umum mengatakan bahwa ustadz itu didefinisikan seperti penjelasan “ ulama” di atas. 

Susi Noorhayati: Assalamualaikum ustadz Sinar Agama, afwan mau tanya ustadz. Bagaimana caranya agar seorang murid bisa berada di dalam hatinya sang guru?? Dan bagaimana pula kita mengetahui bahwa seorang murid telah berada di dalam hati gurunya?? Mohon penjelasannya ustadz!! 

Sinar Agama: Susi: Guru tidak akan pernah meletakkan muridnya dalam hatinya kecuali dalam arti ingin melihat muridnya bahagia dengan ketaqwaan dunia-akhirat. Dan murid yang benar, tidak mengharap apapun dari gurunya kecuali ingin selalu dalam taat yang diajarkan gurunya dunia-akhirat. 

She Lha: Ana cinta om Sinar Agama. 

Panda Bms: Asalamu’laikum wr wb, salam,? Betulkah bagi siapa yang ingin masuk surga bagi umat muslim beragama islam harus mencintai Rasulullah Nabi Muhammad saw & Keluarganya? Mohon dijelaskan makasih? Tolong jawab untuk Sinar Agama? 

Sinar Agama: Panda: Ketika setiap muslim diwajibkan bershalawat dalam shalatnya kepada Nabi saww dan Ahlulbaitnya/ keluarganya, maka sudah pasti ada maksud di dalamnya. Yaitu wajib menyintai dan menaati serta mencontohnya. Perintah ini juga ada di Qur'an dan ratusan di hadits-hadits Nabi saww. 

Wassalam.



اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وآلِ مُحَمَّدٍ وعَجِّلْ فَرَجَهُمْ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar