Rabu, 19 September 2018

Tentang Peringatan Nabi saww Atas Kesyahidan Imam Husain as, Ma’tam dan Muawiyyah



Seri status Sinar Agama
by Sinar Agama (Notes) on Saturday, February 2, 2013 at 10:08 am




Sinar Agama: 25-11-2012, (Keterangan status: Status ini diambil dari jawaban saya pada diskusi sebelumnya di catatan yang berjudul 

“Peringatan Kesyahidan Para Makshumin as dan Kekhususannya Untuk Imam Husain as”

Karena tidak terlalu panjang dan karena pentingnya diskusi lanjutannya, maka dimuat kembali, SA) 

Bismillaah: Peringatan Nabis aww terhadap peristiwa pembunuhan imam Husain as di Karbala, seri jawaban Jawaban terhadap pertanyaan Pakmazomzoer Abu Fatih Assawity: 

Pakmazomzoer Abu Fatih Assawity: Kenapa tidak meninggalnya Shahabat Ali ra yang di peringati atau ROSULULLAH sekalian??? Emang ada ya tuntunanya memperingati kematian??? Tapi kalo mengingat mati boleh gak???

Sinar Agama: P A F A: Lagi-lagi kamu mencari sesuatu di pekaranganmu lagi. Sudah tentu tidak akan pernah ketemu. Cari di tempat yang mesti dicari, nanti kamu akan dapatkan bahwa semua imam makshum as itu diperingati kesyahidannya, karena 11 imam as telah dibunuh oleh musuh- musuh Islam, seperti khawarij dan para raja-raja Bani Umayyah dan Bani Abbas. 

Peringatan ‘Asyura ini memang beda karena kekejamannya meraja lela, di pentas umum tanpa sembunyi-sembunyi dan mengarak kepala-kepala para syahid dari keluarga Nabi saww yang sebanyak 24 kepala, sejak dari Karbala-Iraq sampai ke Suriah. Nabi saww sendiri telah memperingatinya dan tangisann beliau saww jauh-jauh sebelum peristiwa Karbala itu terjadi dan bahkan sejak imam Husain as masih merah. 

Diriwayatkan dalam kitab Mustadrak karya Hakim, 3/176, sesuai dengan sanad-sanadnya, dari Syadaad bin Abdullah dan Ummu al-Fadhl bintu al-Haarits, bahwasannya suatu hari ia menjumpai Rasulullah saww dan berkata: 

“Ya Rasulullah, saya bermimpi buruk sekali semalam.” Rasul saww bertanya: “Mimpi apa itu?”

Ummu al-Fadhl menjawab: “Sangat buruk.” Rasul saww bertanya: “Mimpi apakah itu?” 

Ummu al-Fadhl menjawab: “Aku bermimpi melihat potongan dari badanmu yang dipotong dan diletakkan di pangkuanku.” 

Rasul saww bersabda: “Kamu melihat kebaikan. InsyaAllah Faathimah akan melahirkan anak yang akan diletakkan di pangkuanmu.”

Kemudian (kata Ummu al-Fadh) Faathimah as melahirkan Husain as dan diletakkan di pangkuanku sebagaimana yang dikatakan Rasulullah saww.Suatu hari, aku menjumpai Rasulullah saww dan meletakkan Husain as di pangkuan beliau saww sambil kuperhatikan dengan seksama. Ternyata Rasulullah saww menangis. Akupun bertanya: 

“Ya Nabiyyullaah, demi ayah dan ibuku, ada apa dengamu???” 

Nabi saww bersabda: “Sesungguhnya telah datang kepadaku malaikat Jibril as seraya mengabarkan bahwa umatku akan membunuh anakku ini.” 

Ummu al-Fadhl bertanya: “Anak ini???” 

Nabi saww menjawab: “Benar. Dan ia -Jibril as- telah memberiku tanah merah dari tanahnya (tempat peristiwanya, Karbala). 

Al-Hakim (penulis kitab al-Mstadrak ini): Hadits ini shahih sesuai dengan persyaratan Syaikhain (Bukhari-Muslim). 

Riwayat di atas itu dan yang semacamnya, juga bisa dijumpai di berbagai tempat dan kitab, seperti: al-Mustadrak tadi, 3/179, 4/398; Dzakhaairu al-’Uqbaa karya Thabari, 147, 148; Kanzu al- ’Ummaal, 7/106, 6/222, 6/223 (di hal ini ada 6 hadits)....; Musnad Ahmad bin Hanbal, 3/242, 3/265, 6/294; dan lain-lain...). 

Riwayat-riwayat tentang tangisan Rasulullah saww ini, di Sunni banyak skelai(sekali). Dionaratanya tangisan Nabi saww yang sekaligus menitipkan tanah Karbala yang diberi Jibril as tersebut kepada Ummu Salamah ra dan mengatakan bahwa kalau sudah menjadi darah, berarti peristiwa terbunuhnya imam Husain as itu telah terjadi. Bisa dilihat di kitab-kitab seperti: Tahdziibu al- Tahdziib, Ibnu Hajar, 2/347; Majma’ karya Thabrani, 9/189; Dzakhaairu al-’Uqbaa, 147; dan lain- lain...). 

Mimpi Ummu Salamah ra ketika peristiwa terbunuhnya imam Husain as itu terjadi: 

Diriwayatkan dengan sanad-sanadnya dari Salmaa yang berkata: “Aku mendatangi Ummu Salamah dan ia dalam keadaan menangis, lalu aku bertanya: ‘Apa yang membuatmu menangsi?’.” 

Ia menjawab: “Aku bermimpi Rasulullah yang kepala dan jenggotnya berdebu. Lalu aku bertanya: ‘Ada apa denganmu ya Rasulullah?’. Beliaupun menjawab: ‘Aku baru saja menyaksikan pembunuhan Husain.’.” (Riwayat ini banyak sekali di Sunni seperti di: Shahih Turmudzi, 2/306; Mustadraku al- Haakim, 4/19; Tahdziibu al-Tahdziib, 2/356; Dzakhaairu al-’Uqbaa, 148; dan lain-lain....). 

Mimpi yang sama juga terjadi pada Ibnu Abbas, bisa dilihat di: Mustadraku al-Haakim, 4/397; Musnad Ahmad bin Hanbal, 1/242; Taariikh Baghdaad, 1/142; Usdu al-Ghaabah, 2/22; al-Istii’aab, 1/144; Ishaabah karya Ibnu Hajar, 2/17; Majma’ karya Haitsami, 9/195; dan lain-lain....). 

Salam padamu ya Husain as, aku berlepas diri dari semua musuh-musuhmu di jamanmu dan di jamanku ini, masukkanlah aku dan semua penyintamu ke dalam Syi’ahmu yang hakiki yang mendapat keridhaan dan syafaatmu di dunia ini dan di akhirat kelak. 

Ya Allah, jadikan imam Husain as, bagian tubuh Nabi saww, sebagai imam dan pensyafaat kami di dunia ini dan di akhirat kelak, dan jadikan kami para penyintanya, sebagai Syi’ahnya yang hakiki dan taat padaMu, amin. 

Didin Komarudin, Najikhah Assalamah, Gondèz Semarang dan 85 lainnya menyukai ini. 

Eko Setiawan: 2 teman yang sama: Labaikaya Husain. 

Probo Excellencies: Jawaban yang sangat Luar biasa....Labbaika Ya Husein !! 

Yanyan Guru: Friends with Sari Ahmad and 4 lainnya: Sholawaaat. 

Sri Titin Suhartini: Ya..HUSAIN.. 

Eko Setiawan: 2 teman yang sama: Kesedihan dan Tetesan air mata seakan tak terbendung lagi sesekali mendengar penderitaan aba’abdilah al Husain. 

Edo Saputra: 182 teman yang sama: Asalamualaika ya imam husain... 

Alie Sadewo Nsc: Friends with Daris Asgar and 70 lainnya: Labbayka ya husein... 

Midy Noval: Siapa yang tidak terpukul dan tidak sakit hati atas kesyahidannya sayyidina Husain????, tapi apakah boleh di islam menyiksa diri seperti memukul kepala sendiri sampai berdarah???? 

Midy Noval: Gak boleh melaknat shahabat nabi. Laknatlah Yazid??? Jangan sayiidina Muawwiyah yang di laknat gak boleh itu. 

Neilovar Ali Muhammad: Noval: adakah hadits yang melarang melaknat sifat buruk?? Saya pikir para syiah tak melaknat Yazid. Tapi melaknat simbol-simbol kebejatan, keserakahan, kelaliman dan nista yang telah dijubahkan pada tubuh manusianya... 

Tighor Soehady: sdr Mydi Noval, ketahuilah, Yazid bin Muawiyah bin Abu sofyan sama-sama pelaku MAKAR. Abu sofyan memusuhi Rosululloh SAW dari masih kafir sampai pura-pura menyerah sebagai islam, (sampai wafatnya Rasulullah). Muawiyah juga Makar dan memusuhi Imam Ali hingga wafatnya, Yazid memusuhi dan membunuh Imam Hussain. Jadi, mereka semua penguasa paling bathil, kejam dan sangat buruk, sumber petaka dan perusak risalah. Mereka bukan sayyid... 

Midy Noval: Tighor. Hadza buhtanun adhzim wa la nakuluh illa innalillahi wa innailahi rojiun. 

Tighor Soehady: Midy Noval pake bahasa Indonesia saja, biar komentar sampeyan bisa difahami dan direspon saudara-saudara yang lainya. Salam. 

Maspri Tea: 12 teman yang sama: 2 tumbs up! Atas kebiasaan memberikan referensi, jadi yang meragukan bisa membantah dengan referensi juga. 

Deddy Prihambudi: Orang bebal tidak perlu diberi referensi wa literatur. tidak nyambung ke tempurung kelapa mereka. Cukup saja dijawab apa adanya, sederajat dengan komposisi otaknya. 

Eko Setiawan: 2 teman yang sama: Ikhwan & akhwat ku semua kalau saya boleh saran, biarkan anjing menggonggong-menggonggong, kalau diladeni entar takutnya kita jadi anjing juga. Afwan buat saudara-saudara qu. 

Al Fauzi · Friends with Pencinta Ali and 18 lainnya: Salam kami padamu yang Al Husein, abu Abdillah... 

Lukman Rofiey: Friends with Midy Noval and 3 lainnya: Kalau dalilnya syiah yang boleh mela’nat shahabat nabi apa ??? 

Sang Pencinta: Lukman Rofiey, silahkan baca catatan ustadz berikut dengan seksama, antum akan dapat jawabannya. 

http://www.facebook.com/groups/210570692321068/doc/355712704473532/, http://www. facebook.com/groups/210570692321068/doc/326164850761651/, http://www.facebook.com/home.phpsk=group_210570692321068&view=doc&id=210822748962529

Berlangganan Catatan-catatan Sinar Agama 

Assalamualaikum war..wab....kepada teman-teman, saudara, saudari, bapak-bapak, ibu-ibu,... 

Khommar Rudin: Allah humma shalli alla muhammad wa alli muhammad. 

Fahmi Husein: Laknatallah ala Muawiyah wa abaih wa auladih ila yaumil qiyamah.

Sinar Agama: Salam dan terimakasih atas semua jempol dan komentar-komentarnya yang baik, semoga Tuhan membalasnya dengan pahala yang besar berupa keberadaan kita di barisan Ahlulbait Nabi saww sampai hari kebangkitan kelak, amin. 

Sinar Agama: Midy: 

1- Tangisan dan memukul-mukul badan seperti dada, kepala dan wajah, merupakan budaya manusia sesuai fitrahnya yang ada sejak dulu kala sebelum buyut para wahabi lahir sekalipun. Budaya ini juga ditaqrir/disetujui oleh Nabi saww dan dilakukan oleh semua orang-orang di jaman Nabi saww termasuk istri-istri beliau saww sendiri. 

Ana pernah menulis catatan kecil tentang hal ini. Kunukilkan di sini: 

Catatan Kecil Tentang Menangis, Menjerit, Memukuli Diri di Hari Duka di Jaman Nabi saww. 

Catatan ini dibuat karena banyaknya orang tidak menyadari akan adanya budaya insaniah yang juga ada di jaman Nabi saww dan dibolehkan oleh Nabi saww dan tidak dilarangnya. Yaitu kesedihan ketika keluarga meninggal atau syahid yang disertai dengan tangisan, peringatan tangis, memukuli dada dan kepala. Berikut ini contoh-contoh kecil yang terjadi di jaman Nabi saww dan ditaqrir/dibolehkan: 

(1). Diriwayatkan di kitab Dzkhaairu al-‘Uqbaa, karya Thabari, hal. 183; Musnad Ahmad bin Hanbal, hadits ke: 14 34; dan lain-lainnya: 

Dari ‘Urwah bin Zubair dari ayahnya, berkata: Ketika terjadi peristiwa perang Uhud (kekalahan muslimin dan larinya Umar dan beberapa shahabat lainnya dari perang sampai ke Madinah hingga para wanita mencela mereka) terlihat ada wanita yang datang berlari –ke tempat perang- hingga hampir mencapai tempat medan perang tempat para jenazah syahid. Lalu Nabi saww nampak tidak suka para wanita itu datang ke tempat tersebut untuk melihat para korban perang (karena ada yang ditelanjangi dan dirajang-rajang seperti sayyiduna Hamzah ra). Karena itu beliau saww bersabda: “Ada wanita, ada wanita.” Berkata Zubair: “Aku mengira bahwa ia adalah ibuku, Shafiyyah. Karena itu aku lari mengejarnya dan aku berhasil menyusulnya sebelum mencapai tempat para jenazah syuhada. Akhirnya ia me- ladam (memukul-mukul dadanya) dalam dekapanku sementara ia adalah wanita yang sangat kuat. Ia berkata: “Semoga ibumu tidak mengakuimu –celaan karena mencegahnya.” Akupun berkata: “Bukan begitu, tapi Rasulullah yang tidak ingin kamu ke sana.” Kemudian iapun berhenti. 

Ladam, atau perempuan melakukan ladam atau ladamat, adalah memukul-mukul dadanya. Lihat semua kamus bahasa Arab seperti: Lisaanu al-‘Arab (bahkan di kitab ini telah meriwayatkan hadits di atas juga); al-Mu’jamu al-Wasiith; ... dan lain-lainnya. 

(2). Dalam kitab Siiratu al-Nabawiyyati, karya Ibnu Hisyaam, jilid. 6, hal. 75: ‘Aisyah berkata: 

“....... telah meninggal Rasulullah saww ketika ia ada di kamarku/pangkuanku. Lalu kuletakkan kepalanya di atas bantal. Dan kemudian aku mengadakan ladam (memukul-mukul dada) bersama para wanita dan juga aku memukuli wajahku.” 

”......قبض وهو في حجري ثم وضعت رأسه على وسادة وقمت ألتدم مع النساء وأضرب وجهي” 

(3). Rasulullah saww ketika melihat sayyiduna Hamzah ra syahid beliau saww menangis dan ketika melihat tubuhnya –yang dicincang- beliau saww menjerit (syahiqa). Bentuk haditsnya bermacam-macam diantaranya: 


عن جابر أن النبي صلى اهلل عليه وسلم لما رأى حمزة بكى فلما رأى ما مثل به شهق. 

Dari Jabir berkata: “Ketika Nabi saww melihat Hamzah –yang syahid- beliau saww menangis, dan ketika melihat tubuhnya –yang dicincang- beliau menjerit.” 

Lihat: al-Mu’jamu al-Kabiir, karya Thabrani, hadits ke: 2932; Kanzu al-‘Ummaal, hadits ke: 36938 dan 36939; al-Mustadrak, karya Hakim, hadits ke: 2510, 4881, 4888; ....dan lain-lain kitab. 

Wassalam. 

(bersambung tentang Mu’awiyyah....) 


Midy Noval: Ngarang kamu sinar agama. Jika kita di timpa musibah boleh menangisi tapi memukul dada serta memukul kepala ampek berdarah, saya rasa yang bilang itu boleh bodooooh bgt sinar agama bodoh. 

Herz Dörex: 5 teman yang sama: Maksud kamu Qamezani? mari baca ini http://www.shia-explained.com/my/archives/1312

Qama Zani Menurut Ulama Syiah 

www.shia-explained.com

Sang Pencinta: Midy; baca baik-baik , apakah ustadz sinar menulis memukul sampai berdarah, semoga keburukan antum tidak mensubstansi. 

Fahmi Husein: Adat aja diributkan, gak wajib dan gak haram!! Walau sampai keluar darah pun gak apa apa, demi kesehatan (bekam) 

Neilovar Ali Muhammad: Saudara noval: Kapan-kapan mari lah ke karachi, azarbaijan, karbala.. beberapa kota di Iran yang menyelenggarakan tradisi napak tilas 10 muharram.. melihat foto- foto via net tentang asyura.. kadang semakin membekukan keluwesan akal kita.. memukul kepala adalah simbol “wai lanaaa.... wa muhammadah...” yang hampir para syiah melakukannya.. dewasa dan anak-anak para lelaki.. bahkan disela-selanya mereka mewarnai kepala dan rambut- rambut mereka dengan pewarna rambut berwarna darah... atau juga tanah lumpur.. tidak arif jika kita ingin membunuh tradisi meluapkan kecintaan mereka terhadap syahid karbala dengan menyodorkan tradisi budaya kita secara arogan, sebab Nabi saw sendiri tidak pernah bersikap seperti kita (arogansi bahkan anarkhi) terhadap budaya kabilah dan bangsa arab sendiri. Beliau bahkan menghormatinya... (saudaraku noval, saya bahagia bisa berdiskusi langsung dengan antum, jikalau Allah menghendaki... kulihat sinar hidayah di lubuk hatimu paling dalam.. tafadhdhal...) 

Neilovar Ali Muhammad: oh iya, shahabatku, ada yang terlupa... tentang tradisi bangsa arab pribumi dan sebagian kaum fars dalam memukul kepala atau dada.. mereka ada yang melakukannya begitu bersemangat dan memaknainya.. ada juga yang lebih mengedepankan marifat (mendengarkan orasi-orasi dan hikmah kesyahidan yang umumnya disampaikan para orator lapangan biasanya seorang alim atau ahli sejarah), ada juga yang hanya sekedar lewat saja (kaum awam)... terlepas dari itu “menyakiti diri dengan memukul kepala dan dada..” itu relatif saja.. sebab bisa jadi, saya yang memukul dada meski pun pelan membuat dadaku lemah, tapi bisa juga antum jika melakukannya... tak sampai dikatakan menyakiti badan dan diri antum... dan hingga kini, jutaan mereka yang melakukan tradisi ini sepanjang tahun belum ada yang masuk rumah sakit dan menjalani operasi dan opname.. bahkan tidak sedikit yang mendapatkan syifa dan berkah dari tradisi ahyaa ini.. sebab dalam akidah mereka (syiah) hanya lah cinta... tak ada keangkuhan, kebencian, dengki.. hasud.. dendam... di sana.. yang menurut ahli psiikolog sebab paling utama dan tinggi yang menyebabkan kematian, depresi, lupa diri, tidak waras diri.. Bukankah ini tidak lagi menyakiti badan? Bahkan ruh yang inti “manusia” kita?? Akhi noval.. secara manusia... dan jika manusia kita bicara...insaniyyah tak mampu bersanding dengan kebrutalan dan sifat-sifat binatang.. saya... mereka.. para syiah... dan antum... sebab saya rasa kita semua masih cinta kemanusiaan.. (selamat mentahqiq, tak rugi akhi, niatkan lah mendapat pahala dan menyibak ahHaq.. jika tak,, setidaknya kita bisa sedikit arif menilai dan menimbang. Minallahi taufiq wal minnah) 

Midy Noval: Akhlaq paling mulya mencintai alhlul bait dan shahabat nabi. Shahabat nabilah yang paling mencintai ahlul bait, mengapa anda memakinya dan melaknatnya???? jangan gampang termakan hadist palsu!!!!!

Sinar Agama

(.....sambungan dari jawaban untuk Midy di atas) 

2- Tentang Mu’awiyyah, wah wah wah.....antum ini seperti tidak membaca sejarah dan kesaksian para ulama Sunni sekalipun. Ini kunukilkan sebagian kecil kesaksian para ulama-ulama Sunni sendiri: 

2-a- Dipanggil Nabi saww sampai dua kali tapi tidak mau datang karena lagi makan, sampai- sampai Nabi saww berdoa: “Semoga Allah tidak pernah mengenyangkan perutnya.” Riwayat ini bisa dilihat shahih Muslim hadits ke: 4713 dan 6793: 



6793 حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى الْعَنَزِىُّ †وَحَدَّثَنَا ابْنُ شَّارٍ-- وَاللَّفْظُ لاِبْنِ الْمُثَنَّى -- قَالاَ حَدَّثَنَا أُمَيَّةُ
بْنُ خَالِدٍ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ بِى مْزَةَ الْقَصَّابِ نِ بْنِ عَبَّاسٍ قَالَ نْتُ لْعَبُ عَ الصِّبْيَانِ جَاءَ رَسُولُ للَّهِ
-- صلى له عليه وسلم -- فَتَوَارَيْتُ لْفَ ابٍ -- قَالَ -- فَجَاءَ فَحَطَأَنِى طْأَ وَقَالَ (اذْهَبْ ادْعُ لِى عَاوِيَةَ
 قَالَ فَجِئْتُ قُلْتُ وَ يَأْكُلُ -- الَ -- مَّ قَالَ ىَ  اذْهَبْ ادْعُ ى عَاوِيَةَ ( قَالَ جِئْتُ فَقُلْتُ وَ يَأْكُلُ
فَقَالَ ) لاَ أَشْبَعَ اللَّهُ بَطْنَهُ 

2-b- Nabi pernah mendoakannya masuk neraka. Yaitu ketika Nabi saww bersama shahabat- shahabat beliau saww lalu mendengar orang bernyanyi. Ketika beliau saww tahu bahwa yang bernyanyi itu adalah Mu’awiyyah dan ‘Umar bin ‘Aash, beliau saww berdoa: 

“Semoga Allah telungkupkan keduanya dalam fitnah dan tenggelamkan keduanya dalam neraka” 


الذهبي ذكر حديثاً ، عن بي رزة ، قال : كنَّا مع لنبي ) صلّى له عليه [ وآله  سلّم ( ، فسمع صوت
غناء ، فإذا عمرو ومُعاوية يتغنَّيان ؛  فقال : ) أركسهما في فِتنة رَكساً ودعَّهما إلى نار دَعَّا 


Hadits-hadits seperti di atas ini, banyak sekali, seperti: Dzahabi dalam kitabnya, Miizaanu al- 

I’tidaal, 3/311; Thabrani dalam Majma’u al-Zawaahid, 8/121; dan lain-lain... 

2-c- Mu’awiyyah adalah golongan yang keterlaluan kesesatannya (baaghiyah). Nabi saww pernah mengatakan bahwa ‘Ammar bin Yaasir ra akan dibunuh oleh kelompok yang keterlaluan dalam kesesatan. Sementara ‘Ammar bin Yaasir ra syahid di dalam pasukan imam Ali as ketika diperangai Mu’awiyyah. 

Nabi saww bersabda kepada ‘Ammaar: 

تقتلك الفئة الباغية 

“Engkau akan dibunuh oleh kelompok yang sangat keterlaluan (dalam kesesatan).” 

Hadits-hadits seperti ini banyak sekali di Sunni, seperti: Shahi Bukhari, hadits ke: 447 dan 2812; Shahih Muslim, hadits ke: 5193, 5194, 7506 dan 7508; Hakim dalam Mustadraknya, 3/385; Thabaqaathu al-Kubraa, 1/188, 3/185; Usdu al-Ghaabah, 4/47; Majma’u al-Zawaahid, 7/241; Nuuru al-Abshaar, 89; Kanzu al-’Ummaar, 7/73; ...dan lain-lain. 

2-d- Nabi saww pernah bersabda kepada Umar: 

“Ya Umar, apakah kamu ingin kutunjukkan ayat/tanda surga yang juga makan dan minum serta berjalan di pasar?” 

Berkata Umar: “Iya, demi ayah dan ibuku.” 

Bersabda Nabi saww: “Orang ini dan pengikutnya (sambil menunjuk ke Ali bin Abi Thaalib).” 

Nabi saww bersabda lagi: “Apakah kamu ingin kutunjukkan ayat/tanda neraka yang juga makan dan minum serta berjalan di pasar?” 

Berkata Umar: “Iya, demi ayah dan ibuku.” 

Bersabda Nabi saww: “Orang ini dan pengikutnya (sambil menunjuk ke Mu’awiyyah).” 

(Kanzu al- ’Ummaal, 7/63) 

عن عمرو بن الحمق الخزاعي ، قال : بعث رسول اهلل ) صلّى اهلل عليه [ وآله ] وسلّم ( سريَّة ـ إلى أ ْن قال ـ ث َّم هاجر ُت إلى رسول اهلل ) صلّى اهلل 

عليه [ وآله ] وسلّم ( فبينا أنا عنده ذات يوم ، فقال لي : 

) يا عمر ، وهل لك أ ْن أُريك آية ال َجنَّة ، تأ ُكل الطعام وتشرب الشراب ، وتمشي في األسواق ! ( . 

قلت : بلى بأبي أنت ! 

قال : ) هذا وقومه ( ، وأشار بيده إلى عل ِّي بن أبي طالب [ عليه السالم ] . وقال لي : ) يا عمرو ، هل لك أ ْن أُريك آية النار ، تأكل الطعام ، وتشرب الشراب ، وتَمشي في األسواق 

. ( ! 

قلت : بلى بأبي أنت . 

قال : ) هذا وقومه آية النار ( ، وأشار إلى ُمعاوية . 

2-e- Nabi saww bersabda: 

إذا رأيتم ُمعاوية على منبري فاقتلوه 

“Kalau kalian melihat Mu’awiyyah duduk di atas mimbarku (kepemimpinan Islam), maka bunuhlah dia.” (Miizaanu al-I’tidaal, 2/17 dan 2/129; Tahdziibu al-Tahdziib, 5/110, 7/324, 8/74; Kunuuzu al-Haqaaiq, 9; dan lain-lain) 

2-f- Nabi saww pernah bersabda: 

إ َّن أهل بيتي سيلقون ِمن بعدي ِمن أَُّمتي قتالً وتشريداً ، وإِ َّن أش َّد قومنا لنا بُغضاً بنو أُميَّة ، وبنو ال ُمغيرة ، 
وبنو َمخزوم 

“Sesungguhnya Ahlulbaitku setelah aku, akan menjumpai pengusiran dan pembunuhan. Dan sesungguhnya paling kerasnya kebencian umat kami terhadap kami adalah Bani Umayyah, Bani Mughiirah dan Bani Makhzuum.” (lihat di: Mustadrak Hakim, 4/479, 4/480, 4/487 (keduanya dikatakan sebagai shahih menurut Bukhari-Muslim); Kanzu al-’Ummaal, 6/39, 6/40; Hilyatu al-Auliyaa’, 10/71; ..dll) 

2-g- Nabi saww bersabda: 



ويلٌ لبني أُميَّة



“Neraka bagi Bani Umayyah.” (lihat di: Kanzu al-’Ummaal, 6/91). 2-h- Nabi saww pernah bersabda: 



إنَّ لكلِّ دين آفة ، وآفة هذا الدين بنو أُميَّة

“Sesungguhnya setiap agama itu ada perusaknya dan perusak agama ini (Islam) adalah Bani Umayyah.” (Kanzu al-’Ummaal, 7/142). 

2-i- Nabi saww pernah bermimpi nafsu Bani Umayyah terhadap mimbar beliau saww (lambang pemerintahan) seperti nafsunya monyet-monyet. Karena itu beliau saww bersedih karenanya. 


رأى رسول الله ) صلّى الله عليه [ وآله › وسلّم ( بني أُميَّة ينزون على منبره نزو القردة ؛ فساءه ذلك

(Lihat hadits di atas dan yang serupa di: Tafsir Fakhru al-Roozii, di tafsiran QS: 17: 60; Tafsir Mafaatiihu al-Ghaib, 20/237; Tafsir al-Durru al-Mantsuur, 4/191; Kanzu al-’Ummaal, 7/142; ....) 

2-j- Mu’awiyyah minum khamr sekalipun sudah diharamkan Islam: 


روى الإمام أحمد بن حنبل بسنده ، عن عبد الله بن بريدة ، قال : دخلت أنا وأبي على مُعاوية ، فأَجلسنا
على الفراش ، ثمَّ أُتينا بالطعام فأكلنا ، ثمَّ أتينا بالشراب فشرب مُعاوية ، ثمَّ ناول أبي ؛ فقال :  ما شربته
مُنذ حرَّمه رسول الله ) صلّى الله عليه ] وآله › وسلّ )

Lihat di: Musnad Ahmad bin Hanbal, 5/347; al-Ishaabah, 162; al-Istii’aab, 2/836 

2-k- Terakhir, lihatlah apa yang dikatakan oleh ulama seperti A’masy ketika melihat Mu’awiyyah datang ke Kufah dan mengatakan: 

ما قتلتكم على أن تصلوا وتصوموا فإني أعلم أنكم تفعلون ذلك، بل ألتأمر عليكم 

“Aku tidak memerangi kalian untuk shalat dan puasa, karena aku tahu kalian melakukannya. Tapi agar aku bisa memerintah kalian.” 

A’masy berkata: 

هل رأيتم رجال أقل حياء منه؟ قتل سبعين ألفا فيهم عمار وخزيمة وحجر وعمرو بن الحمق ومحمد بن أبي 
بكر واألشتر وأويس وابن صوحان وابن التيهان وعائشة وابن حسان 

“Apakah pernah melihat orang yang lebih tidak memalukan dari dia -Mu’awiyyah???. Dia telah membunuh 70.000 orang yang di dalamnya ada Ammaar, Khaziimah, Hajar, Umar bin al-Hamaq, Muhammad bin Abu Bakar, al-Asytar, Aus, Ibnu Shauhaan, Ibnu al-Taihaan, ‘Aisyah dan Ibnu Hassaan.” (al-Shiraatha al-Mustaqiim, 3/47) 

Siapa A’masy? Berkata al-Dzbahi: 

كان رأ ًسا في العلم النافع، والعمل الصالح 

“Dia adalah pemimpin ilmu yang bermanfaat dan penghulu orang-orang shalih.” 

Kalau di perang Shiffiin saja, sampai memakan waktu belasan hari dan dikatakan dalam sejarah bahwa dari kedua belah pihak sampai memerah karena kerasnya peperangan dan pembunuhan, maka sudah dapat dibayangkan berapa korban yang berjatuhan di sana.

Semua itu, jelas ditanggung Mu’awiyyah, baik dari tentaranya sendiri, apalagi tentara imam Ali as. Hal itu, karena setidaknya, Sunni dan Syi’ah sepakat bahwa khalifah yang syah itu adalah imam Ali as dan Mu’awiyyah keluar sebagai pembangkang dan pemberontak. 

2-l- Sayang sekali A’masy melupakan satu orang yang dibunuh Mu’awiyyah dengan racun, yaitu cucu kesayangan Nabi saww dan Ahlulbait beliau saww yang makshum as, yaitu imam Hasan as. Tidak ada yang tidak tahu dan tidak ada sejarah yang tidak menulis hal ini, bahwa Mu’awiyyah telah meracuni imam Hasan as berkali-kali hingga syahid dimana racunnya itu disalurkan melalui istri imam Hasan as sendiri yang bernama Ja’dah dengan janji ribuan kepengan uang emas dan perkawinan dengan Yazid. Tapi setelah ia lakukan, Mu’awiyyah hanya memberikan uang dan tidak mengawinkannya dengan Yazid karena takut akan meracuninya juga. 

Sejarah-sejarah tentang peracunan Mu’awiyyah terhadap imam Hasan as itu, dapat dijumpai di kitab-kitab seperti: Tariikh Ibnu Katsiir, 8/43; Muruuju al-Dzahab, 2/50; Maqaatiilu al- Thaalibiyyiin, 29; Syarah Nahju al-Balaghah, 4/11; al-Istii’aab, 1/141; al-Tadzkirah Ibnu Jauzii, 121; Tariikh Ibnu ‘Asaakir, 4/229; al-’Aqdu al-Fariid, 2/28; Tarikh al-Khamiis, 2/294; Zamakhsyari dalam Rabii’u al-Abrarnya, bab: 18; Thabari dalam Dalaailu al-Imaamahnya, 61; Mustadrak Hakim, 6/5; ... dan lain-lainnya). 

Kurasa sudah cukup untuk mengetahui siapa Mu’awiyyah itu dari riwayat-riwayat dan nukilan-nukilan di atas. Tentu saja, seandainya tidak ada semua itu, maka cukup dengan perobekannya terhadap surat perjanjian damai dengan imam Hasan as yang di antara kesepakatannya adalah mengembalikan kekhalifaan kepada yang berhak, yaitu Ahlulbait as, setelah ia mati. Bukan hanya merobek perjanjian/kesepatakan damai itu, tapi juga bahkan menunjuk anaknya Yazid untuk menjadi penerusnya dan berwasiat bahwa kalau imam Husain as tidak mau berbaiat. 

Semua yang dinukil di atas itu, adalah kitab-kitab Sunni kecuali satu yang bernama Shiraatulmustaqim yang itupun telah meriwayatkan dari ulama yang ditokohkan di Sunni, yaitu al-A’masy. Karena, jangan sesekali menisbahkan atau menghubungkan yang tertulis di atas itu, sebagai kata-kata Syi’ah terhadap Mu’awiyyah. 

Sekarang terserah kepada antum dan semua pembaca. Terima atau tidak, itu masalah masing-masing. Yang perlu diingatkan adalah bahwa semua yang akan menjadi pilihan dan keputusan, akan dimintai tanggung jawab kelak di akhirat. 

Keselamatan bagi yang mencari dan menerima hidayah sampai akhir kiamat, amin. 

Wassalam. 


MukElho Jauh: 137 teman yang sama: Assalamu’Alaika Ya Aba ‘Abdillah..

Sinar Agama: Midy: Melukai diri itu dihukumi oleh para ulama dan marja’ sebagai perbuatan haram. Kalau ada segelintir orang melakukannya, maka itu bukan berarti Syi’ah membolehkannya. Kamu kalau diskusi seperti orang Masehi yang biasa mengatakan bahwa di tempat-tempat pelacuran dan di penjara-penjara Indonesia, semuanya atau mayoritasnya adalah muslim. Kalau begitu Islam jelek. 

Kan tidak bisa begitu ya akhi.....Lagi pula kalau mau diskusi jangan amburadul, satu-satu dan pertopik. Dan masing-masing kita jangan hanya memperkaya dakwaan dan pengakuan, tapi harus dengan bukti-buktinya, baik akal, hadits atau ayat. 

MukElho Jauh · 137 teman yang sama: Laknatallah ala muawiyah wa abaih wa auladih ila yaumil qiyamah. Laknatallah ala muawiyah wa abaih wa auladih ila yaumil qiyamah. Laknatallah ala muawiyah wa abaih wa auladih ila yaumil qiyamah. 

Midy Noval: Innalillahi wa inna ilahi rojiun. 

Tighor Soehady: Midy Noval....mestinya kamu bersyukur telah diberi jawaban sangat berharga oleh Sinar Agama. Bukan Inna Lillahi... tapi ya terserah kamu, takaran fikirmu nyambung apa tidak. Maafkan kami jika tak banyak waktu menemani kamu. Salam. 

Midy Noval: Tolong liat video kiriman saya yang ada di sinar agama. 

Tighor Soehady: Sepertinya kamu masih mempermasalahkan ritual menyakiti diri ya? Begini Midy Noval... meskipun saya belum pernah melakukan itu, saya tetap menghargainya sebagai bentuk penyesalan atas kesedihan dari kebiadaban Yazid pada Imam Hussein cucu-cucu tersayang Rasululloh. Toh mereka tidak menyakiti orang lain... coba ganti jawab pertanyaanku yang ringan ini: kenapa kamu justru yang sakit hati pada orang yang mengapresiasikan diri sebagai ungkapan kesedihan atas tragedi Karbala dimana keluarga Rasululloh yang menjadi korban kebiadaban Yazid? Kamu membenarkan kebiadaban Yazid apa menyalahkan sayyidina Hussein? Untuk menyelamatkan keimananmu, saya sarankan untuk berhati-hati dalam berpihak akhi... 

Didin Komarudin: Allahumma shalli ‘alaa Muhammad wa aali Muhammad .... 

Midy Noval: Lihat kekejaman Iran saya ngupload video di sinar agama. 

Tighor Soehady: Tunjukkan bahwa kamu sedikit lebih cerdas, bukan jualan video murahan, jawab dulu pertanyaan ringan saya itu. 

Midy Noval: Islam sejati bila di timpa musibah selalu mengucapkan innalillahi wa innalillahi wa inna ilahi rujiun. Bukan menjerit dan bukan meratapi. 

Midy Noval: Jualan video murahan..... antum para syiah suka menjual hadist maudu’ aliyas hadist palsu laknatulloh ala syiah laknatulloh ala khumaini. 

Tighor Soehady: Yang kamu bisa cuma segitu kan? Jawab pertanyaan ringan saja ndak mampu terus misuh, betapa dangkal akal dan moralmu... sangat mudah blingsatan kemudian memotong dialog. Itu bukti basic minus nutrisi susah nyambung. 

Tighor Soehady: Rudita Made Rudita: Perhatikan batu, setiap kali ia disatukan senantiasa bertabrakan dan saling menendang. Berbeda dengan air, ketika ia disatukan ia menyatu rapi saling mengisi. 

Manusia berbudi rendah sangat serupa, kebanyakan merasa pintar berdebat, berbantahan, dan bahkan berkelahi ketika berkumpul terutama karena kepalanya dibuat membatu oleh kepintaran- kepintarannya. 

Berbeda dengan orang bijaksana, ia selentur air, ketika berkumpul, menyatu, berpelukan seperti air. 

Wassalam.



اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وآلِ مُحَمَّدٍ وعَجِّلْ فَرَجَهُمْ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar